Sudahkah Anda membangun brand anda-chubbyrawit-blogMembangun sebuah bisnis atau sebuah usaha, berarti Anda membangun citra produk, bisnis atau perusahaan. Branding atau pencitraan adalah salah satu aspek terpenting dari bisnis apa pun, baik besar atau kecil, ritel maupun B2B. Brand Anda adalah janji Anda kepada pelanggan Anda.

Mengapa harus Branding?

Bukan hanya memberi janji kepada pelanggan, sejatinya branding memiliki banyak manfaat. Melalui brand, Anda memberi tahu identitas produk atau layanan Anda serta apa yang dapat mereka harapkan dari brand Anda, dan ini yang membedakan kelebihan Anda dari kompetitor. Intinya, brand Anda berasal dari siapa Anda, siapa yang Anda inginkan dan siapa orang yang Anda inginkan.

Dengan brand, Anda juga menyampaikan pesan berupa nilai, kelebihan produk/jasa, unique selling point (USP) yang terkandung pada produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada masyarakat. Imbasnya, Anda membangun kredibilitas dan persepsi melalui brand yang Anda buat. Selanjutnya, dengan brand akan mempermudah proses referral yang mungkin akan dilakukan oleh customer Anda ketika mereka puas dengan produk atau jasa yang diberikan oleh brand Anda.

Tips Membangun Branding dengan MVP

Membangun brand yang baik bukanlah urusan yang mudah. Sebetulnya, usaha branding selalu ditekankan pada bagaimana membuat masyarakat memandang positif terhadap sebuah produk, layanan atau bisnis. Strategi branding yang efektif akan memberikan keunggulan dalam pasar yang semakin kompetitif. Lalu, bagaimana caranya membangun strategi branding yang baik dari nol?

Persiapkan minimum viable product (MVP) saat pertama kali Anda menjalankan bisnis. MVP adalah teknik pengembangan di mana produk atau layanan baru dikembangkan dengan fitur yang cukup untuk memuaskan pengadopsi awal. Kumpulan fitur akhir dan lengkap hanya dirancang dan dikembangkan setelah mempertimbangkan umpan balik (feedback) dari pengguna awal produk. Untuk lebih mudahnya, berikut kerangka dalam membangun brand dengan MVP

1. What we stand for?

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus dapat menjelaskan esensi dari brand Anda; termasuk apa pokok pikiran yang diperjuangkan pada saat membangun brand tersebut.

2. What we believe in?

Anda harus dapat mendefinisikan hal apa yang Anda percayai ketika membangun brand Anda.

3. What people we seek to engage?

Anda harus dapat menjelaskan apa saja tipe audience yang akan menjadi target market brand Anda.

4. What distinguishes us?

Brand Anda harus dapat menjelaskan hal apa saja yang membedakan brand Anda dengan kompetitor Anda.

5. What we offer?

Brand Anda harus bisa menjelaskan tentang USP Anda dan harus dapat menjelaskan hal apa saja yang Anda tawarkan.

6. What we say and show?

Anda harus dapat menjelaskan bagaimana pengucapan dan wujud dari brand Anda. Anda butuh penamaan, tagline serta sebuah logo untuk brand Anda. Ketiga elemen tersebut, akan membuat brand Anda semakin nyata di mata konsumen.

Tidak mudah memang dalam membangun citra produk atau layanan bisnis. Namun, semoga dengan artikel ini dapat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan branding untuk produk atau jasa Anda agar segera dikenal dan dicintai masyarakat. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk merumuskan branding yang tepat untuk brand Anda, kami di ChubbyRawit siap membimbing Anda. Kontak kami, dan konsultan kami akan segera berbicara dengan Anda.