Berkenalan dengan Fitur Chat Terbaru Instagram 

Cara memakai Fitur Chat Instagram StoriesSaat ini, Instagram menjadi aplikasi social media paling hits dan digemari selain Facebook. Dalam riset Indonesia Social Media Trend Semester 1 tahun 2019 yang dilakukan oleh Jakpat, Instagram menduduki posisi ketiga setelah Facebook dan Youtube. Hal ini dilatarbelakangi karena selain menjadi media berbagi konten dalam bentuk video maupun foto, Instagram juga tak pelit dalam melakukan inovasi yang menyenangkan pengguna. Mulai dari fitur Instagram Story, polling, IGTV, countdown, quiz hingga yang terbaru adalah fitur chat dalam Instagram Story. Fitur yang baru diluncurkan sekitar bulan Mei lalu memungkinkan Anda untuk melakukan diskusi melalui chat atau group chat dalam Instagram Story.

Fitur ini sebenarnya seperti melakukan group chat melalui Direct Messages. Lalu apa bedanya? Untuk bisa bergabung dalam group chat Instagram Story ini followers harus tap sticker ‘Join Chat’. Selanjutnya, administrator atau pengelola akun akan memutuskan apakah akan menerima followers untuk bergabung atau menolaknya. Jika diterima, followers akan langsung bergabung dan bisa ikut berdiskusi dalam group chat room. Dengan kata lain, Anda bisa memilih followers yang dapat bergabung atau tidak dalam obrolan. 

Sepertinya Instagram saat ini lebih menekankan pada fitur olahpesan, dimana lebih dari 50% pengguna aplikasi menggunakan Instagram Direct. Bahkan, Instagram Direct juga telah terbukti menjadi pendorong kuat engagement dan koneksi pada Instagram, dengan sekitar 85% pesan dibagikan melalui Instagram oleh setidaknya tiga orang.

Mengapa Harus Mencoba?

Anda mungkin penasaran, apakah fitur chat pada Instagram Story ini bisa dapat diplikasikan untuk bisnis? Tentu saja bisa! Bahkan, dengan fitur terbaru ini disebut berpotensi untuk meningkatkan engagement dan koneksi komunitas yang lebih kuat dengan berbagi konten eksklusif dan kesempatan diskusi. Setidaknya, menyamai kesuksesan Instagram Direct.

Tapi, apa saja yang bisa dimanfaatkan oleh brand atau bisnis dengan adanya fitur terbaru ini? Dalam video promosinya, Instagram menunjukkan opsi stiker chat yang digunakan untuk merencanakan pesta dan membuat kelompok belajar.

 

Selain itu, ada beberapa ide kreatif yang bisa Anda gunakan dengan stiker join chat ini, diantaranya:

  1. Berbagi tautan atau link seperti posting blog baru, website, video YouTube, atau landing page
  2. Penawaran eksklusif (exclusive deals)
  3. Penawaran terbatas (limited offers)
  4. Pre-order produk atau layanan
  5. Undangan event atau RSVP seperti ulang tahun, konferensi, workshop
  6. Focus group discussion atau Q&A
  7. Kelas, workshop atau diskusi terbatas

Tutorial Instagram Story Chat Sticker

Lalu, bagaimana cara menggunakan fitur ini? Tenang… Simak langkah-langkah berikut ini

#1 Di halaman story, pilih icon sticker

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#2 Pilih ‘Chat’ sticker

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#3 Berikan nama atau judul pada group chat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#4 Pilih warna untuk ‘Chat Sticker’ sesuai selera atau color identity brand Anda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#5 Posting Insta Story

#6 Beri waktu followers untuk bergabung

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#7 Swipe up untuk melihat siapa saja yang tertarik untuk bergabung

#8 Tambahkan followers dalam Instagram chat. Anda memiliki dua opsi:

  • Tambahkan semua orang yang ingin bergabung dalam group chat (centang pada checklist di Bagian kanan atas).
  • Hanya pilih beberapa orang tertentu (centang pada sebelah nama followers)

#9 Pilih ‘Start Chat’ setelah Anda memilih followers untuk bergabung dalam group chat

Setiap followers atau orang yang telah Anda pilih akan mendapatkan notifikasi pada Direct Messages. Namun, followers ini pun memiliki kesempatan untuk meninggalkan chat kapan pun mereka mau.

Mudah sekali kan? Nah, apakah Anda sudah siap memanfaatkan fitur terbaru Instagram ini untuk brand Anda? Tak ada salahnya segera berdiskusi dengan tim internal untuk mempersiapkan ide chat yang kreatif dan atraktif dari sekarang agar tak tertinggal.

Selamat mencoba!