Semakin meningkatnya jumlah pengguna social media, maka semakin penting bagi bisnis untuk menggunakan social media marketing.
Social media marketing adalah salah satu cara yang ampuh untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Hampir setiap pembelian suatu produk dimulai dari social media. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk menarik perhatian calon pelanggan Anda melalui social media yang paling sering digunakan oleh audiens.
Menurut penelitian dari Hubspot 2021, tujuan utama para marketers dalam hal media sosial adalah untuk mengiklankan produk/layanan mereka dan meningkatkan brand awareness.
Mari pelajari lebih dalam mengenai social media marketing, mengapa penting untuk bisnis, platform social media mana yang cocok untuk bisnis Anda, dan strategi dalam membangun social media marketing untuk bisnis Anda.
Table of Contents
Apa itu social media marketing?
Social media marketing adalah salah satu bentuk dari digital marketing yang memanfaatkan platform social media untuk mencapai tujuan pemasaran dari suatu bisnis.
Pemanfaatan platform social media di sini bukan hanya sekadar membuat akun bisnis di social media kemudian memposting di social media tersebut. Lebih luasnya adalah bagaimana Anda membangun komunitas dengan audiens bisnis Anda.
Selain mempromosikan produk atau layanan bisnis Anda, social media marketing juga menjadi sarana untuk Anda membangun hubungan yang dekat dengan audiens maupun pelanggan Anda.
Oleh karena itu, Anda harus membuat strategi yang tepat dalam menggunakan social media marketing. Mulai dari menganalisis platform social media apa yang paling banyak digunakan oleh audiens Anda, konten seperti apa yang disukai oleh audiens Anda, hingga bagaimana menarik perhatian mereka dengan konten-konten Anda.
Dengan strategi yang tepat, social media marketing akan membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda.
Oleh karena itu, penting untuk menyelaraskan tujuan bisnis dengan strategi social media.
Baca juga: Metrik yang Wajib Dipahami di Social Media
Mengapa social media marketing penting untuk bisnis?
Jika sebelumnya sudah dibahas mengenai social media marketing dan tujuan paling umum para marketers atau business owner menggunakan social media untuk bisnisnya, berikut ini akan dibahas lebih dalam mengapa social media marketing sangat penting untuk bisnis:
-
Meningkatkan brand awareness
Menurut data dari We Are Social, jumlah pengguna aktif social media di Indonesia per Januari 2022 adalah sebanyak 191 juta pengguna. Tentunya hal ini menjadi kesempatan untuk meningkatkan brand awareness melalui social media.
Dengan meningkatnya brand awareness, Anda juga bisa untuk meningkatkan keterlibatan atau engagement dengan audiens Anda. Hal ini bisa mencakup likes, comment, share, atau save.
Dengan begitu, makin banyak orang yang akan mengetahui tentang bisnis dan produk atau layanan Anda.
-
Mendapatkan feedback
Dengan menggunakan social media marketing, Anda dapat dengan mudah mengetahui respon dari audiens tentang produk atau layanan Anda.
Anda bisa melakukannya secara langsung untuk meminta audiens Anda untuk memberikan tanggapan melalui fitur di social media, maupun menganalisis dari engagement social media Anda.
Dengan begitu Anda bisa mengetahui apa yang harus Anda lakukan untuk bisnis Anda ke depannya.
-
Mempelajari kompetitor
Salah satu hal yang dapat Anda manfaatkan dari socil media adalah Anda dapat mencari informasi tentang kompetitor Anda.
Mulai dari mempelajari strategi yang mereka gunakan, kampanye yang sedang dijalankan, atau bagaimana mereka berinteraksi dengan audiens.
Setelah menganalisis kompetitor, Anda jadi bisa merumuskan strategi yang tepat untuk bisnis Anda.
-
Memperluas pangsa pasar
Pengguna social media yang terus meningkat dari tahun ke tahun bisa menjadi keuntungan bagi Anda untuk memperluas pangsa pasar.
Dengan strategi yang tepat, seperti menggunakan hashtag yang relevan, Anda bisa menjangkau audiens yang sudah Anda targetkan tanpa batasan wilayah.
-
Mengetahui tren secara langsung
Social media menjadi salah satu tempat untuk mengetahui apa yang sedang viral dan ramai dibicarakan oleh orang.
Tentunya Anda harus terus mengikuti tren atau mengetahui update dari apa yang sedang banyak diminati oleh audiens Anda.
Dengan begitu, Anda akan terus bertahan dan menjadi bisnis kesayangan audiens Anda.
-
Menarik traffic ke website
Anda bisa memanfaatkan social media sebagai jembatan untuk audiens menuju website Anda.
Dengan memberikan konten yang berguna untuk audiens dan berinteraksi secara konsisten dengan audiens, maka Anda dapat menarik mereka menuju website Anda.
Namun jangan lupa untuk memberikan link website Anda di profil atau deskripsi, sehingga audiens dapat dengan mudah menuju website Anda.
-
Mendapatkan leads dan meningkatkan konversi
Mempromosikan dan membagikan produk, layanan, dan bisnis Anda di social media adalah cara sederhana untuk meningkatkan perolehan prospek, meningkatkan konversi, dan meningkatkan penjualan.
Bahkan, Anda juga dapat menghasilkan prospek dan konversi langsung dari platform ini. Melalui fitur seperti Instagram shop, direct messaging, dan juga call to action yang bisa Anda tambahkan di profil.
Fitur ini memungkinkan audiens mengeklik produk yang Anda bagikan di pos untuk melihat informasi mengenai detail produk. Kemudian, audiens dapat dengan mudah melanjutkan ke checkout melalui platform dan membeli produk langsung dari Anda.
Baca juga: Metrik di Social Media dan Social Media Ads (Update 2022)
Jenis-jenis platform social media marketing
Saat ini ada berbagai macam platform social media yang bisa Anda gunakan untuk bisnis Anda.
Tentunya setiap platform social media memiliki cara pendekatannya masing-masing. Dan belum tentu Anda harus menggunakan semua platform social media untuk bisnis Anda.
Berikut ini beberapa platform social media yang banyak digunakan untuk bisnis:
-
Facebook
Facebook adalah salah satu platform social media yang memiiki jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Sekitar 81,3% dari pengguna internet berumur 16 – 64 tahun di Indonesia menggunakan platform ini (data We Are Social, Feb 2022).
Pengguna Facebook pun juga beragam, mulai dari kelompok usia yang bervariatif, hingga tujuan dari penggunaannya. Ada yang sekadar untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, ada yang bergabung dengan grup dan forum, ada juga yang mencari produk atau bisnis tertentu di dekat mereka.
Jika Anda memiliki target audiens dari generasi X dan generasi Y, Facebook adalah salah satu platform yang tepat untuk bisnis Anda. Facebook juga merupakan platform yang tepat untuk membangun hubungan dengan audiens melalui diskusi di grup maupun forum.
Baca juga: Mengenal Facebook Page dan Manfaatnya Untuk Bisnis Anda
-
Instagram
Instagram juga merupakan salah satu platform social media yang memiliki jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Sekitar 84,8% dari pengguna internet berumur 16 – 64 tahun di Indonesia menggunakan platform ini (data We Are Social, Feb 2022).
Salah satu platform dengan berbagai format konten mulai dari Feed, Stories, Lives, dan Reels ini memang menjadi salah satu social media favorit di Indonesia.
Dengan berbagai pembaruan fitur yang diberikan, platform yang satu ini menjadi sulit untuk dikalahkan platform lain.
Jika target audiens Anda kebanyakan dari kalangan milenial, Instagram adalah platform yang tepat untuk bisnis Anda!
Baca juga: Jenis-Jenis Marketing Campaign di Instagram Tahun 2022
-
TikTok
Tiktok adalah platform social media dengan pertumbuhan tercepat. Tiktok hanya butuh waktu lima tahun untuk mencapai 1 miliar pengguna aktif global di tiap bulannya.
Di Indonesia sendiri, sekitar 63,1% dari pengguna internet berumur 16 – 64 tahun telah menggunakan Tiktok (data We Are Social, Feb 2022).
Walaupun pada awalnya Tiktok hanya dikenal sebagai platform hiburan yang hanya menyuguhkan tarian, sekarang bisnis sudah memiliki cara untuk memanfaatkan platform ini.
Namun tetap, tujuan utama orang menggunakan TikTok adalah untuk mencari hiburan. Jadi Anda tetap harus menyesuaikan dengan hal tersebut.
TikTok adalah platform terbaik untuk tipe konten video pendek. Anda juga bisa menggunakan user-generated content (UGC) di platform ini.
Jika Anda ingin mengejar brand awareness yang tinggi, TikTok menjadi salah satu pilihan terbaik. Terutama jika audiens Anda kebanyakan dari generasi Z maupun milenial.
Ada kabar baik juga yang datang untuk para pengguna TikTok. Melansir dari The Information, Google berencana untuk bekerja sama dengan ByteDance untuk mewujudkan pencarian video TikTok di Google Search.
Kerja sama ini bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam pencarian video pendek langsung dari platform Google Search. Postingan video pendek dan akun pengunggah akan muncul di hasil pencarian Google berdasarkan kata kunci yang digunakan pada caption dan judul.
Baca juga: 9 Tips Memulai Tiktok Marketing untuk Bisnis
-
LinkedIn
LinkedIn terkenal menjadi platform social media profesional dan beda dari platform lainnya. Hal ini membuat LinkedIn menjadi social media yang cocok untuk bisnis B2B.
Sebanyak 29,4% dari pengguna internet Indonesia berumur 16 – 64 tahun di Indonesia menggunakan platform ini (data We Are Social, Feb 2022).
Walaupun jumlahnya tidak sebesar Facebook, Instagram, maupun Tiktok, LinkdIn menjadi social media yang tepat untuk Anda membangun komunitas di kalangan profesional. Sehingga Anda bisa menunjukkan dengan leluasa industri bisnis Anda.
Anda juga bisa memanfaatkan LinkedIn untuk mencari calon karyawan, mitra bisnis. Selain itu, Anda juga bisa membagikan value bisnis maupun budaya perusahaan Anda di platform ini.
Jika target audiens Anda dari kalangan generasi X hingga milenial, platform ini layak Anda gunakan untuk bisnis Anda.
-
Twitter
Salah satu yang membuat platform ini unik dan beda dari yang lain adalah platform ini sering digunakan sebagai media untuk customer service dan public relation.
Selain itu, platform ini juga tepat untuk membangun hubungan dan komunitas dengan audiens. Anda bisa melakukan percakapan yang intens dengan audiens Anda.
Di Indonesia, sebanyak 58,3% dari pengguna internet berumur 16 – 64 telah menggunakan platform ini (data We Are Social, Feb 2022).
Banyak orang menggunakan Twitter untuk mendapatkan update informasi yang sedang tren, mengikuti brand, dan mendapatkan customer service.
Jika Anda ingin dekat dengan audiens dan bisa membangun komunitas, Twitter adalah platform yang tepat. Terutama jika target audiens Anda dari kalangan milenial.
Baca juga: 7 Strategi Memulai Twitter Marketing untuk Kemajuan Bisnis
-
Youtube
Pembaruan pada sumber daya periklanan Google menunjukkan bahwa YouTube memiliki 139,0 juta pengguna di Indonesia pada awal 2022.
Angka ini berarti bahwa jangkauan iklan YouTube tahun 2022 setara dengan 50,0% dari total penduduk Indonesia di awal tahun.
Sebagai gambaran, iklan YouTube mencapai 67,9 persen dari total basis pengguna internet Indonesia (tanpa memandang usia) pada Januari 2022.
Menurut HootSuite, YouTube adalah situs web yang paling banyak dikunjungi kedua di dunia. Selain itu, marketers menyebutnya sebagai platform terbaik untuk membangun komunitas.
Selain menjadi platform yang sangat populer, penggunanya juga cenderung bertahan lebih lama karena sebagian besar menampilkan konten berdurasi panjang yang menjadikannya platform yang ideal untuk berbagi konten tentang edukasi.
Audiens YouTube didominasi oleh kalangan milenial tetapi memiliki audiens yang kuat di seluruh demografi gender dan usia.
Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Campaign dalam Youtube Ads
Baca juga: Cara Mengelola Social Media Bisnis di Saat Krisis
Strategi membangun social media marketing untuk bisnis
Sama halnya dalam menjalankan marketing di channel lain, dalam menjalankan social media marketing Anda juga harus membangun strategi terlebih dahulu.
Pada dasarnya, strategi yang harus dibangun di social media marketing juga hampir sama dengan strategi dalam marketing lainnya.
Namun, satu hal yang harus Anda perhatikan dalam membuatstrategi social media marketing adalah untuk membuat “konten yang tepat, kepada orang yang tepat, pada waktu yang tepat.“
Mari kita bahas lebih dalam tentang membangun social media marketing untuk bisnis Anda:
-
Riset audiens dan buyer persona Anda
Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat strategi social media marketing adalah menentukan siapa persona pembeli dan audiens Anda.
Penentuan ini dibuat untuk mengetahui kebutuhan dan minat mereka dengan tepat.
Anda harus mengelompokkan orang-orang yang ingin Anda jangkau. Bisa dari gender dan usia, demografi, hingga ke minat dan perilaku mereka.
Dengan melakukan riset audiens dan membuat buyer persona, Anda bisa menentukan konten seperti apa yang mereka sukai, tone and voice apa yang harus Anda gunakan, dan bagaimana Anda harus berinteraksi dengan mereka.
-
Riset kompetitor Anda
Setelah mengetahui audiens yang tepat untuk bisnis Anda, selanjutnya adalah menganalisis kompetitor Anda.
Analisis ini bisa dari platform social media apa saja yang mereka gunakan, bagaimana cara mereka melakukan promosi, jenis konten apa saja yang mereka gunakan, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan audiens.
Dengan memahami analisis tersebut, Anda bisa menjadikan bahan pertimbangan untuk membuat strategi selanjutnya dan membuat target untuk social media marketing Anda.
-
Tentukan platform yang akan digunakan
Setelah Anda meriset audiens dan kompetitor, setidaknya bisa menjadi bahan untuk mempertimbangkan platform mana yang akan Anda gunakan.
Pemilihan ini bisa dari faktor audiens Anda lebih banyak menggunakan platform social media apa dan kompetitor Anda sudah kuat di platform social media apa saja.
Contohnya audiens Anda tersebar di berbagai platform social media, mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, dan Tiktok. Kemudian kompetitor Anda lebih dominan di Instagram, tetapi tidak aktif di platform lain seperti Twitter dan Tiktok.
Daripada hanya fokus untuk mengambil alih audiens di Instagram, Anda bisa fokus di platform lain di mana audiens yang sama kurang dilayani.
-
Tentukan tujuan dan sasaran
Sama halnya dengan membuat strategi di marketing lainnya, Anda harus membuat tujuan dan sasaran yang jelas dalam membuat strategi untuk social media marketing.
Anda bisa membuat dalam bentuk OKR dan KPI.
Contohnya ketika Anda membuat KPI untuk social media marketing Anda, Anda bisa memulai dengan menentukan batas minimal jumlah posting dalam 1 bulan di platform tertentu.
Untuk OKR, Anda harus buat secara detail seperti harus mendapatkan 1000 impression atau mendapatkan kenaikan followers sebanyak 20% selama 1 bulan.
Dengan begitu, Anda bisa menurunkan target-target tersebut pada strategi konten yang akan diberikan untuk audiens Anda.
-
Buat konten yang unik dan menarik
Salah satu hal yang menantang dari social media marketing adalah bagaimana Anda bisa membuat konten yang menarik dan unik yang beda dari kompetitor Anda.
Dalam menjalankan social media marketing, konten harus dibuat berdasarkan tujuan tertentu. Bisa dari konten yang ingin membuat audiens Anda teredukasi, terhibur, atau konten yang membuat audiens Anda mau mengikuti Anda dan melakukan pembelian untuk produk atau layanan bisnis Anda.
Anda bisa membuat content pillar untuk perencanaan konten Anda. Content pillar atau pengelompokan jenis konten berdasarkan tujuan maupun tipe konten tersebut.
Selain itu, Anda bisa menentukan porsi untuk masing-masing content pillar yang Anda gunakan dan bisa Anda ubah-ubah sesuai kebutuhan. Manfaatkan juga fitur yang ditawarkan oleh platform social media yang Anda gunakan.
Selain itu, Anda juga harus update terhadap tren terbari. Jangan takut untuk bergabung dalam tren tersebut, tetapi Anda tetap harus relevan dengan bisnis Anda.
-
Evaluasi secara berkala
Kemudian yang terakhir, Anda harus melakukan evaluasi secara berkala. Evaluasi bisa dari platform yang Anda gunakan, konten yang Anda buat, hingga bagaimana Anda berinteraksi engan Audiens Anda.
Anda harus mengevaluasi secara terus menerus untuk mengetahui konten apa yang paling banyak disukai dan mendapatkan engagement tertinggi. Bisa jadi suatu platform social media punya masa jayanya, jika hal itu terjadi, Anda harus sigap untuk membuat strategi baru.
Dengan mengevaluasi secara berkala, Anda bisa terus dekat dan relevan dengan audiens Anda.
Baca juga: 5 Langkah Membuat Strategi Social Media untuk Perusahaan B2B
Bagaimana, tertarik untuk mulai melakukan social media marketing untuk bisnis Anda?
Tenang, sekarang ini sudah banyak social media agency yang bisa memberikan layanan social media management. Mulai dari pembuatan strategi, pembuatan konten, hingga evaluasi dan reporting.
Jadi Anda tetap bisa menjalankan social media marketing dengan memberikan pada ahlinya, dan Anda bisa fokus pada operasional bisnis lainnya.
Ingin berkonsultasi terlebih dahulu mengenai social media marketing yang tepat untuk bisnis Anda? Tenang, ChubbyRawit siap membangu Anda!
Silakan mengisi formulir di halaman contact us, dan konsultan kami akan menghubungi Anda untuk berdiskusi tentang solusi kebutuhan marketing bisnis Anda.
Penulis: Bayu Pamungkas