marketing
Posted in

5 Jenis Pekerjaan Digital Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Chubbyrawit Digital Marketing Agency

Jenis jenis pekerjaan Digital Marketing

Sejak adanya pandemi covid-19 di tahun 2020, berbagai macam perubahan telah terjadi di Indonesia, salah satunya adalah pekerjaan. Ada banyak pekerjaan yang menjadi korban akibat pandemi covid-19. Namun, ada juga pekerjaan yang mengalami peningkatan permintaan secara signifikan, salah satunya adalah pekerjaan Digital Marketing.

Tidak heran jika pekerjaan Digital Marketing mengalami peningkatan permintaan selama pandemi. Hampir semua bisnis mulai dari tingkat UMKM hingga perusahaan besar sekalipun harus berjuang untuk menjual produk mereka di tengah pandemi covid-19. Salah satu upaya untuk tetap bertahan adalah dengan menjual secara digital melalui pemasaran online atau digital. Dari situlah pekerjaan Digital Marketing menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari selama pandemi covid-19.

Bagi para pemilik bisnis-pun pasti ingin mengembangkan bisnisnya dengan Digital Marketing. Saat ini terdapat berbagai pilihan bagi pemilik bisnis untuk mengembangkan bisnisnya dalam hal digital marketing, mulai dari membentuk tim in-house, hire Digital Marketing agency, atau bahkan freelancer.

Baca juga: Membangun Tim In-house, Hire Digital Marketing Agency atau Freelancer?

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai jenis-jenis pekerjaan yang berada dalam bidang Digital Marketing, mari pahami terlebih dahulu apa itu Digital Marketing beserta data dan fakta seputar Digital Marketing.

Apa itu Digital Marketing?

Melansir dari halaman Hubspot, Digital Marketing atau online marketing mengacu pada upaya pemasaran yang terjadi di internet. Bisnis memanfaatkan saluran digital seperti search engines, social media, email, dan situs web lainnya untuk terhubung dengan pelanggan maupun calon pelanggan. 

Seiring dengan perubahan digital di Indonesia, semakin banyak perusahaan yang berinvestasi di digital marketing dibandingkan dengan offline marketing. Tidak hanya karena pengguna internet di Indonesia yang semakin meningkat, tapi juga karena perusahaan dapat menjangkau target audiens mereka dengan lebih tepat dan efisien.

Selain itu digital marketing memiliki sifat highly measurable, yang berarti kita dapat mengetahui dengan baik bagaimana performa dari setiap digital marketing channel dan apa Return on Investment (ROI) dari setiap rupiah yang digunakan untuk digital marketing.

Baca juga: Panduan Digital Marekting untuk Pemula

Data dan Fakta tentang Digital Marketing

Kita tidak bisa memungkiri bahwa sekarang hampir semua perusahaan membutuhkan seorang Digital Marketing untuk memasarkan produk mereka. Perusahaan telah menemukan cara baru untuk tetap bisa terhubung dengan konsumen mereka, yang mengarah pada peningkatan permintaan untuk pekerjaan Digital Marketing.

Berikut ini beberapa data yang menampilkan tren perkembangan pekerjaan Digital Marketing beberapa tahun terakhir:

  • Data google trends

Jenis-jenis Pekerjaan Digital Marketing

Ketertarikan terhadap digital marketing mengalami peningkatan yang pesat, terutama dalam 2 tahun terakhir.

Sumber: Google Trends

  • Future of Jobs Survey 2020, World Economic Forum 

Future of Jobs

Digital Marketing masuk dalam daftar pekerjaan yang paling banyak dicari

Sumber: World Economic Forum

  • LinkedIn Jobs on the Rise (2021)

Linkedin Jobs on the Rise

Digital Marketing termasuk dalam daftar “Jobs on the Rise” versi LinkedIn di mana mengalami pertumbuhan perekrutan hampir sebesar 33%.

Sumber: LinkedIn

  • Laporan Gaji 2022

Laporan Gaji 2022

Dalam laporan gaji 2022, Jobstreet merilis daftar 10 gaji tertinggi di Indonesia menurut spesialisasi dan level pekerjaan di mana penjualan dan pemasaran (termasuk dengan digital marketing) menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia.

Sumber: Jobstreet 

Baca juga: Tren Digital Marketing di 2022

Bagaimana? Spektakuler, bukan!

Berdasarkan data dan fakta di atas bisa diambil kesimpulan bahwa saat ini hampir semua perusahaan membutuhkan orang yang ahli dalam Digital Marketing untuk membantu perusahaan agar tetap bisa bertahan dan terus berkembang.

Tapi tenang!

Chubbyrawit siap membantu bisnis dan usaha Anda di bidang Digital Marketing agar bisnis yang Anda jalani terus berkembang. Serahkan segala marketing objective yang ingin dicapai oleh bisnis atau perusahaan Anda kepada Chubbyrawit, dan Anda tinggal menangani urusan operasional yang lain.

Jenis-jenis pekerjaan di bidang Digital Marketing

Digital marketing terdiri dari berbagai channel online yang berfungsi untuk membantu perusahaan dalam menjangkau target audiens secara efektif. Sebelum mengetahui pekerjaan apa saja yang ada dalam digital marketing, mari pelajari terlebih dahulu channel yang ada di dalamnya:

  • Organic channel

Organic channel adalah channel yang tidak mengharuskan suatu perusahaan untuk membayar setiap kali terdapat pertambahan kunjungan ke website, social media, atau aplikasi perusahaan tersebut.

Organic channel biasanya digunakan untuk jangka panjang, karena pada awalnya lebih sulit untuk berkembang dan membutuhkan investasi yang besar pada tenaga kerja.

Contoh organic channel:

    • SEO
    • Social Media Organic
    • Content Marketing
    • Email Marketing
  • Paid Channel

Berkebalikan dengan organic channel, paid channel adalah channel yang mengharuskan perusahaan untuk membayar setiap kali terdapat kunjungan atau klik ke webisite, social media, atau aplikasi.

Paid channel lebih memudahkan karena tidak memerlukan waktu yang lama untuk melihat hasil, serta tidak memerlukan investasi awal yang besar. 

Contoh paid channels:

    • Social media paid
    • Paid search
    • Ad networks

Dengan banyaknya channel yang ada pada digital marketing membuat pekerjaan di bidang digital marketing pun ikut beragam. Berikut adalah jenis-jenis pekerjaan yang ada dalam bidang digital marketing:

  • Social Media Specialist

Social Media Marketing adalah proses penggunaan sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya untuk kegiatan pemasaran yang bertujuan mendapatkan traffic dan perhatian audiens.

Seorang Social Media Specialist bertugas untuk menciptakan dan memelihara online presence, voice, dan identity suatu bisnis melalui channel media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dll. Selain itu seorang Social Media Specialist bertanggung jawab atas seluruh aktifitas pemasaran yang dilakukan melalui media sosial.

Beberapa tanggung jawab utama:

  • Membangun social media strategy
  • Membangun dan memelihara editorial calendar untuk semua channel sosial media
  • Mempublikasikan dan mengelola konten
  • Menanggapi komentar maupun pertanyaan yang ada di media sosial
  • Menganalisis tren yang ada kemudian menyambungkannya dengan brand
  • Mengukur kinerja dan mengoptimalkan campaign di media sosial.

Beberapa skills yang dibutuhkan:

  • Menguasai platoform media sosial seperti Instagram, Facebook, LinkedIn, Tiktok, Youtube.
  • Memahami kemampuan menulis copywriting dan komunikasi yang kuat
  • Creative & analytical thinking
  • Memahami tools yang digunakan dalam social media management seperti FB Creator Studio, Tweetdeck
  • Kemampuan beradaptasi dan mengikuti tren
  • Memahami best practice dalam desain grafis atau memahami estetika visual

Manfaat Social Media bagi bisnis:

  • Menjangkau pasar yang lebih luas
  • Meningkatkan hubungan antara bisnis dengan konsumen
  • Meningkatkan brand awareness dan user engagement
  • Mempercepat proses pembuatan keputusan oleh calon konsumen

Rata-rata gaji:

Berdasarkan data dari Indeed, rata-rata gaji pokok seorang Social Media Specialist di Indonesia adalah Rp 5,367,743 per bulan

Berdasarkan data dari Glassdoor, rata-rata gaji pokok seorang Social Media Specialist di Indonesia adalah Rp 5,235,667 per bulan.

Catatan: Data di atas diambil pada tanggal 10 Juni 2022.

Baca juga: Pentingnya Menyelaraskan Tujuan Bisnis dengan Strategi Social Media

  • Search Engine Optimization (SEO) Specialist

SEO atau Search Engine Optimization adalah  proses untuk membuat peringkat situs Anda berada pada posisi teratas pada search engine seperti Google, Bing, dan lainnya.

Tugas utama seorang SEO Specialist adalah merancang dan menjalankan strategi optimasi untuk meningkatkan ranking website perusahaan di search engine, misalnya google.

Beberapa tanggung jawab utama:

  • Melakukan riset keyword
  • Melakukan analisa kompetitor
  • Merencanakan dan membuat konten yang berkualitas
  • Mendukung dan memberikan rekomendasi technical SEO kepada Developer
  • Manajemen URL dan backlink

Beberapa skills yang dibutuhkan:

  • Menguasai SEO tools seperti Ahrefs, Google Analytics, Google Search Console, dan lain-lain.
  • Memahami Content Management System (CMS) seperti wordpress
  • Memahami dasar-dasar bahasa coding seperti HTML dan CSS.
  • Menguasai keterampilan dalam menulis suatu konten
  • Memiliki creative & analytical thinking

Manfaat SEO bagi bisnis:

  • Mendatangkan potensial konsumen
  • Website bisnis Anda dapat lebih mudah ditemukan di mesin pencari
  • Target lebih jelas
  • Meningkatkan brand awareness
  • Investasi untuk jangka panjang
  • Meningkatkan penjualan

Rata-rata gaji:

Berdasarkan data dari Indeed, rata-rata gaji pokok seorang SEO Specialist di Indonesia adalah Rp 7,042,244 per bulan

Berdasarkan data dari Glassdoor, rata-rata gaji pokok seorang SEO Specialist di Indonesia adalah Rp 6,998,708 per bulan.

Catatan: Data di atas diambil pada tanggal 10 Juni 2022.

Baca juga: Manfaat Website SEO Friendly dan Penerapannya untuk Bisnis

  • Content Marketing Specialist

Content Marketing adalah proses atau aktifitas dalam membuat dan mendistribusikan konten yang berharga, informatif, dan juga relevan sebagai upaya menarik, memperoleh, dan melibatkan audiens yang telah ditargetkan. Dengan tujuan akhir mendorong tindakan pelanggan.

Seorang Content Marketing Specialist pada umumnya memiliki tanggung jawab dalam membuat konten yang bernilai dan mendistribusikannya di seluruh saluran yang relevan untuk mempertahankan dan menarik audiens serta meningkatkan traffic situs web maupun social media

Sebagai Content Markting Specialist, seseorang harus mengerjakan berbagai tugas seperti mengelola blog, membuat drip campaign, copywriting, PR (public relations), dan lainnya. Oleh karena itu di banyak perusahaan biasanya memiliki nama posisi yang berbeda-beda terkait dengan content marketing, seperti misalnya copywriter yang spesifik membuat konten untuk social media, maupun Content Writer yang spesifik membuat konten untuk blog.

Beberapa tanggung jawab utama:

  • Merencanakan dan membuat konten untuk halaman blog yang mengandung SEO friendly.
  • Menulis untuk landing page, halaman produk, white paper, buletin, media sosial, dan lainnya
  • Merencanakan dan membuat edit
  • Editing and Proofreading

Beberapa skills yang dibutuhkan:

  • Kemampuan menulis dan tata bahasa yang kuat
  • Menguasai kemampuan copywriting
  • Kemampuan dalam ketelitian terutama hal-hal yang bersifat detail
  • Memahami SEO best practice
  • Memiliki creative & analytical thinking

Manfaat Content Marketing bagi bisnis:

  • Mendatangkan potensial konsumen yang Anda targetkan
  • Meningkatkan brand awareness
  • Membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen
  • Meningkatkan kredibilitas bisnis Anda
  • Menjadikan bisnis Anda sebagai “Top of Mind” di industri bisnis Anda

Rata-rata gaji:

Berdasarkan data dari Indeed, rata-rata gaji pokok seorang Content Marketer di Indonesia adalah Rp 5,209,619 per bulan

Berdasarkan data dari Glassdoor, rata-rata gaji pokok seorang Content Marketing Specialist di Indonesia adalah Rp 6,994,547 per bulan.

Catatan: Data di atas diambil pada tanggal 10 Juni 2022.

Baca juga: Tips Membangun Strategi Konten Marketing

  • CRM Specialist

CRM atau Customer Relationship Management adalah kombinasi dari penerapan, strategi dan teknologi yang digunakan perusahaan untuk mengelola dan menganalisa interaksi maupun data pelanggan sepanjang customer lifecycle.

Pada umumnya, ada 3 channel utama yang digunakan dalam CRM:

  1. Email (Newsletter & Drip campaign)
  2. SMS/Whatsapp
  3. Notifikasi App

Seorang CRM Specialist bertugas dalam memaksimalkan efisiensi dari CRM berdasarkan data yang dimiliki, dan memanfaatkan teknologi agar dapat meningkatkan kualitas customer experience.

Beberapa tanggung jawab utama:

  • Menyusun workflow customer lifecycle
  • Menyusun strategi untuk pengembangan omni-channel (termasuk email, in-app push, on-site banner) agar meningkatkan retensi dan growth pengguna
  • Membuat konten email newsletter, email drip campaign (triggered), whatsapp, SMS, maupun channel lainnya
  • Berkolaborasi dengan tim produk dan engineering dalam mengelola tools/sistem CRM
  • Menemukan cara untuk meningkatkan CRM dengan automation
  • Mengembangkan framework untuk A/B testing
  • Mengelola dan menganalisa data marketing

Beberapa skills yang dibutuhkan:

  • Menguasai platform CRM seperti Salesforce, Hubspot, dsb
  • Mengoperasikan Email Service Providers (ESPs) seperti Mailchimp, Mailerlite, dsb
  • Dapat mengambil, mengolah, dan memvisualisasi data menggunakan tools seperti excel atau SQL
  • Mengaplikasikan best practice untuk copywriting

Manfaat CRM bagi bisnis:

  • Meningkatkan hubungan dengan calon konsumen dan konsumen Anda
  • Personalisasi kebutuhan konsumen
  • Menjaga hubungan jangka panjang dengan konsumen
  • Meningkatkan loyalitas konsumen
  • Memudahkan dalam pengumpulan data
  • Meningkatkan penjualan

Rata-rata gaji:

Berdasarkan data dari Glassdoor, rata-rata gaji pokok seorang Content Marketing Specialist di Indonesia adalah Rp 8,000,000 per bulan.

Catatan: Data di atas diambil pada tanggal 10 Juni 2022.

Baca juga: Mengenal Email Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis

  • Performance Marketing / Ads Specialist

Performance marketing adalah strategi online marketing dan advertising di mana pengiklan hanya membayarkan biaya saat ada aksi/tujuan kampanye tercapai. 

Ada 2 channel utama yang pada umumnya digunakan untuk performance marketing, yaitu:

  1. Social Media Advertising (Facebook, Instagram, LinkedIn, Tiktok)
  2. Search Engine Marketing (Google)

Seorang performance marketing specialist bertanggung jawab atas strategi online advertising dimana pengiklan hanya perlu membayar jika sebuah tujuan bisnis tercapai (misalkan penjualan).

Beberapa tanggung jawab utama:

  • Merencanakan dan mengeksekusi kampanye performance marketing di channel digital
  • Mengelola budget agar mencapai target dengan CAC yang optimal
  • Bereksperimen dengan kreatif, targeting, platform, placement, copywriting, topik baru
  • Melakukan A/B testing untuk mengoptimasi kampanye
  • Menganalisa performance dan mengambil keputusan berdasarkan data
  • Menyusun laporan dari hasil kampanye

Beberapa skills yang dibutuhkan:

  • Menguasai tools analytics dan database (seperti Excel, Google Analytics)
  • Menguasai digital ads platform (seperti Facebook Ad Manager, Google Ad, Twitter Ads, TikTok Ads)
  • Dapat menggunakan tools data visualization & reporting (seperti Google Data Studio)
  • Dapat mengoperasikan CPAS Facebook Campaign, Facebook Pixel, Google Tag Manager
  • Memahami best practice kampanye mulai dari targeting, desain, dan copywriting

Manfaat Performance Marketing bagi bisnis:

  • Dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan tepat sasaran
  • Menghemat biaya promosi
  • Dapat meningkatkan penjualan
  • Analisis data penjualan secara tepat dan cepat
  • Mampu mengukur Return of investment (ROI) secara real-time

Rata-rata gaji:

Berdasarkan data dari Glassdoor, rata-rata gaji pokok seorang Performance Marketing di Indonesia adalah Rp 7,313,457 per bulan.

Catatan: Data di atas diambil pada tanggal 10 Juni 2022.

Baca juga: Istilah Penting dalam Digital Marketing yang Wajib Anda Ketahui!

Nah, sudah tergambar jelas kan beragam pekerjaan di bidang Digital Marketing? Digital Marketing memiliki peran penting dalam perkembangan suatu bisnis atau perusahaan.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah Anda ingin membentuk tim in-house Digital Marketing, menggunakan Digital Marketing agency, atau menggunakan freelancer?

Jika dilihat dari efektif dan efisiensi waktu, menggunakan Digital Marketing agency bisa jadi solusi yang tepat untuk Anda. Karena jika membentuk tim in-house, Anda harus membentuk tim dari awal dan butuh waktu yang lama. Selain itu, Anda harus bersaing dengan banyak bisnis lain untuk mencari talenta yang berkompeten untuk mengisi tim Anda. Dan karena demand yang tinggi, gaji untuk masing-masing posisi bisa jadi jauh lebih besar. Jika Anda ingin menggunakan jasa freelancer, Anda tetap harus memikirkan strategi penjualan baru meneruskannya kepada freelancer dan tidak efisien dalam segi waktu.

Baca juga: Mengapa Harus Menggunakan Digital Marketing Agency?

Dengan menggunakan jasa Digital Marketing agency yang sudah berpengalaman, Anda akan jauh menghemat waktu dan biaya bisnis Anda sehingga Anda bisa lebih fokus dalam menangani urusan operasional lainnya.

ChubbyRawit, creative digital marketing agency, hadir sebagai partner dalam bisnis Anda. Kami memiliki tim yang memberikan dukungan penuh untuk semua kebutuhan digital marketing Anda. Kami akan selalu sigap membantu Anda dalam membuat strategi, eksekusi, monitoring dan evaluasi hingga reporting digital marketing Anda.

Hanya dengan mengisi contact form berikut, Anda akan dihubungi oleh konsultan kami dan bersiaplah untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari bisnis Anda!

Penulis: Bayu Pamungkas