Mengenal Email Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis

instagram-editorial-calendar

email-marketing-bagi-bisnis

Setiap harinya, mungkin Anda dihujani berbagai macam email newsletter atau penawaran pada inbox email Anda. Bisa jadi penawaran dari sebuah marketplace, brand atau institusi tertentu. Ya, itu adalah teknik email marketing. Teknik ini merupakan sebuah strategi marketing yang menggunakan email sebagai media. Strategi ini biasanya digunakan oleh marketer, brand atau bisnis untuk menjalin hubungan jangka panjang terhadap pelanggan. Bila digunakan secara tepat, teknik ini dapat berguna untuk merebut hati maupun mempertahankan loyalitas pelanggan. 

Selanjutnya, sebagai digital marketer atau marketer mungkin Anda bertanya-tanya apakah email marketing masih efektif dan relevan digunakan saat ini? Apalagi teknik ini sering dianggap sebagai strategi marketing tertua dan sudah kuno. Bahkan, tidak sedikit yang beranggapan bahwa email marketing is dead!” Coba tengok fakta dibawah ini. 

email-marketing-infographicSource: Hubspot.com

Dari infografis diatas menunjukkan bahwa email marketing masih menjadi teknik pemasaran yang cukup baik sampai saat ini. Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Well, Indonesia merupakan urutan ketiga di Asia Tenggara yang memiliki open rate tertinggi.

Open rate adalah parameter penting di dalam sebuah kampanye email marketing yang dijalankan. Semakin tinggi open rate dari kampanye yang sedang Anda jalankan, berarti semakin bagus kampanye tersebut. 

Ini baru bicara data, tapi sebenarnya apa sih manfaat dari email marketing bagi sebuah bisnis atau brand? Simak 5 alasan mengapa harus menggunakan teknik ini sebagai bagian dari strategi digital marketing berikut ini. 

Memungkinkan Personalisasi Konten

Dengan email marketing, Anda dapat menyelaraskan tujuan kampanye dengan membuat konten bertarget. Personalisasi ini bisa saja berupa memasukkan nama kontak atau salam pembuka di email. Faktanya, email yang mencantumkan nama depan penerima di baris subjeknya memiliki rasio click through rate (CTR) yang lebih tinggi daripada yang tidak.

Selain itu, personalisasi konten ini juga bisa dengan membuat konten individual berdasarkan segmentasi audiens, sehingga Anda mengirim email yang tepat ke pelanggan yang tepat. Misalnya, Anda bisa mengirimkan email marketing untuk pelanggan Anda yang memang sudah memiliki ketertarikan pada layanan atau produk Anda seminggu 2 kali. Atau ingin mengirim kampanye email marketing ke pelanggan yang baru sebulan sekali.

Dengan demikian, salah satu manfaat utama email marketing adalah dapat membuat konten yang disesuaikan dengan kebutuhan audiens termasuk variasi gambar atau konten untuk meningkatkan engagement.

Berkomunikasi dengan Audiens

Sebagai marketer, selalu penting untuk meningkatkan komunikasi dengan audiens Anda. Ketika audiens merasa mereka dapat berbicara dengan Anda, mereka akan cenderung loyal terhadap brand Anda.

Dengan email marketing, Anda dapat menjangkau lebih banyak dan berkomunikasi dengan mudah dengan audiens. Selain itu, email marketing ini membuat audiens Anda tetap engage setiap saat sepanjang tahun, baik musim sibuk ataupun tidak.

Menghasilkan Traffic ke Website dari Email Marketing

Ketika Anda berhasil membuat konten yang bagus di website Anda, bagaimana cara menyebarkannya ke audiens? Salah satu jawabannya adalah dengan menggunakan email marketing. Dengan kampanye metode ini, Anda akan bisa mendapatkan traffic ke website dan meningkatkan SEO Anda. Selain itu, Anda juga membuat audiens tetap engage dengan brand dan website Anda.

Contohnya, mungkin Anda pernah meluncur ke website kami karena email yang pernah kami kirimkan. Teknik ini merupakan salah satu cara terbaik untuk memberikan nilai kepada audiens kami, dan kami melakukannya dengan mengirimkan email kepada Anda dan berhasil menghasilkan traffic.

Yang perlu diingat adalah ketika membuat email marketing dengan link ke konten Anda di website, jangan lupa untuk selalu sertakan call-to-action (CTA) atau ajakan untuk bertindak, sehingga pembaca dapat langsung klik ke website Anda. 

Meningkatkan Penjualan

Tahukah Anda bahwa email marketing juga bisa menjadi tools marketing yang sangat baik yang dapat meningkatkan penjualan Anda? Faktanya, berdasarkan data dari Hubspot sebanyak 59% marketer mengatakan email adalah sumber ROI terbesar mereka dan marketer yang menggunakan kampanye tersegmentasi mencatat peningkatan pendapatan sebanyak 760%.

Dengan kampanye tersebut dapat menampilkan produk atau layanan Anda, mendorong pelanggan untuk membeli setelah meninggalkan keranjang mereka, atau memberikan penawaran khusus kepada pelanggan Anda. Fakta menarik lainnya lagi adalah sebanyak 59% responden dalam survei Hubspot mengatakan bahwa email marketing turut mempengaruhi keputusan pembelian mereka.

Mengumpulkan Feedback dan Survei

Dalam dunia bisnis, selalu memantau atau memonitor pengalaman pelanggan merupakan hal yang sangat penting jika Anda ingin pelanggan terus berinteraksi, engage, membeli serta loyal terhadap brand atau produk Anda. Anda bisa melakukan hal tersebut dengan email marketing. 

Sebagai contoh, Anda dapat mengirim survei kepuasan pelanggan untuk mendapatkan feedback pelanggan melalui email marketing. Dan menariknya, dengan survei ini menjadi salah satu cara terbaik untuk menghitung Net Promoter Score (NPS) Anda.

Dengan skor ini akan membantu Anda mengetahui persentase pelanggan yang menjadi brand ambassador sekaligus haters. Dengan informasi yang Anda dapat dari email marketing ini, Anda bisa membangun ataupun memperbaiki strategi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan Anda.

Baca Juga: Tips Membangun Strategi Konten Marketing

Nah itu adalah lima manfaat dari email marketing bagi bisnis. Dari penjelasan diatas juga dapat diambil kesimpulan bahwa email marketing juga menjadi salah satu cara terbaik untuk menjangkau audiens Anda serta dapat meningkatkan penjualan dan prospek.

Lalu, apa saja jenis email marketing dan bagaimana cara memulainya? Tunggu artikel kami selanjutnya ya. Jangan lupa untuk subscribe blog ChubbyRawit untuk mendapatkan berbagai artikel seputar digital marketing, branding, social media management dan entrepreneurship.