Mengenal Facebook Creator Studio – Tools Gratis dari Facebook

instagram-editorial-calendar

facebook-creator-studio

Adakah cara untuk menjadwalkan postingan Facebook dan Instagram sekaligus tanpa menghabiskan waktu? Pertanyaan ini sering kami dengar di antara warganet pengguna media sosial, terutama bagi kreator konten dan pebisnis. Mengetahui cara menjadwalkan postingan Facebook & Instagram secara otomatis merupakan bagian dari strategi pemasaran integral yang dapat membantu pertumbuhan akun media sosial Anda.

Bagaimana bisa? Rumusnya sederhana, semakin konsisten Anda memposting konten, maka akan semakin baik kinerja pertumbuhan sosial media yang dihasilkan, dan pastinya followers Anda akan semakin menantikan konten apa lagi yang akan diposting keesokan harinya. 

Jangan khawatir, disini kami akan merekomendasi satu tools yang akan sangat membantu para kreator konten atau pebisnis dalam urusan penjadwalan. Tools tersebut bernama Facebook Creator Studio. Tools ini dibuat oleh Facebook secara khusus untuk membantu para kreator konten dan pebisnis dalam memposting konten secara otomatis, mengelola konten, mengukur pertumbuhan akun serta memberikan dashboard insight audience yang para kreator butuhkan pada akun Facebook & Instagram. Selain Facebook Creator Studio, tentunya banyak tools yang menawarkan fitur penjadwalan konten secara otomatis, dari yang free sampai berbayar. 

Pasti Anda sudah tidak sabar lagi untuk mengetahui apa saja yang perlu disiapkan serta langkah-langkah dalam menggunakan Facebook Creator Studio. Simak ya!

2 hal ini perlu Anda siapkan agar dapat menggunakan Facebook Creator Studio:

  1. Hubungkan akun Instagram Anda ke akun Facebook page yang Anda kelola
  2. Persis seperti namanya Creator Studio, Tools ini hanya diperuntukan terhadap akun kreator dan bisnis. Jadi pastikan akun instagram Anda sudah menjadi akun creator atau bisnis

Langkah langkah untuk terhubung dengan tools Facebook Creator Studio :

  1. Buka Creator Studio atau klik https://business.facebook.com/creatorstudio di desktop atau Anda dapat mengunduh aplikasi Facebook Creator Studio lewat mobile disini . 
  2. Setelah itu login dengan menggunakan akun Facebook Anda yang sudah terhubung dengan Facebook Page dari bisnis Anda.
  3. Secara otomatis Anda akan langsung ditampilkan dashboard dari seluruh akun Facebook & Instagram yang sedang Anda kelola.

And that’s it! Setelah menyelesaikan langkah-langkah diatas, Anda secara otomatis dapat mengakses tools Facebook Creator Studio dan menggunakannya. Tidak hanya merekomendasikan tools yang bagus, kami juga akan mengupas secara dalam fitur-fitur apa saja yang ada di Facebook Creator Studio yang  dapat Anda manfaatkan secara maksimal. Baca selengkapnya di bawah ini ya! 

 

Post konten berupa foto Instagram & IG TV

 

Selain foto ternyata Anda juga dapat memposting IG TV secara otomatis menggunakan Facebook Creator Studio. Hanya saja, untuk Instagram Stories belum bisa dijadwalkan ya. 

Cara menggunakannya seperti berikut ini ya: Klik create post, pilih Instagram feed, upload foto dan masukan caption, lalu pilih tanggal untuk memulai menjadwalkan konten yang Anda inginkan dan save

Note: Anda juga bisa memilih publish now apabila ingin mengupload konten saat itu juga.

 

Baca Juga: 7 Tren Social Media di Tahun 2020

Lacak Insight Dari Akun Facebook dan Instagram Anda

 

Selain memiliki fitur penjadwalan otomatis, Facebook Creator Studio juga memberikan track record insight Instagram. Disini kita dapat melihat pertumbuhan Instagram seperti berapa banyak kenaikan followers, total impression maupun engagement di setiap postingan.

Hal ini sangat membantu Anda memahami lebih dalam audience dan konten apa saja yang mereka sukai. Perlu diingat Facebook Creator Studio hanya memberikan insight selama 7 hari saja, berbeda dengan tools berbayar lainnya yang dapat memberikan track record insight hingga 3 bulan.

Baca Juga 20+ Istilah Penting dalam Sosial Media yang Wajib Anda Ketahui!

Laporan Umur, Jenis Kelamin, dan Geografis Followers

 

 

Anda juga dapat melihat berapa umur, jenis kelamin, sampai ke lokasi orang-orang yang mengikuti Instagram Anda. 

Kenapa Anda Harus Melakukan Penjadwalan Otomatis Konten Sosial Media?

Di awal kami menyatakan bahwa melakukan penjadwalan otomatis di Instagram merupakan bagian strategi marketing yang integral. Mungkin beberapa ada yang semakin bertanya-tanya kenapa dengan menjadwalkan konten kita secara otomatis dapat menjadi salah satu strategi marketing? Apakah ada nilai lebih dari menggunakan tools penjadwalan tersebut? Simak terus penjelasan kami.

 

1. Menghemat Waktu

 

Coba pikirkan apabila Anda harus menyediakan waktu luang hanya untuk memposting di jam tertentu, hal ini akan membuang banyak waktu Anda. Padahal mungkin saja saat itu Anda sedang bepergian atau meeting bersama klien. 

Belum lagi harus membuka aplikasi Instagram, mengunggah foto serta mengetik caption kata per kata. Bukankah itu hal yang membosankan? Ya, bila sesekali melakukan hal tersebut bukan masalah besar. Tapi setiap hari dan di waktu yang tertentu, bukankah itu membuat kita tidak produktif?

2. Manajemen Konten

 

 

Mengatur sosial media menjadi tugas yang sangat besar, terutama bila Anda mengelola banyak akun Instagram. Dengan melakukan penjadwalan otomatis tentu akan mempermudah pekerjaan Anda dan yang pasti membuat konten Instagram Anda terjadwal tepat waktu.

Baca Juga: Begini Caranya Mengelola Social Media Bisnis Anda di Saat Krisis

 

3. Posting melalui desktop atau PC

 

Loh, apakah ada yang salah dengan memposting lewat smartphone? Sebenarnya ini bukan salah atau benar, tapi efektif atau tidak. Terkadang ini menjadi masalah bagi brand, kreator konten, fotografer dan pengguna sekalipun dimana mereka harus memindahkan foto yang telah mereka edit dari laptop ke smartphone agar dapat mengunggah kontennya di Instagram. Berbeda bila Anda menggunakan penjadwalan otomatis, Anda bisa memotong langkah-langkah memindahkan foto ke smartphone. Lebih efektif bukan!

Sebelum berpisah, sedikit review dari kami tentang Facebook Creator Studio dengan tools scheduling berbayar lainnya. Apa perbedaan paling mendasar selain di harga? Kami sangat merekomendasi Facebook Creator Studio karena lebih simpel dan tentunya gratis!

Sangat cocok untuk Anda yang hanya membutuhkan penjadwalan konten otomatis dan laporan insight Instagram dalam jangka pendek. Sedangkan tools berbayar dapat mengelola sosial media lebih lengkap, memberikan laporan insight Instagram lebih lama dan terintegrasi ke berbagai sosial media lainnya seperti LinkedIn.

Tentunya masih banyak perbedaan lainnya antara Facebook Creator Studio dan tools penjadwalan berbayar lainnya. Mungkin Anda bisa membandingkan antara Facebook Creator Studio dan tools berbayar lainnya lalu sesuaikan dengan kebutuhan atau bujet masing-masing, mana yang lebih tepat untuk bisnis Anda. 

Baca artikel kami lainnya atau ikuti up to date artikel bermanfaat lainnya dengan subscribe blog ChubbyRawit.id, sampai jumpa di artikel selanjutnya. Happy planning and scheduling!