Yuk Belajar Digital Marketing bersama ChubbyRawit

DIGITAL MARKETING 101 CHUBBYRAWIT

Sebagai pemilik bisnis, tentunya pemasaran menjadi hal penting yang harus Anda pelihara. Sebab, suksesnya bisnis Anda ditentukan oleh pemasaran yang efektif. Dengan banyaknya konsumen potensial Anda yang memadati internet, mau tak mau Anda juga harus hadir dalam ekosistemnya dengan senjata strategi digital marketing yang tepat. Saat ini, digital marketing menjadi makhluk yang seksi untuk perkembangan bisnis Anda. Untuk lebih memahaminya, mari sama-sama belajar digital marketing bersama ChubbyRawit.

Apa itu digital marketing?

Sederhananya digital marketing atau pemasaran secara digital bisa dipahami sebagai upaya pemasaran produk atau jasa menggunakan perangkat digital, terutama internet tetapi juga termasuk perangkat elektronik seperti ponsel, iklan elektronik, dan media digital lainnya. Dengan beragam taktik, Anda dapat berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu secara online.

Mengapa perlu melakukan digital marketing?

Saat ini internet kemungkinan sudah tidak lagi menjadi kebutuhan sekunder atau tersier. Bagi beberapa orang internet sudah menjadi setara urgensinya dengan sandang, pangan, dan papan karena internet menjadi sarana penting untuk mewujudkan ketiga kebutuhan primer tersebut.

Dengan perkembangan teknologi ponsel cerdas sedemikian rupa, semakin banyak pula interaksi terjadi di internet baik yang sifatnya personal maupun komersial.

Sebagai pemilik bisnis, you need to join the game kalau Anda menginginkan keberlanjutan bisnis Anda. Dengan digital marketing, Anda memastikan bisnis Anda tidak hilang dari peredaran dan Anda bisa menjangkau konsumen potensial yang lebih besar.

Bagaimana melakukan digital marketing?

Langkah pertama yang Anda perlukan untuk melakukan digital marketing adalah memiliki aset digital berupa website atau media informasi yang kredibel mengenai produk atau jasa Anda di internet. Kalau dirasa terlalu mahal untuk berinvestasi dalam bentuk website, Anda bisa menggunakan platform gratisan seperti social media.

Setelah itu, Anda perlu menyediakan konten-konten yang informatif dan atraktif mengenai bisnis Anda untuk menarik perhatian konsumen potensial. Anda tentunya, juga harus memelihara update konten secara teratur dan konsisten untuk memastikan awareness mengenai produk dan jasa Anda tetap terjaga.

Digital marketing akan lebih efektif bila menggunakan gabungan dari berbagai platform media digital. Newsletter yang didistribusikan lewat email, konten di social media, dan search engine optimization (SEO), merupakan contoh-contoh media yang dapat menghasilkan lebih banyak traffic kunjungan ke website Anda yang harapannya dapat dikonversi ke dalam bentuk penjualan.

Perlukah beriklan dalam digital marketing?

Jawabannya PERLU! Terlebih jika bisnis Anda baru.

Analogi mudahnya seperti ini, contoh Anda memiliki suara yang sangat merdu tapi Anda hanya bernyanyi di kamar  mandi, atau jika percaya diri, Anda mulai upload diri Anda bernyanyi di YouTube. Namun di tengah berjuta-juta konten yang ada apakah Anda akan langsung ter-notice? Tentu tidak bukan? Yang mengetahui suara Anda bagus hanyalah keluarga Anda, atau teman kostan Anda yang setiap hari mendengarkan Anda bernyanyi di kamar mandi.

Sama juga dengan bisnis, Anda memiliki produk atau jasa yang sangat bagus, Anda menuliskan konten produk Anda di channel digital yang Anda miliki. Mungkin Anda akan mendapat traffic, namun sesekali,  dan sedikit. Tapi dengan beriklan, Anda akan menggapai jangkauan  yang lebih luas! Yup, reach dan impression sangat penting untuk Brand Awareness. Cara mudah untuk mendapatkan ini dengan beriklan.

Mendengar kata iklan pasti Anda sudah terbayang besarnya nilai investasi yang harus Anda keluarkan untuk ini. Berbeda dengan iklan di media konvensional seperti media cetak atau baliho, biaya yang Anda keluarkan untuk online advertising jauh lebih terjangkau. Bahkan dengan modal Rp 100 ribu Anda sudah bisa membeli paket iklan yang paling sederhana sekalipun. Di platform social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube, Anda dapat membeli paket iklan berbayar yang bisa Anda manfaatkan untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Anda bisa menentukan terlebih dahulu tujuan, target dan sasaran demografis serta anggaran beriklan Anda, penyedia iklan akan memberikan kepada Anda paket yang sangat custom sesuai objektif beriklan Anda. Dengan demikian, anggaran yang Anda keluarkan akan lebih efektif karena lebih tepat sasaran dan dapat diukur dengan baik.

Ketika beriklan di media cetak Anda tidak bisa dengan instan mendapatkan jumlah berapa orang yang telah melihat iklan Anda dan demografinya seperti apa. Namun, beriklan secara digital memungkinkan Anda mendapatkan laporan kinerja iklan dengan informasi yang lebih rinci.

Nah, dari penjelasan di atas setidaknya Anda kini paham garis besar digital marketing. Pertanyaan selanjutnya adalah apakah Anda mampu melakukannya sendiri atau membutuhkan tim khusus untuk melakukannya?

ChubbyRawit memiliki tim yang memberikan dukungan penuh untuk kebutuhan digital marketing Anda. Tinggalkan kontak Anda di kolom di bawah ini dan kami akan segera menghubungi Anda. Join the game with ChubbyRawit!