Mengapa Harus Menggunakan Digital Marketing Agency?

Sebelum memulai pembahasan lebih lanjut, penulis ingin menjelaskan apa bedanya Digital Marketing Agency dengan Social Media Agency. Digital Marketing Agency, adalah agency yang memiliki keahlian secara kesuluruhan di lini digital marketing, mulai dari online advertising,  social media marketing, content marketing, SEO sampai ke pembuatan website untuk membangun dan mengoptimasi online presence Anda.

Sedangkan social media agency adalah agency yang memiliki keahlian dalam membesarkan social media kliennya.

“Lalu, mana yang harus saya pekerjakan? Digital Marketing Agency atau Social Media Agency?”, semua tergantung kebutuhan Anda sebagai pemilik brand/bisnis dalam mengambil keputusan.

Dalam artikel ini kami tidak akan memberikan penjelasan harus memilih agency apa,  tapi kami akan menjelaskan mengapa memakai agency seperti ChubbyRawit akan sangat membantu Anda.

Awalnya mungkin Anda akan berpikir apa pentingnya meng-hire agencyApa kelebihannya jika  dibandingkan dengan membangun tim digital marketing Anda sendiri? Ada tiga alasan mengapa Anda sebaiknya menggunakan digital marketing agency untuk bisnis Anda.

#1 Berpengalaman dalam Membuat dan Melaksanakan Strategi Marketing

Mengelola online presence terutama social media untuk bisnis tentu sangat berbeda dengan mengelola akun pribadi. Apa sajakah tujuan perusahaan Anda secara keseluruhan dan bagaimana social media bisa dipergunakan untuk mencapai tujuan-tujuan ini. Bagaimana Anda mengukur ROI? Bagaimana Anda akan menjadwalkan konten untuk dikirimkan di berbagai platform? Bagaimana Anda akan melakukan keyword target sehingga social media Anda sejalan dengan strategi SEO Anda? Bagaimana Anda mengarahkan traffic ke situs Anda dari social media? Social media marketing membutuhkan keahlian dan pengalaman untuk bekerja secara efektif.

Dengan meng-hire digital marketing agency, Anda tidak hanya akan memiliki tim yang didedikasikan khusus untuk social media tapi Anda akan mendapatkan saran dari ahi atau profesional dibidang ini sehingga Anda bisa yakin bahwa kampanye Anda akan selalu terjaga dengan baik.

Agency tahu harus mulai dari mana, platform mana yang akan digunakan, jenis konten apa yang dibutuhkan dan banyak lagi detil lainnya untuk menjadikan brand Anda hadir tepat di depan audiens yang diinginkan.

Selain itu, agency juga selalu mengikuti perkembangan terkini dengan tren, alat, dan teknologi yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan perspektif baru dan wawasan berharga tentang pasar yang mungkin Anda lewatkan. Dengan menggunakan teknik-teknik ini, agency akan tahu apa yang bekerja untuk bisnis Anda dan apa yang tidak. Anda akan lebih cenderung melihat hasil secara jangka panjang yang ditunjang oleh keahlian dan pengalaman agency tentang apa yang berhasil untuk kampanye social media marketing Anda yang sukses.

#2 Cost Effective

Tahukah Anda bahwa konsumen berharap brand terus memperbarui, berbagi dan terlibat dengannya di social media. Faktanya, dalam survei Sprout Social 2018 menyebut 90% responden mengatakan bahwa mereka menggunakan social media untuk berkomunikasi langsung dengan sebuah brand. Survei yang sama juga menemukan bahwa harapan mereka adalah brand responsif terhadap mereka dalam kurun waktu maksimal 4 jam. Jadi, bisa Anda bayangkan apa yang terjadi jika Anda tidak hadir di sana untuk merespons dengan cepat dan efisien? Kehilangan loyalitas konsumen adalah risiko terberatnya.

Social media marketing adalah sesuatu yang perlu ditangani secara real time dan meng-hire agency yang berdedikasi untuk mengurus semua upaya social media marketing Anda untuk mendapatkan hasil yang diinginkan secara online. Agency mengalokasikan waktu untuk memastikan brand Anda sukses di social media sehingga Anda dapat memfokuskan upaya dalam menjalankan bisnis Anda.

Selain itu, dengan agency Anda akan mendapatkan satu tim berdedikasi yang dapat mengerjakan tugas harian sebagai manajer social media internal yang mencakup:

  • Membuat konten untuk dibagikan baik posting blog, video, grafik, dan media lainnya
  • Memeriksa berita terkait industri
  • Membalas komentar atau respons atas posting social media yang masuk
  • Meriset influencer baru untuk terhubung
  • Menerbitkan posting social media baru
  • Menjadwalkan posting media sosial untuk minggu/bulan/tanggal penting
  • Melakukan review dan analisis dari social media
  • Membangun engagement dengan followers
  • Menindaklanjuti dengan email, panggilan telepon, dan percakapan social media
  • Membuat strategi marketing terbaru dan secara konsisten membuat kampanye baru.

Dengan meng-hire agency yang berdedikasi Anda akan memiliki orang-orang yang berkompeten untuk menyusun strategi sosial yang komprehensif untuk membuat konten multi-dimensi yang akan menampilkan brand Anda dan menjual produk atau layanan Anda.

#3 Value Added

Keberadaan agency juga bisa ditugaskan untuk melakukan riset pasar dan mengidentifikasi persaingan. Hal ini mencakup meneliti dan mengidentifikasi target audiens Anda untuk mempelajari dan memahami perilaku, preferensi, dan minat mereka untuk memastikan strategi pemasaran yang diadopsi akan memberikan hasil semaksimal mungkin. Dan Agency juga akan dapat memberikan perspektif lain untuk cara-cara berinteraksi dengan audiens Anda secara out-of-the-box.

Selain itu, agency juga mempergunakan alat dan teknik khusus untuk memastikan strategi social media yang tepat digunakan untuk mencapai tujuan Anda. Bonusnya, Anda juga berpeluang untuk mendapatkan perspektif baru dan mendapatkan ide-ide baru berdasarkan sudut pandang konsumen.

Meng-hire agency adalah sebuah keputusan penting bagi perusahaan. Apalagi kalau Anda tidak memiliki pengalaman atau pengetahuan dalam digital marketing. Untuk itu, luangkan waktu dan usaha untuk memilih agensi yang tepat untuk kebutuhan dan tentunya budget Anda. Social media marketing adalah salah satu hal penting untuk kelangsungan bisnis Anda, oleh sebab itu pekerjakan orang yang tepat untuk mengelolanya.

ChubbyRawit , creative digital marketing agency, hadir sebagai partner dalam bisnis Anda. Kami akan selalu sigap membantu Anda dalam membuat strategi, eksekusi, monitoring dan evaluasi hingga reporting digital marketing Anda. Tinggalkan kontak Anda pada formulir di bawah ini, dan konsultan kami akan segera menghubungi untuk berdiskusi tentang solusi kebutuhan digital marketing Anda.