Ini Dia Jenis Campaign Pada SEM dan GDN. Mana yang Tepat bagi Bisnis Anda?

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang SEM danGDN dalam digital marketing. Nah, di artikel ini kita akan mengulik lebih dalam lagi tentang jenis-jenis campaign dalam SEM dan GDN. Jenis campaign pada SEM dan GDN diantaranya adalah: 

Search Network with Display Select

Tipe campaign yang pertama ini sangat disarankan bagi para pengiklan yang baru menggunakan jasa pengiklanan Google AdWords untuk pertama kalinya. Dengan iklan teks bertarget keyword akan ditampilkan di jaringan pencarian Google. Tak hanya teks, jenis iklan ini juga mencakup gambar, multimedia, maupun video.

Search Network Only

Dengan campaign ini, iklan dapat ditampilkan di sebelah hasil penelusuran di seluruh Search Network Google. Cara kerja campaign ini adalah dengan mencocokan laman hasil penelusuran berdasarkan istilah atau frasa yang sedang ditelusuri seseorang. Manfaat dari penggunaan jenis iklan ini adalah memudahkan pengiklan secara cepat dalam mengelola iklan serta dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan potensial yang sedang melakukan pencarian menggunakan Search Engine Google.

Display Network Only

Sesuai dengan namanya, campaign jenis ini memungkinkan iklan untuk dapat ditampilkan di seluruh Google Display Network, yang terdiri atas jutaan lebih penempatan yang berbeda yang bermitra dengan Google. Cara kerjanya adalah dengan mencocokkan situs dan penempatan iklan lainnya. Pastikan keyword yang dipilih berkaitan dengan konten pada website atau minat pengguna yang akan menjelajahi website tersebut. Manfaat dari memilih campaign tipe ini adalah pengiklan dapat memamerkan produk atau layanan yang disediakan secara visual baik berupa gambar statis ataupun interaktif serta iklan animasi dalam format .gif dan flash.

Video

Jenis kampanye video merupakan iklan berbentuk video secara mandiri atau dalam konten streaming video di YouTube dan seluruh Google Display Network. Dengan kampanye jenis ini memungkinkan untuk menjangkau orang yang mengunjungi situs Anda serta menjangkau orang yang menonton video pada Youtube dan diarahkan ke website Anda.

Shopping

Campaign jenis shopping ditujukan pada para pemilik toko atau ritel. Anda dapat menggunakan jenis kampanye ini untuk mempromosikan usaha toko baik toko online maupun toko offline. Selain itu, campaign jenis Shopping ini juga dapat meningkatkan traffic ke situs atau bahkan mengunjungi toko Anda dengan mempertemukan prospek yang berkualitas. Dengan iklan ini, Anda akan berada di mesin pencari Google dan memberi peluang besar bagi calon pelanggan potensial Anda untuk dapat melihat usaha apa yang Anda tawarkan.

Aplikasi Universal

Campaign jenis aplikasi universal biasanya dimanfaatkan oleh para pembuat aplikasi Android serta iOS. Dengan jenis campaign ini dapat digunakan sebagai sarana promosi aplikasi Android atau iOS Anda di berbagai properti unggulan Google termasuk Penelusuran, Play, YouTube, dan Google Display Network.

Baca juga Mengapa Harus Berinvestasi pada Google Ads

Nah itulah tipe-tipe kampanye pada SEM dan GDN. Anda bisa memilihnya sesuai dengan usaha yang Anda tawarkan serta goal yang ingin Anda capai. Jangan lupa untuk melakukan riset dan mengumpulkan data tentang strategi mana yang paling cocok dan efektif untuk bisnis Anda. 

Mau tahu lebih banyak informasi dan tips tentang online ads atau digital marketing lainnya? Segera subscribe blog ChubbyRawit agar Anda tak terlewat artikel dan informasi terbaru seputar social media management, digital marketing, paid ads serta branding.