5 karakter pemimpin | chubbyRawitPemimpin itu dilahirkan atau dibentuk? Perdebatan ini belum ada habisnya. Namun, pada dasarnya, setiap manusia memiliki kesempatan untuk menjadi pemimpin di dunia ini. Lalu, seperti apa pemimpin yang baik itu?

Nah, untuk mengetahui apakah Anda seorang pemimpin atau pengikut, coba cek karakter atau sifat dibawah ini. Bila iya, selamat! Berarti Anda siap menjadi pemimpin.

Visioner

“I think as a company, if you can get those two things right — having a clear direction on what you are trying to do and bringing in great people who can execute on the stuff — then you can do pretty well.” – Mark Zuckerberg, Facebook

Menjadi pemimpin berarti ia harus memiliki visi yang jelas untuk menentukan arah strategis organisasi. Seorang pemimpin juga harus dapat menggambarkan visi tersebut dengan cara yang jelas dan menarik bagi semua pemangku kepentingan. Selanjutnya, tugas pemimpin untuk menyelaraskan organisasi sesuai dengan visi yang jelas dan dapat dicapai. Pemimpin tanpa visi akan gagal. Pemimpin yang tidak memiliki visi tidak bisa menginspirasi tim, memotivasi kinerja, atau menciptakan nilai yang berkelanjutan.

Komitmen untuk Belajar

“An organization’s ability to learn, and translate that learning into action rapidly is the ultimate competitive advantage.”  – Jack Welch, former General Electric CEO

Sebagai pemimpin, Anda harus menjadi seorang yang kompeten bahkan hebat dalam banyak aspek dan dimensi. Hal ini termasuk penjualan, produk, keuangan hingga sumber daya manusia. Pemimpin yang baik adalah seorang yang menjadikan belajar sebagai bagian dari keseharian mereka. Ia tidak ragu mencari para ahli, mendorong tim dan membangun budaya belajar dalam organisasi. Komitmen ini membantu kinerja organisasi tetap termotivasi, gesit bahkan meningkat. Semakin banyak belajar, semakin baik.

Komunikatif

“The art of communication is the language of leadership.” – James Humes

Pemimpin dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan baik, mulai dari top level manajemen hingga staff. Pemimpin yang baik menghargai semua inspirasi karyawannya. Komunikasi adalah pekerjaan yang tidak akan pernah selesai. Komunikasi dimulai tepat setelah Anda mengambil alih posisi kepemimpinan baru, saat Anda menggambarkan filosofi kepemimpinan dan prioritas serta sasaran Anda untuk organisasi dan berlanjut sepanjang durasi tugas Anda dengan berbagai informasi, perubahan serta pembaruan.

Kegigihan

“The lessons I learned from the dark days at Alibaba are that you’ve got to make your team have value, innovation, and vision. Also, if you don’t give up, you still have a chance. And, when you are small, you have to be very focused and rely on your brain, not your strength.” – Jack Ma, Alibaba.

Akan ada waktunya, organisasi atau usaha akan semakin sulit. Perjalanan menuju kesuksesan dalam organisasi atau bisnis seperti roller coaster. Pemimpin yang hebat akan mencari penyebab kesulitan sehingga dapat mengidentifikasi solusi potensial dan menetapkan metode penerapan untuk memungkinkan tim secara keseluruhan bertahan melalui rintangan. Jika seorang pemimpin tidak memiliki kemampuan untuk bertahan saat menghadapi kesulitan, peluang tim untuk mencapai tujuannya jauh berkurang.

Passion

 “Without passion, you don’t have any energy, and without energy, you simply have nothing.” – Warren Buffett, CEO of Berkshire Hathaway

Memiliki passion yang kuat saat membangun bisnis atau organisasi sangatlah penting. Menurut Steve Jobs, ketika keadaan menjadi sangat sulit, ketika semua orang menekan Anda, dan ketika terlihat bahwa mustahil perusahaan Anda bisa maju, jika Anda punya passion terhadap organisasi atau bisnis Anda, maka Anda akan terus berjuang keras untuk maju dan pada akhirnya akan sukses. Setiap entrepreneur sukses, pasti memiliki passion yang kuat dalam karakternya.

Kami yakin seiring dengan waktu seseorang dapat belajar dari pengalaman dan dapat menjadi seorang pemimpin yang baik. Namun, 5 karakter di atas, merupakan karakter dasar yang wajib ada bagi setiap pemimpin. Jadi bagaiamana dengan Anda? Apakah Anda memiliki karakter di atas?