Indonesia menduduki peringkat pertama pengguna Instagram se Asia Pasifik, dari 700 pengguna aktif bulanan secara bulanan, 45 juta diantaranya berasal dari Indonesia. Di bulan Juli 2017, pengguna aktif Instagram di Indonesia 69% berusia 18-34 tahun yang terdidik dan mapan (komposisi; 42%, 18-24 tahun dan 27%, 25 -34 tahun). Masyarakat Indonesia menggunakan Instagram untuk mencari inspirasi, membagi pengalaman saat bepergian, dan mencari informasi dan tren terbaru.

Dengan  fakta seperti di atas, tidak heran banyak bisnis yang mulai menggunakan Instagram sebagai alat promosi. Untuk sebuah bisnis posting setiap hari atau setidaknya 5x dalam satu minggu merupakan keharusan, mengapa? Karena algoritme pada Instagram yang tidak lagi memunculkan akun yang user follow di halaman mereka. User harus like terlebih dahulu sebuah foto dari salah satu akun, lalu akun yang user like tersebut akan muncul setiap user membuka Instagram, semakin sering user me-like foto dari akun tersebut, semakin sering akun tersebut akan muncul di halaman user tersebut. Bayangkan, jika Anda hanya upload 1x dalam satu minggu bahkan 1 bulan, sangat kecil kemungkinan bisnis Anda akan ditemui oleh user. Semakin banyak user yang like postingan Anda, akan semakin banyak juga user lain yang menemukan bisnis Anda.

Ok, setelah mengetahui jumlah postingan yang harus di post, sekarang apa yang harus Anda lakukan? Be consistent! Posting segala sesuatu yang memiliki tujuan dan berhubungan dengan bisnis Anda. Bingung? Jangan panik! Berikut beberapa ide konten dari ChubbyRawit to spice up your Instagram.

Narsis

Pic from @uniqloindonesia

Jadi narsis sesekali tidak apa, terlebih jika untuk tujuan baik. Narsis di sini bukan berarti Anda harus memfoto diri Anda sebagai owner sebuah bisnis setiap saat, namun lebih kepada behind the scene dari bisnis Anda. Misalnya, video atau foto teaser produk yang sedang Anda kembangkan, kantor baru Anda, cerita sukses bisnis Anda atau mengenalkan karyawan teladan Anda.

Jualan

Pic from @tokopedia

Jika Anda menggunakan instagram untuk bisnis, tujuan utama Anda pasti berjualan, baik itu produk maupun jasa. Namun karena Instagram merupakan platform sosial media berbagi foto maka Anda harus sebisa mungkin menampilkan “jualan” Anda dengan cara yang estetis. Seni berjualan di Instagram adalah keseimbangan antara berbagi dan berjualan. Artinya Anda tidak bisa secara terus menerus melemparkan katalog bisnis, baik barang maupun jasa dan berharap followers Anda akan tetap bertahan. Mencari tahu bagaimana memamerkan apa yang Anda jual secara estetis dan menawarkan produk/jasa tanpa terasa seperti hard sales adalah kunci berjualan di Instagram.

Quotes atau Pesan Motivasi

Pic from @panglima.ins

Pikirkan inti bisnis, visi dan misi bisnis Anda. Anda dapat menggunakan inti bisnis, tujuan atau visi misi bisnis Anda sebagai inspirasi quotes. Pikirkan kata-kata yang digemari followers Anda, lagi-lagi karena ini adalah Instagram buatlah dengan visual yang menarik. Sulit menemukan kata-kata menarik? Anda bisa browsing di pinterest, simplereminders.com, atau kutipan-kutipan dari buku favorit Anda.

Call to Action

Jenis konten ini disebut juga engagement post, cara ini sangat baik karena melibatkan sekaligus membangun komunikasi antara Anda dengan followers anda. Cara termudah bisa berupa pertanyaan di image lalu minta followers Anda menjawabnya pada box komen, atau menginformasikan mereka tentang post blog terbaru Anda, kerjaan terbaru Anda dan minta mereka klik link di bio atau buat url yang mudah diingat (Instagram sampai saat ini tidak memberikan link pada caption, satu-satunya link hanya di bio dan stories apabila akun tersebut sudah verified, jadi menggunakan url yang mudah diingat bisa menjadi salah satu opsi mudah mengajak followers Anda untuk pergi ke website Anda). Buat activities seperti kontes atau challenge dan gunakan hashtag spesifik, jangan lupa berikan insrtuksi yang jelas.

User Generated Content

Pic from @nyxcosmetic_indonesia

Jenis konten ini sangat menakjubkan, karena mudah dan tidak perlu membuang waktu yang banyak bagi Anda. Jika Anda berhasil mendapatkan keterlibatan followers Anda pada konten Call to action (komen, kontes, atau tantangan yang Anda buat) Anda bisa menggunakan foto yang dibuat followers Anda (tentu saja dengan seizin mereka) untuk Anda post di Instagram Anda sendiri! Bagi kami ini sangat luar biasa, pertama, Anda sekarang memiliki konten gratis yang tidak harus Anda buat sendiri. Kedua, Anda memberikan public shout out kepada followers Anda, Followers Anda senang dipublikasikan, Anda dapat konten gratis, everybody happy!

Rekomendasi

Pic from @airbnb

Selain sharing konten, tips, how to, rekomendasi juga dapat Anda gunakan sebagai ide konten Instagram Anda. Anda dapat mengulas produk, buku yang sangat berkesan dan berguna untuk Anda, restoran favorit, video YouTube bermanfaat, apa saja yang lagi lagi berkaitan dengan bisnis Anda dan yang disukai oleh followers Anda

Baca juga Mengapa Harus Berinvestasi pada Instagram Ads?

Sudah memiliki beberapa ide konten namun tetap terasa sulit untuk konsisten dalam mengupdate sosial media Anda? Di ChubbyRawit kami membantu usaha kecil, menengah dan perusahaan besar dalam membangun Sosial Media Anda, mulai dari perencanaan konten, pembuatan artwork, monitoring, admin hingga ke reporting. Hubungi kami segera, konsultan kami akan membantu Anda menemukan solusi terbaik untuk bisnis Anda.

Contact Us