Berkenalan Lebih Dekat Search Engine Marketing

Online bisinis tapi tidak investasi ke online advertising, bagai sebuah mall di pelosok, susah ditemukan, tanpa flyer, brosur, balon hello-hello penarik perhatian, dan marketing staff, intinya ya hanya jadi sebuah bangunan, tanpa pengunjung. Begitu pula dengan bisnis online mu.

Ada banyak jenis online advertising yang dapat Anda pilih, salah satunya adalah Google Ads, lauanan iklan yang disediakan oleh Google. Ada dua bentuk iklan Google, yaitu SEM atau Search Engine Marketing dan GDN atau Google Display Network. SEM dan GDN ini bertujuan untuk meningkatkan traffic dalam hal promosi dan pemasaran penjualan produk baik produk barang ataupun jasa. Lebih lengkapnya simak penjelasan di bawah ini.

Search Engine Marketing (SEM) 

Jika Anda bisa bahasa inggris, Anda sudah pasti sudah paham makna SEM, yup SEM adalah upaya pemasaran situs melalui mesin pencari untuk menawarkan layanan dan produk situs dengan menggunakan kata kunci/keywords.

Cara kerja dari search engine marketing ini adalah pemilik bisnis atau pemasang iklan memilih beberapa kata kunci (keyword) yang berkaitan dengan produk yang dijual. Sehingga saat orang atau calon pembeli potensial mencari keyword tersebut, mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian berbayar tersebut. Letaknya biasa di 2 baris paling atas dan 2 baris paling bawah.

SEM jika digunakan dengan baik dan benar, dapat membantu bisnis berkembang pesat karena Anda membuat iklan yang ditujukan kepada orang-orang yang sedang mencari keyword tersebut., oleh karena itu pemilihan keyword sangat penting. Proses pembuatan dan pemasang iklan pada Google Adwords pun tergolong sangat cepat, dan hasilnya bisa Anda lihat setelah iklan Anda berhasil tayang. 

Secara teknis, pembayaran Search Engine Marketing umumnya dilakukan dengan cara pay per click atau dengan ketentuan durasi waktu iklan. Hasil SEM akan dengan cepat terlihat dari pemilihan keyword yang tepat dan berapa besar dana yang dialokasikan.

Contoh SEM, GDN dan SEO. Untuk GDN & SEO akan dibahas di artikel terpisah.

Mengapa Harus Search Engine Marketing?

Ada empat alasan mengapa harus mempertimbangkan search engine marketing sebagai cara untuk mempromosikan website atau bisnis Anda.

#1 Meningkatkan Konversi

SEM ditujukan untuk menarik minat orang terhadap bisnis kita dengan menggunakan keyword relevan, oleh karena itu sudah pasti orang tersebut memiliki intensi pembelian yang tinggi, sehingga traffic yang didatangkan ke website adalah para pengunjung yang memang sudah berniat untuk membeli produk atau layanan Anda.

#2 Meningkatkan Brand Awareness

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Google, penggunaan search engine marketing dapat meningkatkan brand awareness hingga 80 persen. Meskipun iklan yang muncul di SERP tidak diklik, namun pengguna internet tetap bisa melihat iklan tersebut di hasil pencarian dan berpotensi membuat brand atau produk Anda diingat saat mencari keyword yang serupa ataupun saat mencari kompetitor Anda. 

#3 Biaya Terjangkau Sesuai Budget

Siapa bilang pasang iklan di Google itu mahal? Tapi kenyataannya masih banyak orang berpikir bahwa memasang iklan atau menerapkan SEM itu mahal. Padahal, Anda bisa menyesuaikan biaya iklan di Google sesuai dengan budget yang Anda sediakan. Anda juga bebas memilih paket yang termurah hingga termahal serta bisa menggeser estimasi biaya sesuai kebutuhan Anda.

Analoginya seperti ini, Rp 1 M untuk sebuah billboard dengan masa tayang hanya 3 bulan. Dengan SEM Anda bisa mengivestasian 1M tersebut dalam waktu sampai satu tahun misalnya dan tentunya mendapatkan traffic yang pasti dan berbagai tipe campaign sesuai objective Anda.

#4 Menjangkau Target Pelanggan Lokal

Menggunakan SEM akan memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens yang berlokasi dekat dengan Anda. Jika Anda memiliki offline store alias toko fisik, SEM adalah langkah tepat untuk mengiklankan bisnis atau layanan Anda ke penduduk lokal. Misalnya, Anda bisa menargetkan kata kunci seperti “restoran di surabaya”, “laundry di Jakarta Barat”, atau “toko elektronik di yogyakarta”. Dengan penargetan lokal ini maka potensi untuk konversi dan web traffic juga lebih tinggi.

Untuk menjalankan search engine marketing ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Beberapa diantaranya adalah:

  • Memilih Keyword

Keyword adalah aspek penting agar website dapat dipromosikan dengan maksimal. Pastikan untuk memilih dan mempergunakan keyword yang tepat, spesifik dan sesuai dengan website atau produk yang diiklankan sehingga akan memberi kemudahan untuk menampilkan iklan pada mesin pencarian. Anda bisa menggunakan beberapa tools seperti keyword.io, google keyword untuk membantu Anda dalam menentukan keyword.

  • Membuat Konten Iklan atau Ad Text

Tak hanya keyword, membuat konten iklan pun harus dilakukan secara cermat karena adanya keterbatasan jumlah teks dalam iklan. Untuk itu, buatlah iklan dengan teks yang efektif namun tetap atraktif dengan gambar yang sesuai dengan website atau produk promosi agar pengunjung tertarik dengan iklan Anda

  • Biaya per klik

Setiap klik iklan memiliki harga yang harus dibayar. Oleh sebab itu, sebelum memasang iklan pastikan untuk memperhitungkan dengan tepat dan efektif berapa biaya per klik yang tepat dan sesuai dengan budget iklan Anda.

Meskipun berbayar, namun dengan search engine marketing akan memudahkan Anda untuk menggapai target market Anda dengan cepat dan sesuai, karena target pemasarannya dapat dibidik secara fokus. Sehingga peluang untuk meningkatkan akses pengunjung ke website serta konversi ke penjualan produk pun akan lebih besar. 

Lalu, bagaimana dengan jenis iklan Google lainnya? Perlukah saya investasi dan menggunakannya dalam strategi digital marketing saya? Well, ikuti artikel kami selanjutnya dan Subscribe blog ChubbyRawit  agar Anda tidak terlewatkan artikel-artikel terbaru seputar branding, digital marketing dan social media.