Business

Dongkrak Bisnis dengan Media Sosial

Dongkrak bisnis dengan media sosial - blog - ChubbyRawit

Media sosial saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Keberadaan media sosial ini memungkinkan manusia untuk saling terhubung dan berkomunikasi dalam berbagai platform. Pemanfaatannya pun beragam mulai dari sekadar memajang foto selfie, ngobrol dengan teman, mencari kabar teman-teman lama, melayangkan complain atau pertanyaan terhadap brand tertentu, atau bahkan untuk melakukan kritik sosial.

Tak heran kalau saat ini perusahaan atau brand tertentu ikut terjun ke media sosial sebagai media eksposur sekaligus pemasaran secara daring. Tidak terkecuali bagi startup. Media sosial memberikan banyak keuntungan bagi bisnis. Sebagai contoh, dari riset yang dilakukan oleh Radiatemedia menunjukkan sebanyak 78% bisnis kecil mampu meningkatkan jumlah customer baru hingga 25% berkat bantuan media sosial.

Nah, kalau Anda tertarik untuk masuk dalam media sosial, pastikan Anda tahu apa yang harus dilakukan di media sosial agar bisa membantu Anda dalam menggapai jutaan orang hanya dengan budget yang terbatas. Simak beberapa alasan mengapa media sosial bisa bermanfaat pada startup atau bisnis Anda berikut.

Media Riset yang Murah

Mengapa harus media sosial? Media sosial menawarkan riset unik yang tidak dimiliki oleh jenis riset pemasaran lain yaitu akses menuju feedback yang sangat luas dengan biaya yang sangat terjangkau bahkan bisa zero cost. Dengan media sosial, Anda bisa mengetahui apa yang diinginkan konsumen dengan biaya yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan riset pemasaran konvensional. Selain itu, Anda bisa mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap produk dan layanan Anda melalui media sosial.

Media Komunikasi dengan Konsumen

Dengan media sosial ini, Anda memilki kemungkinan untuk bisa mengendalikan percakapan atau komunikasi dan akhirnya menghasilkan leads. Asalkan Anda juga memiliki kemampuan untuk mendengarkan dan mengawasi target pasar Anda secara alami. Cara mengendalikan percakapan online pun mudah. Selalu jalin hubungan dengan target pasar Anda serta mendidik dan menyediakan solusi terhadap masalah yang mereka hadapi. Dengan demikian, kepercayaan konsumen akan ditangan Anda serta status Anda sebagai ahli dalam industri (thought leader) Anda akan meningkat.

Membangun Komunitas

Saat ini media sosial menjadi opsi terbaik untuk mencapai target pasar yang relevan secara luas. Anda juga bisa membuat kampanye media sosial dengan target dan dibantu dengan konten dan visual yang bagus. Dengan cara ini, Anda bisa meningkatkan jumlah penggemar dan meningkatkan konversi. Dampaknya, Anda bisa beriklan dengan lebih efektif, sehingga Anda bisa menghemat budget beriklan. Anda juga bisa mengandalkan penggemar atau pengikut Anda untuk mendapatkan lebih banyak penggemar.

Lalu, bagaimana cara mendongkrak bisnis Anda dengan media sosial? Simak tips berikut.

1. Tentukan Strategi

Tentukan tujuan utama Anda dalam menggunakan media sosial. Apakah untuk meningkatkan brand awareness? Meningkatkan traffic website? Atau justru menambah jumlah leads? Lalu, cari tahu apa yang disukai oleh target audience Anda di media sosial. Pastikan Anda membuat konten yang menarik dan berhasil membuat orang berinteraksi dengan Anda.

2. Menggunakan Gambar atau Infografis

Engagement menjadi kunci utama dalam mengembangkan bisnis melalui media sosialSalah satu cara yang cukup mudah dan simpel untuk menarik target audience adalah dengan mencantumkan gambar atau infografis pada posting Anda. Dibandingkan teks biasa, infografis dianggap lebih mampu mengomunikasikan pesan secara lebih cepat dan efektif.

3. Posting Konten secara Konsisten

Konsistensi adalah kata kunci dari strategi media sosial. Tidak hanya jenis konten yang di-posting saja, tetapi juga seberapa sering Anda posting. Itulah mengapa menyusun strategi merupakan hal yang penting. Anda harus menentukan berapa kali dalam seminggu atau sehari akan posting konten di akun media sosial bisnis Anda.

Intinya, media sosial penting untuk kesuksesan bisnis Anda. Keberadaan media sosial bagi bisnis lebih dari taktik pemasaran. Keberadaan media sosial bisa meningkatkan basis penggemar produk atau brand Anda, memberikan lead dan juga calon konsumen. Yang penting, ketika sudah berkomitmen untuk terjun ke media sosial maka Anda harus fokus dan memastikan sosial media tersebut dikelola dengan baik.