Tips Membangun Strategi Konten Marketing

Strategi Konten Marketing _ Strategi Konten Marketing_ChubbyRawit

Apakah Anda sudah menjalankan program konten marketing? Bila iya, apakah Anda memiliki strategi konten marketing yang terdokumentasi? Bila tidak, mulailah pertimbangkan untuk membuat strategi konten marketing yang terdokumentasi, karena tanpa dokumentasi strategi Anda berpeluang pada kegagalan konten marketing Anda. Sebuah studi menemukan bahwa 61 persen konten marketer sukses memiliki strategi terdokumentasi. Selain itu, 72 persen konten marketer sukses mengaitkan kesuksesan mereka dengan strategi pemasaran konten mereka.

Sebelum bicara lebih jauh, apa itu strategi konten marketing? Strategi konten marketing adalah bagian dari rencana marketing dan pengembangan yang mengacu pada pengelolaan hampir semua tangible media yang Anda buat dan miliki. Atau dengan kata lain, strategi konten marketing Anda adalah ‘WHY’ Anda. Mengapa Anda membuat konten, siapa yang Anda bantu, dan bagaimana Anda akan membantu mereka dengan cara yang tidak dapat dilakukan orang lain.

Baca juga Cara Membangun Audience Bisnis Anda

Perusahaan atau organisasi biasanya menggunakan konten marketing untuk membangun audiens dan mencapai salah satu target entah berupa peningkatan pendapatan, biaya rendah, atau pelanggan yang lebih baik. Dan Anda mungkin sudah sering atau kerap mendengar betapa pentingnya konten marketing bagi bisnis. Namun, ada baiknya bila konten marketing Anda dibuat dengan terencana. Untuk memudahkan Anda, ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan saat membangun strategi konten marketing.

  • Siapa target audiens Anda
  • Masalah yang akan dipecahkan untuk audiens Anda
  • Apa keunikannya
  • Format yang akan Anda buat
  • Saluran (channel) publikasi konten
  • Bagaimana Anda akan menjadwalkan dan mengelola kreasi konten dan publikasi

Apa sih sebenarnya pentingnya strategi konten marketing itu? Konten marketing akan membantu Anda dalam mempersiapkan dan merencanakan sumber traffic situs yang andal, hemat biaya serta berpotensi mendatangkan prospek baru. Sumber traffic dan leads dari konten yang menarik namun timeless akan memberikan keuntungan bagi Anda.

Salah satunya adalah fleksibilitas untuk bereksperimen dengan taktik pemasaran lainnya untuk menghasilkan pendapatan. Seperti konten sponsor, iklan social media, dan konten terdistribusi. Plus, konten Anda tidak hanya akan membantu menarik prospek saja, namun juga akan membantu mengedukasi pelanggan potensial Anda dan membangkitkan brand awareness.

Walaupun tidak ada template standar untuk membangun strategi konten marketing, Anda bisa membuatnya versi Anda sendiri. Namun paling tidak, pastikan tujuh langkah utama ini Anda sertakan dalam strategi konten marketing Anda.

                                                                                              photo by pexels

#1. Tentukan Tujuan Anda

Langkah pertama dalam membuat strategi konten marketing tak lain adalah menentukan tujuan Anda mengembangkan rencana konten marketing. Mengapa Anda ingin menghasilkan konten dan membuat rencana konten marketing? Anda harus mengetahui tujuan sebelum Anda mulai merencanakan, dan Anda akan memiliki waktu yang lebih mudah untuk menentukan strategi terbaik Anda.

#2. Riset Persona

Agar rencana yang telah Anda buat berbuah kesuksesan, Anda perlu mendefinisikan dengan jelas target audiens konten Anda – juga dikenal sebagai buyer persona Anda. Hal ini sangat penting bagi mereka yang memulai atau baru mengenal pemasaran. Dengan mengetahui target audiens Anda, Anda dapat menghasilkan konten yang lebih relevan dan berharga yang ingin mereka baca dan konversikan.

Jika Anda pernah membuat strategi konten marketing sebelumnya, bisa jadi target Anda telah berubah. Apakah Anda ingin menargetkan sekelompok orang baru atau memperluas target pasar Anda saat ini? Apakah Anda ingin mempertahankan target audiens yang sama? Untuk itu, Anda perlu meninjau kembali parameter khalayak Anda dengan melakukan riset pasar setiap tahun untuk menumbuhkan audiens Anda.

#3. Audit Konten

Yang tak kalah penting dari strategi konten marketing adalah melakukan audit konten. Kebanyakan orang memulai dengan posting blog, tapi jika Anda ingin menjelajah dan mencoba memproduksi konten lainnya, pertimbangkan yang mana yang ingin Anda buat. Contohnya, bila Anda telah melakukan posting blog mingguan selama setahun terakhir, tidak ada salahnya bila Anda membuat sebuah e-book.

E-book ini merangkum semua posting blog Anda menjadi satu panduan utama sebagai salah satu cara untuk menawarkan informasi dalam format yang berbeda. Dan bila bisnis Anda sudah berjalan, maka tinjau kembali upaya konten marketing Anda dan hasilnya dari tahun lalu. Cari tahu apa yang dapat Anda lakukan secara berbeda di tahun yang akan datang dan tetapkan tujuan baru untuk dicapai.

Baca juga Alasan Mengapa Anda Harus Berinvestasi dalam Konten Marketing.

#4. Pilih Sistem Manajemen Konten

Langkah selanjutnya adalah memilih sistem atau tempat di mana Anda dapat mengelola konten. Hal ini mencakup beberapa bagian penting dari pengelolaan konten seperti pembuatan konten, publikasi konten, dan analisis konten. Ada banyak pilihan sistem manajemen konten baik gratis maupun berbayar. Anda tinggal sesuaikan dengan budget serta kebutuhan Anda saja.

#5. Brainstorm Ide Konten

Tahapan selanjutnya adalah membangun atau brainstorm ide untuk konten berikutnya. Anda bisa memanfaatkan berbagai tools content idea generator baik gratis maupun berbayar untuk menghasilkan konten terbaru yang hangat serta paling dicari oleh audiens Anda. Dengan tools tersebut, Anda akan mendapatkan pengetahuan baru tentang bagaimana membuat situs Anda lebih SEO-friendly dan menemukan ide konten baru.

#6. Tentukan Jenis Konten

Anda bisa memilih jenis konten yang ingin Anda buat karena ada berbagai pilihan jenisnya. Beberapa format konten yang populer adalah artikel blog, podcast, e-books, template, infographic, video serta konten eksternal. Tujuan utamanya adalah menentukan konten yang audiens Anda sukai dan tidak sukai, sehingga Anda tidak membuang waktu untuk menciptakan jenis konten yang salah. Salah satu cara untuk memilah jenis konten ini adalah dengan mewawancarai thought leader industri, berbicara dengan pelanggan lama, melakukan survei, atau bertanya di beberapa forum.

#7. Publikasikan dan Kelola Konten

Strategi konten marketing Anda tak hanya berisi jenis konten yang akan Anda buat – namun juga mencakup bagaimana mengatur konten Anda. Dengan bantuan kalender editorial, Anda akan berada di jalur yang benar untuk menerbitkan content library yang seimbang dan beragam di situs Anda. Jangan lupa membuat kalender konten social media sehingga Anda dapat mempromosikan dan mengelola konten di situs Anda.

Meskipun Anda telah membuat kalender konten, tapi Anda jangan serta merta mengabaikan topik atau isu yang sedang hangat dibicarakan saat itu. Dengan catatan, asalkan isu tersebut terkait atau relevan dengan bisnis Anda ya. Pasalnya, dengan konten tersebut akan dapat membantu menghasilkan lonjakan traffic pada website Anda.

Tidak sulit bukan membuat strategi konten marketing? Tidak perlu membuat strategi yang rumit asalkan efektif, karena strategi ini berguna untuk mengingatkan tujuan Anda dan seberapa jauh Anda melangkah. Dan untuk memastikan bahwa program konten marketing Anda tetap sesuai target, tinjau dan perbarui strategi Anda secara berkala. 

Mungkin ada sebagian dari Anda yang masih bingung atau sudah mengerti namun tidak punya waktu untuk menjalankan strategi konten marketing ini. Jangan khawatir! ChubbyRawit dengan senang hati akan membantu Anda. Silahkan konsultasikan kebutuh konten marketing Anda melalui formulir contact us di bawah ini. Konsultan kami akan segera menghubungi Anda dan membuatkan strategi konten marketing terbaik untuk bisnis Anda!