Mengapa Harus Berinvestasi pada Google Ads 

7alasan berinvestasi pada goole ads

Bicara tentang online ads, tentu tidak bisa dilepaskan dengan keberadaan Google Ads selain social ads. Dengan Google Ads akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan pelanggan potensial yang berkualitas yang memang berminat dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. 

Cara kerja Google Ads adalah saat seseorang mengetikkan kata tertentu di halaman pencarian, Google akan menyajikan iklan maupun situs yang relevan dengan apa yang dicari. Tak dapat dimungkiri bahwa dunia bisnis kian sadar kegunaan dari Google Ads untuk mendatangkan traffic ke situs, memasarkan produk hingga konversi ke penjualan. 

Ada tujuh alasan mengapa harus mulai melirik Google Ads dalam strategi digital marketing Anda. Apa saja? Simak penjelasannya lebih dalam dengan membaca artikel ini sampai habis.

Menjangkau konsumen yang memang membutuhkan 

Bisnis apa pun, seberapa pun besarnya pasti ingin berada di halaman pertama Google. Termasuk Anda bukan? Berada di halaman pertama Google pastinya sangat menguntungkan bagi bisnis. Bayangkan berapa besar potensi untuk terlihat oleh calon konsumen pada waktu yang tepat saat mereka mencari informasi, produk, layanan, penawaran, atau lokasi Anda? 

Dengan Google Ads Anda dapat bersaing di level yang sama, tidak peduli berapa lama pengalaman dan keahlian Anda. Google Ads memungkinkan untuk membuat pesan dilihat oleh target market Anda, tepat ketika mereka sedang mencari produk, layanan, atau penawaran spesifik Anda.

Kemampuan menjangkau pelanggan lokal

Yang menarik dari Google Ads adalah adanya opsi penargetan lokasi. Jadi bila Anda memiliki bisnis berbasis lokal, perusahaan regional, atau bahkan situs e-commerce dengan batasan pengiriman negara, Anda dapat melakukan geotargeting agar dilihat oleh konsumen Anda.

Google Ads memungkinkan Anda untuk dengan mudah menargetkan negara, wilayah dalam suatu negara, dan penargetan radius. Bahkan Anda juga dapat mengecualikan lokasi. Selain itu, Anda juga dapat menargetkan berdasarkan demografi berbasis geografis seperti tingkat pendapatan. Jadi, jika Anda menjual barang-barang mewah, Anda dapat menargetkan penghasilan 10% teratas di daerah yang Anda tentukan. Menarik bukan?

Menargetkan pencarian yang sangat spesifik

Keyword! Keyword adalah salah satu hal yang penting dalam Google Ads. Semakin tertarget keyword Anda maka akan semakin baik Google akan memberi peringkat iklan Anda. Dengan demikian, Anda juga akan menjangkau lebih banyak konsumen serta calon konsumen. Jika Anda menggunakan Google Ads secara langsung, pastikan untuk meneliti keyword yang disarankan untuk setiap grup iklan yang Anda buat. 

Beberapa Google Ads publisher menawarkan jasa untuk memilih kata kunci yang paling dioptimalkan dan ditargetkan untuk kampanye grup ads Anda. Oleh sebab itu, selalu berpikir seperti pelanggan Anda dengan kata lain ‘always put yourself on customer shoes’, dan pilih kata-kata yang mereka cari. Anda dapat mengatur keyword yang berbeda untuk setiap kampanye grup iklan Anda. Dan Anda dapat mengubah keyword kapan saja untuk terus mengoptimalkan jangkauan.

Memudahkan untuk Mendapatkan Hasil yang Terukur

macam-macam campaign Google Ads

Yang menyenangkan dari Google Ads adalah karena banyaknya opsi yang dapat disesuaikan untuk melacak dan mengukur semua kampanye Anda dalam satu dasbor. Anda bisa menetapkan dan melacak ROI untuk tujuan berikut ini:

  • Traffic situs
  • Brand awareness
  • Penjualan dan konversi (sales and conversion)

Selain itu, dalam Google Ads Anda juga dapat melihat metrik berikut ini untuk mengukur kinerja iklan Anda seperti:

  • Keyword yang berkinerja terbaik
  • Headline yang mendapatkan click-through-rate (CTR) terbaik
  • Waktu terbaik untuk penayangan iklan 

Dengan fitur ini, Anda memiliki kebebasan untuk membuat laporan kampanye iklan Anda, mau sederhana atau rumit Anda yang tentukan. Anda pun bisa menghubungkan situs Anda dengan Google Analytics untuk kinerja situs terutama halaman mana yang mendatangkan traffic terbaik bagi situs Anda.

Kebebasan mengatur bujet sendiri

Dengan Google Ads, Anda dapat menetapkan anggaran untuk setiap iklan yang dijalankan – dan dapat mengubahnya kapan pun Anda mau. Jika sebuah iklan berkinerja sangat baik, Anda dapat menambah bujet iklan untuk meningkatkan kinerja kampanye Anda. Namun jika kinerjanya buruk dengan impresi dan clickthrough rendah, Anda dapat mengurangi pengeluaran iklan atau bahkan menghentikannya. Semudah dan sesederhana itu!

Dapat menjalankan beberapa kampanye sekaligus

Anda bisa menjalankan beberapa kampanye iklan yang berbeda bersamaan dengan Google Ads. Sebagai contoh Anda memiliki bisnis event planner dan ingin memasarkan layanan Anda untuk wedding planner, acara korporasi dan penggalangan dana. Anda dapat mengatur tiga marketing campaign yang berbeda –  untuk setiap layanan yang Anda targetkan menggunakan Google Ads.

Anda hanya harus mengatur beberapa grup iklan untuk setiap kampanye. Dan dalam grup iklan ini, Anda dapat menargetkan dengan kata kunci yang berbeda. 

Sebagai contoh: 

Dalam campaign wedding planner, siapkan tiga grup iklan untuk menargetkan:

  1. Gaun pengantin – dan keyword terkait
  2. Tujuan bulan madu – dan keyword terkait
  3. Pengacara pra-pernikahan (pre-nuptial) — dan keyword terkait

Selanjutnya Anda dapat membuat dua iklan untuk setiap grup iklan sehingga Anda dapat melakukan A/B testing untuk menemukan iklan mana yang berkinerja terbaik.

Fitur retargeting untuk mengikuti pelanggan Anda

Dengan Google Ads, jika pelanggan yang tertarik telah mengunjungi situs Anda, mereka akan mendapatkan cookie dari kode yang Anda masukkan di backend situs Anda. Ketika mereka meninggalkan situs, Anda dapat menargetkan iklan untuk mengikuti mereka browsing di situs apapun dengan Google Network Display, atau Google Search.

Walaupun ini artinya ada pengeluaran ekstra, tapi sejauh ini cara ini cukup bekerja dengan baik untuk meningkatkan penjualan. Awalnya, orang-orang ini sudah mulai tertarik dengan mengunjungi situs Anda. Lalu, Anda masih dapat dilihat oleh mereka lagi dimanapun mereka browsing internet selama GDN berada, hingga akhirnya mereka pun memutuskan untuk berbelanja atau menghubungi Anda.

Bagaimana? Sudah mulai kebayang cara kerja Google Ads? Penjabaran di atas adalah alasan mengapa Anda harus berinvestasi pada Google Ads. Namun, tahukah Anda? Harga per klik Google Ads dapat ditekan dengan relevansi. Dan, jika berbicara tentang relevansi sudah pasti kata kunci dan konten jawabannya. That’s why banyak yang berkata SEM dan SEO bagai suami istri yang membangun bisnis bersama. Well, kita akan bahas mengenai SEO di lain artikel ya.

Ok, apakah sekarang Anda mulai tertarik untuk berinvestasi ke Google Ads, tapi tak punya resource untuk mengerjakannya atau malah masih ragu-ragu? Jangan cemas! Ungkapkan keraguan Anda kepada ChubbyRawit, creative digital marketing agency di Jakarta. Isi contact form ini dan konsultan kami akan segera menghubungi serta membantu Anda!