Mengapa Harus Berinvestasi pada Instagram Ads?

 

ChubbyRawit - Instagram Ads _ Instagram Ads

Rasanya semua sudah tahu dengan keberadaan Instagram. Social media platform berbasis gambar terbesar ketiga setelah Youtube dan Facebook. Tak hanya untuk individu, Instagram juga menawarkan peluang luar biasa bagi bisnis untuk menjangkau khalayak target mereka. Saat ini semakin banyak brand atau bisnis yang bergabung dengan Instagram dengan konten yang sangat menarik dan kompetitif.

Namun, yang mungkin belum banyak pemilik brand atau bisnis ketahui adalah apakah Instagram bisa dipergunakan sebagai platform periklanan yang layak. Instagram sendiri telah meluncurkan Instagram ads sejak akhir tahun 2015 silam. Dengan menggunakan sistem periklanan Facebook, marketer kini bisa menjangkau segmen spesifik dari 800 juta pengguna Instagram.

Tak heran bila Instagram Ads menjadi alternatif yang menarik bagi brand atau bisnis yang ingin meningkatkan keterlibatan (engagement) dan keuntungan serta penjualan. Instagram Ads ini sangat mudah dikenali. Di bagian atas setiap posting, akan ada tulisan ‘Sponsored’ yang terlihat jelas. Instagram Ads ini ditargetkan berdasarkan minat audiens Anda dan dalam banyak hal, cara kerjanya sama persis dengan Facebook.

Baca juga Kenali Aturan Baru Hashtag Instagram

Selain angka yang memang dari sisi apapun selalu menarik bagi bisnis, apa lagi sih manfaat atau keuntungan untuk berinvestasi pada Instagram ads. Ada lima alasan mengapa brand atau bisnis Anda sebaiknya melirik Instagram ads sebagai bagian strategi marketing Anda.

#1. Menonjolkan Sisi Visual Kreatif Brand

Instagram memungkinkan Anda untuk menciptakan konten visual yang kreatif dan menarik. Konten visual yang menarik dapat mendorong keterlibatan atau engagement yang lebih tinggi dibandingkan konten berbentuk teks. Anda juga memiliki berbagai pilihan gambar yang bisa dipergunakan untuk Instagram Ads ini. Selain gambar statis, Anda juga bisa menggunakan gambar carousel bahkan video.

Namun pastikan saat memilih gambar untuk iklan Anda, pilih foto asli yang berkualitas tinggi atau video pendek yang mengkomunikasikan pesan Anda dan ajakan bertindak. Anda bahkan dapat memanfaatkan banyak gambar untuk menceritakan sebuah cerita yang membuat pengguna tetap terlibat dan kembali lagi ke akun Anda.

#2. Instagram Ads Terus Berkembang

Bila Anda memperhatikan, Instagram memperbarui platform secara rutin untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Bagi brand atau pemilik bisnis yang berinvestasi pada Instagram ads berarti dengan pembaharuan rutin ini membuat iklan menjadi lebih efisien. Mulai dari pembaruan tujuan kampanye serupa pada Facebook Ads Manager, filter foto, fitur influencer marketing, Instagram story, dan pembaruan lagi lainnya.

Hal ini mengisyaratkan bahwa Instagram terus berkembang. Fakta bahwa Instagram berkembang secara dinamis berarti memberikan tiga keuntungan. Pertama, Instagram menambahkan fitur baru yang memungkinkan marketer untuk lebih terlibat dengan pemirsa atau audiens mereka. Kedua, platform ini menjadi semakin dicintai oleh para penggunanya. Ketiga, Instagram membawa pengguna baru untuk aktif di Instagram setiap saat. Yang artinya, potensi bagi brand atau bisnis untuk menjangkau target audiens menjadi lebih besar lagi.

#3. Hyper Targeting

Rasanya semua orang sudah tahu bahwa Instagram merupakan bagian atau milik Facebook. Hal ini termasuk Instagram Ads yang dapat dikelola di Facebook Ads Manager, sama seperti iklan Anda yang berjalan di platform Facebook. Dengan Facebook Ads Manager ini, Anda dapat menargetkan menurut usia, lokasi geografis, jenis kelamin, minat dan perilaku. Anda juga dapat mengidentifikasi audiens yang memiliki kemiripan target audiens Anda. Anda pun bisa menjelajahi semua opsi penargetan audiens Instagram untuk memastikan Anda tidak kehilangan kesempatan.

Dengan total pengguna 2,17 miliar di Facebook, rata-rata orang menghabiskan 50 menit setiap hari di Facebook, Instagram, dan Messenger. Tentunya ini menjadi keuntungan besar bagi Anda pemilik brand atau bisnis yang memasang Instragram Ads. Hal ini akan membuat pengguna Instagram semakin terlibat dengan iklan Anda. Terutama jika Anda telah berhasil mencocokkan antara penawaran atau promosi Anda dengan minat target audiens Anda.

#4. Menggaet Konsumen Milenial

Mayoritas pengguna Instagram memiliki rentang usia antara 18-49, dengan primary user adalah 59 persen berusia 18 – 29 tahun. Nah, bila target audiens Anda termasuk dalam demografi inti ini, Instagram merupakan tambang emas bagi brand Anda. Faktanya, para generasi milenial ini telah menghabiskan US$200 miliar untuk berbelanja dan secara demografis diperkirakan akan memiliki daya beli paling banyak dari generasi manapun di tahun ini. Dan perlu Anda tahu bahwa traffic Instagram didominasi berasal dari aplikasi seluler, maka Instagram Ads ini sangat ideal untuk menjangkau konsumen yang sangat mobile dan terlibat dengan konten di perangkat seluler mereka.

#5. Instagram Ads Cocok untuk Perangkat Seluler

Instagram Ads sangat cocok bagi brand atau bisnis Anda yang memiliki target audiens adalah konsumen yang dinamis atau mobile. Mengapa demikian? Sebagian besar pengguna Instagram mengakses aplikasi tersebut di perangkat seluler mereka. Dan Instagram Ads mengambil alih seluruh layar seluler mereka walaupun tidak secara organik. Namun, hal ini jauh lebih efektif daripada side-bar ads atau popup ads. Menariknya lagi adalah dengan Instagram Ads cukup menjamin target audiens akan melihat iklan Anda.

Yang pasti, sekarang Anda tahu bahwa Instagram Ads sangat menguntungkan. Apalagi bila dilakukan dengan benar, potensi keuntungannya tak terbendung. Namun, untuk mencapai hal tersebut Anda harus sudah mengetahui target audiens Anda dan bagaimana mencapainya. Sangat penting bagi Anda untuk membuat visualisasi konten yang akan ditayangkan untuk target audiens Anda. Instagram Ads memang tidak menjamin keberhasilan. Tapi bisnis apa pun di industri apa pun bisa melirik Instagram Ads untuk mendongkrak performa bisnis.

Jika Anda belum melirik Instagram Ads sebagai bagian dari strategi digital marketing Anda, tenang… belum terlambat untuk memulai. Jangan takut dan jangan khawatir karena ketiadaan skills atau pengetahuan tentang Instagram Ads ini. Toh Anda bisa meng-hire digital marketing agency kok. Seperti ChubbyRawit yang hadir untuk memberikan jasa konsultasi, membuat strategi, eksekusi, monitoring, evaluasi dan reporting social media ads Anda. Tunggu apa lagi, isi formulir dibawah ini, dan konsultan kami akan segera menghubungi Anda untuk berdiskusi kebutuhan bisnis Anda.