Tips: Memilih Facebook Ads yang Terbaik untuk Bisnis Anda (Bagian #1)

Siapa yang tidak mengenal Facebook saat ini? Jejaring sosial asal Amerika Serikat ini bahkan menduduki peringkat dua sebagai platform social media paling aktif tahun 2018 versi We Are Social. Apalagi di sisi user atau pengguna yang jumlahnya tidak bisa dianggap remeh.

Di Indonesia saja, ada lebih dari 130 juta orang yang menggunakan Facebook setiap bulan. Belum lagi di dunia yang telah mencapai 2,17 miliar orang pengguna aktif Facebook tiap bulan. Dengan begitu banyaknya pengguna aktif, Facebook menjadi salah satu target pengiklan alias pemilik brand atau bisnis yang ingin menjangkau pemirsa baru di tempat di mana orang menghabiskan banyak waktunya.

Platform bisnis Facebook telah berkembang menjadi lebih dan lebih canggih, memberi lebih banyak pilihan kepada pemasang iklan untuk menjangkau khalayak baru dan mengarahkan kembali pengunjung situs sebelumnya ke brand atau produk mereka. Namun, dengan begitu banyaknya pilihan yang berbeda, sulit bagi pengiklan untuk mengetahui jenis Facebook Ads mana yang terbaik untuk tujuan kampanye mereka.

Baja juga Apa itu Online Advertising? (Bagian #1)

Untuk itu, Anda wajib menyimak artikel berikut karena Anda akan menelusuri setiap jenis Facebook Ads yang berbeda dan membantu Anda mengetahui iklan mana yang harus dijalankan untuk berbagai sasaran kampanye. Sebelum bicara lebih jauh, Anda terlebih dahulu harus menentukan tujuan kampanye Anda.

Facebook sudah memiliki pengaturan tujuan kampanye yang sesuai dengan sejumlah tujuan pemasaran yang berbeda dan kemungkinan akan dapat memberi Anda apa yang Anda butuhkan. Secara singkatnya, Facebook memecah tujuannya menjadi tiga tahap yang memetakan buyer’s journey pelanggan Anda yaitu awareness, consideration, dan conversion.

Macam-macam Iklan Facebook

#1. Awareness Campaign

Tujuan dari awareness campaign Facebook Ads ini adalah untuk meningkatkan visibilitas halaman bisnis Facebook Anda. Kampanye ini hanya khusus untuk meningkatkan visibilitas dan paparan konten Facebook, memperluas bisnis Anda atau hanya untuk mendapatkan kesan dari pengguna Facebook yang saat ini tidak mengikuti atau menyukai bisnis Anda. Ada beberapa pilihan yang meliputi:

  • Reach

Tujuan iklan ini berfokus pada menjangkau khalayak terbesar dengan anggaran yang ada dan juga memungkinkan Anda mengontrol seberapa sering iklan Anda ditampilkan. Dengan memaksimalkan paparan dan impresi terhadap iklan Anda, Anda dapat dengan cepat menampilkan iklan Anda sebanyak mungkin kepada target pemirsa Anda. Jika tujuan Anda adalah memaksimalkan paparan brand Anda, maka iklan ini bisa menjadi pilihan Anda

  • Brand Awareness

Iklan ini berfokus pada menjangkau orang-orang yang cenderung tertarik dengan iklan Anda. Hal ini dilakukan dengan mengoptimalkan kampanye Anda untuk menargetkan orang-orang yang kemungkinan besar meluangkan waktu untuk melihat dan terlibat dengan iklan Anda – dengan demikian memaksimalkan brand awareness Anda. Bila tujuan kampanye Anda adalah untuk meningkatkan brand awareness maka iklan ini cocok untuk Anda gunakan.

#2. Consideration Campaign

Pada tahap kampanye ini berfokus pada tahap saat seseorang akhirnya mengambil langkah selanjutnya dan melakukan tindakan tertentu. Tindakan ini dapat mencakup mengunjungi situs Anda, memasang aplikasi, mendownload konten atau RSVP ke sebuah acara dan biasanya mengharuskan mereka meninggalkan alamat email. Pilihannya adalah berikut ini:

  • Mengunjungi Website

Iklan ini serupa dengan Google Ads atau banner ads yang kerap Anda lihat saat browsing di internet. Dengan iklan ini akan mengarahkan pengguna ke laman yang ditetapkan khusus untuk kampanye yang Anda jalankan, ke halaman produk, atau bahkan hanya ke beranda Anda. Pilihannya ada di tangan Anda. Untuk itu, Anda harus memikirkan tindakan yang diinginkan yang akan diambil pengguna saat mereka berkunjung di situs Anda.

  • Install Aplikasi

Iklan ini cocok bila Anda sebagai pemilik brand atau produk dan memiliki aplikasi yang bisa diinstal. Tujuan iklan ini adalah mendorong pengguna memasang aplikasi, yang keberhasilannya diukur dengan jumlah instalasi aplikasi untuk brand atau produk Anda.

  • Menarik Kehadiran Event

Facebook tidak dapat digunakan untuk mengarahkan kehadiran acara secara langsung, namun dapat membantu mendapatkan RSVPs. Dan, mereka yang RSVP akan menerima pemberitahuan dari brand Anda setiap kali Anda memperbarui sesuatu dalam grup atau halaman bisnis Anda.

  • Video View

Video view bertujuan untuk menjangkau orang-orang yang akan melihat video Anda. Sehingga memungkinkan Anda untuk membuat kampanye yang menceritakan tentang brand Anda melalui video Instagram atau Facebook. Oleh karenanya, penting untuk memastikan Anda memiliki strategi video marketing yang bagus, karena Facebook dan Instagram akan memutar video secara otomatis.

  • Mengumpulkan Lead

Tujuan leads generation adalah memberikan kesempatan untuk menjalankan iklan di mana orang mengirimkan informasi mereka secara langsung melalui Facebook. Dengan opsi ini, Anda dapat mendorong pengguna untuk mengunduh konten, sign up untuk mendapatkan diskon, atau aktivitas lainnya.

Kampanye Anda akan dioptimalkan terhadap audiens yang bersedia memberikan informasi sesuai dengan command Anda. Yang harus Anda tahu, jenis kampanye ini mengharuskan Anda memiliki daya tarik atau magnet untuk menarik leads sehingga audiens cukup mempercayai Anda untuk menyampaikan informasinya melalui Facebook. Misalnya, setelah sign up pada Facebook Page Anda, audiens akan mendapatkan kode kupon yang bisa diredeem untuk membeli produk atau layanan Anda. Kampanye ini paling efektif untuk audiens yang sudah mengetahui brand Anda dengan baik.

Pembahasan tahap terakhir atau conversion campaign bisa Anda dapatkan pada artikel selanjutnya. Agar tidak terlewatkan artikel-artikel terbaru seputar digital marketing dan social media, jangan lupa untuk subscribe blog ChubbyRawit ya.