Begini Caranya Mengelola Social Media Bisnis Anda di Saat Krisis

Saat ini social media diramaikan dengan berita seputar krisis yang terjadi di lebih dari 200 negara termasuk Indonesia. Dari hasil analisis awario.com, sejak pertengahan Maret hingga April 2020, COVID-19 dan topik yang berhubungan dengan krisis ini telah disebut sebanyak 25.2 juta kali. Hal ini menandakan bahwa semua orang termasuk pemerintah, organisasi bahkan pebisnis juga ikut membicarakan wabah ini.

Dengan adanya pandemi coronavirus yang tak pernah terbayangkan sebelumnya, tak jarang brand harus struggle dengan social media mereka.  Dengan demikian, mau tidak mau membuat Anda harus melakukan perubahan pada social media bisnis Anda. Anda bisa saja menutup mata dan telinga serta tetap posting produk atau konten yang sesuai dengan bisnis Anda. Namun, tentu saja hal ini bukanlah langkah yang tepat untuk dilakukan saat ini. Followers social media Anda akan menganggap Anda tidak berempati yang akan berdampak pada menghilangkan kepercayaan mereka terhadap bisnis atau brand Anda. 

Baca Juga: Dampak Positif Covid-19, Peran Teknologi Digital Kian Kuat

Lantas, apa yang harus dilakukan pada social media bisnis atau brand saat krisis sedang berlangsung? Yang terpenting adalah memastikan untuk tetap terhubung dengan pelanggan atau followers Anda dalam keadaan apapun. Bagaimana caranya? Simak tipsnya berikut ini. 

Keep Posting

Mungkin Anda mulai merasa frustasi karena income bisnis yang mulai menurun. Meski demikian, tetap memposting konten adalah pilihan yang tepat. Ingat! Meski minat dan daya beli pelanggan Anda menurun, tapi faktanya mereka sedang menghabiskan banyak waktu di sosial media. Untuk itu, buatlah konten yang menarik, inspiratif, yang disesuaikan dengan kondisi saat ini agar mereka tetap mengingat bahwa brand Anda tetap ada.

Baca Juga: Tips 6 Ide Konten Original dan Kreatif untuk Instagram

Fokus pada Engagement

Keadaan sulit seperti saat ini tentu tidak hanya dirasakan pebisnis seperti Anda karena menurunnya penjualan. Pelanggan Anda juga merasakan dampaknya. Oleh karena itu, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk lebih engage dan hadir mendukung pelanggan Anda secara morel, sekedar menyemangati atau mengingatkan untuk menjaga kesehatan mungkin hal yang sangat berarti untuk sekarang. 

Be Empathy

Memposting foto katalog penjualan adalah hal biasa yang dilakukan ribuan brand di social media. Tapi dengan adanya pandemi ini Anda dapat menarik followers dengan konten yang mengajak dan memberikan empati terhadap apa yang terjadi saat ini. Seperti mengkampanyekan untuk tetap di rumah hingga mengajak berdonasi. Jika Anda merasa kesulitan untuk membuat kampanye yang menarik, Anda dapat mempelajari beberapa brand yang telah melakukannya. 

Gandeng Influencer 

Influencer mempunyai pengaruh cukup besar di jagat dunia maya. Jika Anda mengalami kesulitan mengeluarkan dana besar untuk merealisasikan bentuk kepedulian Anda, Anda bisa saja menggandeng influencer yang juga memiliki kepedulian tinggi dan visi yang sama untuk membuat gerakan bersama melewati pandemi ini. 

Baca Juga: Tips Memulai Strategi Influencer Marketing untuk Bisnis

Support Komunitas 

Anda juga dapat menunjukkan dukungan kepada komunitas yang tentu saja dapat membantu memberikan harapan selama masa-masa yang penuh ketidakpastian ini. Bisnis atau brand dan komunitas dapat bersatu dan saling membantu satu sama lain dalam menghadapi krisis coronavirus yang cukup berat ini.  Ada banyak cara untuk dapat mendukung komunitas di sekitar Anda. Mulai dari menyediakan sembako atau makanan untuk masyarakat terdampak, membantu usaha kecil untuk tetap bertahan, hingga menyediakan masker atau alat perlindungan diri bagi tenaga kesehatan. 

Setelah mengetahui apa yang harus dilakukan untuk social media bisnis Anda. Lalu, konten apa saja yang sebaiknya Anda posting saat krisis seperti saat ini? 

  • Sapa pengikut Anda setiap hari. Anda bisa melakukannya melalui fitur Stories di Instagram. Hal ini penting untuk dilakukan agar tetap menjadi top of mind followers Anda.
  • Video masih jadi konten paling diminati oleh para pengguna social media. Anda bisa membagikan video yang sekedar membagikan kegiatan bisnis Anda, charity atau donasi, dan hal-hal positif lainnya. 
  • Jangan berhenti berjualan, bagaimanapun bisnis Anda tetap membutuhkan pemasukan. Namun lakukan dengan konteks yang tetap mengedukasi dan  saling mendukung atau menyemangati.

Baca Juga: Mengenal User Generated Content dan Manfaatnya

Pada dasarnya, tidak ada yang benar-benar tahu apa yang harus dilakukan untuk mengurangi dampak dari krisis yang sedang terjadi saat ini. Semua orang melalui kesulitan yang sama. Namun, berdiam diri dan tak mencoba apapun adalah sebuah kesalahan. Untuk Anda para digital marketer dan brand owner, lakukan langkah-langkah tersebut untuk membangun engagement dengan followers. Selalu pastikan bahwa konsumen Anda adalah yang utama. 

Bila Anda membutuhkan bantuan atau konsultasi di masa sulit ini, kami sebagai creative digital marketing agency akan selalu siap membantu. Hubungi kami bila Anda membutuhkan asistensi mengelola social media presence brand Anda.