Mengenal Jenis-Jenis Campaign dalam Youtube Ads. Mana yang Cocok untuk Anda?

Mungkin Anda sudah membaca artikel sebelumnya tentang Youtube Ads. Kali ini, kita akan mengulik lebih dalam lagi tentang jenis-jenis campaign dalam Youtube Ads. Pada dasarnya, campaign dalam Youtube Ads ditentukan berdasarkan tujuan atau marketing goals Anda. 

Ada tiga jenis marketing goals untuk campaign pada Youtube Ads yaitu:

1. Brand awareness and reach

YouTube ads dengan goals brand awareness bertujuan untuk menarik perhatian calon pelanggan potensial baru dan menjaga kesadaran merek. Campaign dengan goals ini cocok untuk brand baru yang tidak dikenal atau brand yang sudah ada namun ingin memperluas jangkauan audiens mereka.

KPI: views, impressions, dan unique users. 

Jenis YouTube ads yang direkomendasikan untuk marketing goals ini ada lima. 

Contoh iklan YouTube brand awareness

TrueView

Dengan ads jenis ini dapat menjangkau orang sebanyak mungkin sesuai target audiens Anda dengan harga paling efisien (dapat di skip)

Bumper Ads

Anda dapat membagikan pesan brand dalam bentuk video 6 detik untuk mendorong reach dan berdampak pada mobile-first.

Reservation 15/20

Hampir sama dengan trueview, reservation 15/20 adalah iklan YouTube dengan tujuan menjangkau audiens Anda namun iklan yang Anda pasang tidak dapat di skip. Anda dapat mempergunakan video ads 15 atau 20 detik. Namun reservation campaign ini memerlukan komitmen pengeluaran minimum.

Outstream video ads

Sama dengan reservation untuk tipe iklan ini, penonton tidak dapat skip iklan Anda. Outsrea Video ads juga memungkinkan Anda untuk menjangkau orang-orang di mana pun mereka menonton, di seluruh situs dan aplikasi seluler, bahkan mucul dalam artikel berita atau sebelum Anda bermain mobile games favorit.

Masthead

Anda yang ingin mendapatkan visibilitas iklan yang tinggi, dapat memilih jenis ads ini karena memungkinkan untuk menempatkan bisnis Anda di posisi teratas pada homepage YouTube. Tapi, seperti halnya reservation campaign, YouTube ads jenis ini akan mensyaratkan minimum spend commitments, dan biayanya pun cenderung tinggi karena menggunakan fixed cost per day (CPD fixed).

2. Product and brand consideration

YouTube Ads pada campaign ini bertujuan untuk mempengaruhi pelanggan potensial dalam membentuk opini ketika mereka menerima pesan atau iklan Anda. 

KPI: view-through rate dan watch time

Jenis ads yang direkomendasikan untuk marketing goals dengan consideration ini adalah sebagai berikut ini:

TrueView in Stream

Video ads jenis ini berjalan sebelum, selama, atau setelah video di YouTube atau video di situs  partner dan aplikasi untuk mendorong dampak bagi brand dan produk Anda. 

true view discovery

TrueView discovery

YouTube ads ini akan membantu memunculkan video Anda ke audiens yang memang tertarik, dengan menempatkan iklan Anda di hasil pencarian YouTube. 

3. Drive action (leads and website)

Anda bisa menjangkau pelanggan potensial di saat-saat pengambilan keputusan, untuk itu buatlah video ads yang memudahkan mereka untuk mengambil tindakan yang dapat Anda ukur. YouTube Ads dengan marketing goals drive action ini bertujuan untuk membantu Anda mengarahkan traffic ke website untuk menghasilkan prospek dari iklan YouTube Anda.

KPI: clicks, calls, sign-ups, dan sales.

Ada dua jenis YouTube ads untuk campaign drive action ini, yaitu:

TrueView for Action

Dengan video ads ini mendorong calon pelanggan untuk melakukan tindakan atas masasalah yang dihadapi mereka, yang tentu saja artinya mendatangkan pelanggan bagi bisnis Anda. Untuk itu, agar pelanggan Anda tertarik, gunakan call-to-action seperti ‘buy now’, ‘get a quote’ atau ‘learn more’ dengan tombol yang dapat diklik yang mengarah ke website Anda.

Universal App Campaign for Video

Secara otomatis mempromosikan aplikasi Anda di YouTube di mana iklan tersebut kemungkinan besar akan diklik – dan aplikasi Anda kemungkinan besar akan diunduh oleh calon pelanggan  atau konsumen Anda. 

Untuk dapat memahami lebih jelas, Anda dapat menyimak tabel berikut ini. 

Goal Subtype Networks Ad formats
Leads Drive conversions YouTube videos, Video partners on the Display Network Skippable in-stream
Website traffic Drive conversions YouTube videos, Video partners on the Display Network Skippable in-stream
Product and brand consideration Influence consideration YouTube search, YouTube videos, Video partners on the Display Network Skippable in-stream

Video discovery

Shopping

(requires a Google Merchant Center account)

YouTube videos Skippable in-stream
Ad sequence YouTube videos Skippable in-stream

non-skippable in-stream

Bumper

Brand awareness and reach Skippable in-stream YouTube videos, Video partners on the Display Network Skippable In-stream
non-skippable in-stream YouTube videos, Video partners on the Display Network non-skippable in-stream
Bumper YouTube videos, Video partners on the Display Network Bumper
Outstream Video partners on the Display Network Outstream
Ad sequence YouTube videos Skippable in-stream

non-skippable in-stream

Bumper

No goal Custom video campaign YouTube search, YouTube videos, Video partners on the Display Network Skippable in-stream

Video discovery

Bumper

Ad sequence YouTube videos Skippable in-stream

Non-skippable in-stream

Bumper

Nah, untuk dapat menentukan YouTube ads yang cocok untuk bisnis atau brand Anda, penting untuk mengetahui kampanye serta mengumpulkan data tentang strategi apa yang paling efektif untuk bisnis Anda.

Baca juga: Mengapa Harus Berinvestasi ke YouTube Ads?

Memilih campaign dan strategi YouTube Ads yang tepat merupakan langkah yang dapat digunakan untuk kesuksesan marketing effort bisnis atau brand Anda.

Penasaran dengan pembahasan lebih dalam tentang online ads atau digital marketing lainnya? Jangan lupa, subscribe blog ChubbyRawit agar tak terlewat artikel selanjutnya dan berbagai informasi seputar social media management, digital marketing, paid ads serta branding yang terbaru.