Mengenal GDN (Google Display Advertising)

Setelah membahas secara mendalam tentang search engine marketing di artikel sebelumnya, kali ini kami akan mengulas tentang Google Display Network.

Google Display Network (GDN)

GDN merupakan singkatan dari Google Display Network yang merupakan sekumpulan atau jaringan website yang berpartner dengan Google. Jaringan website yang bermitra dengan Google ini disebut sebagai publisher Google. Beberapa contoh publisher Google adalah situs berita seperti Kompas, Detik, Republika, dan lain sebagainya. Lalu ada pula situs online games, web feeds, video serta properti milik Google sendiri seperti GMail dan Youtube. Jaringan atau yang sistem yang kuat ini, akan memungkinkan untuk menampilkan iklan Anda di lebih dari 2 juta website dan 90 persen pengguna internet sesuai dengan yang Anda targetkan.

Keberadaan GDN merupakan sarana atau alat yang sangat baik untuk mencapai pelanggan di tempat yang tepat dan waktu yang tepat. Selain itu, secara tidak langsung juga dapat menarik perhatian pelanggan di luar mesin pencarian Google 

Mempergunakan GDN akan memberikan Anda kesempatan untuk membuat iklan dalam bentuk teks, gambar dan video interaktif. Nantinya, iklan ini bisa ditampilkan di website yang sesuai atau relevan dengan bisnis yang Anda geluti. Seperti halnya bisnis yang selalu memiliki target market tersendiri, GDN pun menyediakan beberapa layanan penargetan sesuai dengan target iklan. Ada lima opsi  penargetan yang bisa dipilih, yaitu:

  • Keyword Targeting 

Keyword targeting memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan kepada pengguna di seluruh jaringan GDN. Anda juga bisa dengan mudah mengukur performa setiap keyword dan melakukan perubahan sesuai dengan kebutuhan. Karena GDN menggunakan broad match, ada baiknya untuk mempergunakan keyword yang relevan dan tidak berlebihan.

  • Placement Targeting

Placement targeting memungkinkan Anda untuk bisa meletakkan iklan di semua website atau halaman spesifik website, aplikasi, games atau video. Dengan layanan ini, Anda dapat menggunakan beberapa penargetan lokasi diantaranya lokasi otomatis, lokasi tertentu dan lokasi negatif (pengecualian). Targeting ini sangat menguntungkan bagi pelaku bisnis yang menginginkan sistem marketing yang efektif karena iklan yang ditempatkan sesuai dengan target market Anda dari segi geografis.

  • Topic Targeting 

Topic targeting akan membantu Anda memilih topik yang spesifik dan Google akan menampilkan iklan Anda hanya ke situs yang relevan dengan topik pilihan Anda. Cara ini adalah cara terbaik untuk memperluas jangkauan Anda di situs yang sesuai dengan target Anda.

  • Interest Targeting

Daftar kategori interest sedikit mirip dengan daftar topik, namun berbeda. Penargetan interest memungkinkan pengiklan menargetkan pengguna, bukan konten halaman, ini berarti bahwa pengguna mungkin melihat iklan Anda di halaman apapun. Contoh: Produk Anda susu, Anda mentargerkan ke interest parenting, maka target Anda akan melihat iklan Anda di mana saja (tidak hanya di halaman parenting atau wanita, dll, asalkan iklan itu ada di situs dalam GDN.

  • Remarketing

Opsi targeting ini akan memberikan kemudahan untuk menjangkau pelanggan yang tepat dengan iklan yang tepat. Remarketing membuat pengunjung yang telah mengunjungi website, baik yang sudah membeli maupun yang belum untuk kembali mengunjungi bisnis Anda dan menjadi pelanggan tetap.

Targeting ini sangat bagus jika objective Anda adalah conversion. Namun, Anda perlu memenuhi beberapa persyaratan untuk dapat menjalanka iklan ini, 2 hal yang oenting adalah Google tag dan analitik untuk merekam cookies dan setidaknya 100 user/member list.

Sedangkan untuk materi iklan, Anda perlu lebih kreatif, terlebih jika Anda remarketing untuk pengunjung yang telah melakukan pembelian. Jangan sampai Anda menunjukkan materi iklan yang sama ke orang yang sama. Contoh: pengunjung tersebut telah membeli laptop, maka jangan tunjukkan iklan/display laptop lagi kepadanya, namun tunjukkanlah iklan tas laptop atau pendamping laptop lainnya.

Kita akan membahas Remarketing lebih mendalam di artikel ke depannya.

  • Geographic, Language dan Demographic Targeting.

Opsi ini memungkinkan untuk menampilkan iklan Anda berdasarkan regional, bahasa, umur atau jenis kelamin. Dengan penargetan seperti  ini, Anda bisa mengatur budget iklan hanya kepada orang-orang yang benar – benar tertarik dengan bisnis Anda.

Mengapa Harus Google Display Network?

Dalam bisnis, Anda pasti selalu ingin tahu tentang ROI atau return of investment dari setiap aktivitas marketing. Dengan GDN Anda bisa mengukur performance campaign, mengatur budget dan menganalisa hasilnya. Adanya fitur insight di dalamnya membuat Anda pun bisa melacak dan memantau engagement serta mengukur keberhasilan kampanye Anda. 

Tak hanya itu saja, dengan memanfaatkan GDN akan membantu Anda untuk mendapatkan pelanggan baru, memilih website yang spesifik untuk menampilkan iklan Anda dan terhubung dengan pelanggan melalui iklan yang menarik. Secara tidak langsung, GDN akan meningkatkan awareness serta meningkatkan penjualan dengan meletakkan iklan di hadapan orang yang memang sudah tertarik dengan bisnis atau produk/layanan Anda. 

Agar strategi digital marketing dapat berjalan mulus, mengetahui advertising tools adalah hal yang wajib. Dengan mengetahui hal ini Anda dapat mengoptimalkan kegiatan bisnis Anda dengan memasang iklan di internet sesuai dengan target market bisnis Anda dengan tepat.

Menggabungkan antara SEM dan GDN adalah pilihan yang cerdas sekaligus tepat karena akan menghasilkan hasil yang maksimal dengan teknik dan hasil yang berbeda. Jika Anda masih ragu, belum paham, tidak memiliki waktu untuk melakukan ini, atau ingin menyerahkannya kepada yang ahli, maka Anda dapat menhubungi kami. ChubbyRawit, selaku creative digital marketing agency akan membantu Anda untuk mengiklankan produk atau jasa Anda melalui Google. Bukan hanya membantu setup saja, kami juga akan membantu membuatkan materi kreatif dan melaporkan hasil iklan setiap bulannya. Hubungi kami untuk berkonsultasi secara langsung.