Paid Ads: Apa dan Mengapa Penting?

Paid Ads: Apa dan Mengapa Penting?
Anda pasti sering menemukan headline dengan tulisan “Ad” setiap kali Anda melakukan pencarian di Google bukan? Bila iya, berarti Anda sudah tidak asing dengan yang namanya paid ads.

Dalam dunia bisnis, iklan berperan penting dalam kesuksesan suatu bisnis. Anda mungkin memiliki produk atau layanan yang hebat, tetapi tanpa kemampuan untuk menunjukkan kepada orang lain, perusahaan atau produk Anda mungkin tidak akan eksis.

Sejak kemunculan internet, online ads atau paid ads telah mengubah industri periklanan. Iklan tidak lagi terbatas pada gambar yang ada di papan iklan atau koran. Iklan sekarang dapat disesuaikan untuk menarik individu pada tingkat yang jauh lebih dalam, menargetkan lokasi dan minat mereka secara spesifik. Dengan kemampuan seperti itu, tentu akan meningkatkan efektivitas dari online advertising.

Jika Anda terjun ke dunia bisnis online, kami yakin banyak yang menyarankan Anda untuk investasi pada paid ads, namun apakah itu paid ads? Dan apakah hasilnya sepadan dengan pengeluaran Anda? Semua akan di bahas di dalam artikel ini.

Apa itu Paid Ads?

Paid Ads atau iklan berbayar adalah iklan yang disediakan oleh beberapa penyedia network digital, dan Anda harus membayar ke penyedia tersebut.

Di ChubbyRawit, paid ads terdiri dari dua bentuk yaitu Google Ads dan Social Ads. Lebih mudahnya anda dapat melihat penjelasan di bawah ini.

View this post on Instagram

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, "Kira-kira mana ya yang lebih efektif? Google Ads atau Facebook Ads?" Jawaban kami, swipe 👈🏼 Yup semua tergantung kebutuhan, memang akan lebih bagus jika keduanya hehehe the more the merrier right? Tapi jika dana advertising terbatas, maka harus ditelaah lagi nih. Google dan Facebook ads memiliki keuntungan dan fungsinya sendiri yang cukup berbeda. Google Ads membantu bisnismu menemukan klien baru melalui keyword, sedangkan Facebook Ads membantu menemukan klien baru berdasarkan hal-hal yang mereka minati serta cara berperilaku. #AHItInEveryByte #DigitalMarketingAgency #CreativeAgency #pengusaha #pebisnis #pengusahamuda #pebisnismuda #FacebookAds #GoogleAds #GoogleAdwords

A post shared by ChubbyRawit | Digital Agency (@chubbyrawitid) on

Ada beberapa jenis campaign dalam paid ads, baik di Google maupun di Social Media, yaitu:

  • Pay-per-click
  • Pay -per-install
  • Pay-per-view
  • Pay-per-download
  • Pay-per-acquisition
  • Display ads
  • Video ads

Metode yang paling umum dari paid ads adalah pay-per-click (PPC), di mana Anda sebagai pengiklan membayar per klik (PPC) atau per-impression pada iklan. Semakin bagus campaign iklan Anda, maka semakin tinggi CTR atau click trough rate yang Anda dapatkan dan semakin besar peluang untuk mendapatkan leads atau pelanggan baru.

Baca juga Berkenalan Lebih Dekat Search Engine Marketing dan Mengenal GDN (Google Display Advertising)

Kemudian ada Social Ads, yang dimana content ads muncul di social media. Social ads merupakan salah satu cara ampuh untuk melakukan periklanan, karena Social ads menggunakan algoritme yang menentukan apa yang diminati para pengguna berdasarkan aktivitas di akun social media mereka, dilihat dari likes, share, dan comment.

Social ads merupakan cara yang paling baik untuk menargetkan segmen audiens yang mungkin tertarik dengan produk atau layanan Anda, berdasarkan serangkaian kriteria penargetan dari lokasi, umur, jenis kelamin, hobi, minat. Social media seperti Facebook, memiliki kemampuan penargetan yang canggih, yang berarti Anda dapat menyempurnakan kriteria penargetan Anda untuk menjangkau audiens yang spesifik dan berkualitas tinggi.

Baca juga Tips: Memilih Facebook Ads yang Terbaik untuk Bisnis Anda

Mengapa Paid Ads?

Campaign yang efisien memanfaatkan semua channel untuk memasang iklan. Meskipun paid ads, terkesan mahal, karena sangat bergantung pada kompetisi, seperti seberapa tinggi kompetisi keyword yang Anda gunakan, seberapa tinggi bidding dari kompetitor Anda yang menggunakan keyword dan interest yang sama, namun cara ini merupakan cara yang efektif untuk menyebarluaskan nama brand dan produk Anda secara masif kepada masyarakat. Namun, tetap, key message dari brand Anda lah yang utama.

Keuntungan Paid Ads

#1 Paid Ads Memberikan Hasil Lebih Baik daripada Organic Reach.

Dengan paid ads, konten Anda yang bertujuan untuk meningkatkan brand Anda dengan penargetan spesifik dan mendapatkan arahan yang lebih berkualitas akan lebih cepat tercapai. Jika situs Anda tidak berada pada halaman pertama Google untuk search query, maka paid ads memungkinkan Anda untuk menempatkan iklan untuk kata kunci dan mendatangkan traffic berkualitas tinggi ke situs Anda.

#2 Paid Ads Sangat Terjangkau atau Terukur

Saat menjalankan kampanye paid ads, Anda dapat menjangkau audiens yang sangat luas dan besar. Biaya yang terkait dengan paid ads akan tergantung pada tujuan atau jenis iklan yang dijalankan. Misalnya, jika sasarannya adalah traffic website maka Anda akan dikenakan PPC (biaya per klik), atau jika tujuannya adalah brand awareness, Anda akan dikenakan PPV (Biaya Per 1.000 Tayangan).

Selain itu, Anda juga dapat melacak uang yang telah dihabiskan untuk semua platform iklan berbayar dari Google, hingga Twitter, Facebook, dan iklan LinkedIn. Keuntungan lain adalah dengan paid ads dapat menetapkan anggaran harian serta total anggaran untuk kampanye sesuai dengan budget kampanye Anda.

#3 Adanya Penargetan Khusus

Paid targeting bisa sangat spesifik dan memungkinkan untuk menjangkau audiens yang relevan yang tertarik dengan brand dan menyesuaikan dengan demografi buyer persona Anda. Lihatlah analitik di semua platform digital Anda dan analisis audiens untuk mengidentifikasi faktor-faktor umum seperti kata kunci, lokasi, demografi, jabatan, minat, dan topik umum. Anda dapat menggunakan semua informasi ini untuk mempersempit penargetan kampanye untuk mendapatkan lead yang lebih berkualitas sehingga meningkatkan konversi.

Setelah audiens atau visitor datang ke website atau mengklik iklan, Anda dapat menjalankan kampanye penargetan ulang untuk terus melibatkan calon pelanggan yang telah menunjukkan minat pada produk atau layanan Anda. Dengan melakukan cara ini, Anda secara konstan berada di benak pelanggan potensial.

#4 Menyebarluaskan Pesan Lintas Platform

Saat ini, hampir semua platform social media telah menyediakan paid ads, yang meliputi: Google, Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, YouTube, Reddit.

Paid Ads merupakan salah satu cara untuk penjualan dan marketing Anda. Ada banyak platform, dan jenis campaign yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat menyesuaikan brand dan key messages dengan cara apa pun yang diinginkan dan secara konsisten menguji untuk melihat mana yang berhasil dan yang tidak.

Penasaran tentang paid ads lebih dalam lagi? Simak terus artikel kami selanjutnya atau subscribe blog ChubbyRawit agar tidak terlewatkan artikel-artikel terbaru lainnya seputar branding, digital marketing, online advertising dan social media!