Apa itu Online Advertising? (Bagian #1)

Online Advertising __ Online Advertising

Memulai sebuah bisnis adalah petualangan yang luar biasa! Ya, karena selain Anda bekerja untuk diri sendiri, Anda juga sekaligus mengendalikan masa depan Anda dan karyawan Anda. Tantangannya pun luar biasa! Anda dituntut untuk menghasilkan keuntungan atas sesuatu yang Anda kerjakan dengan sepenuh hati karena Anda menyukainya. Hal ini yang membuat kewirausahaan menjadi sebuah pilihan yang sangat menarik. Dan beruntungnya Anda, dengan keberadaan internet mempermudah untuk menyebarkan berita tentang bisnis atau brand Anda kepada khalayak yang menjadi target Anda.

Di era digital sekarang, internet menjadi salah satu tools iklan yang bagus bagi bisnis atau yang dikenal dengan online advertising. Dua puluh tahun yang lalu, online advertising hanyalah sebuah banner yang ditempatkan secara mencolok di sebuah website atau disebut banner ads. Namun sekarang, online advertising berkembang sangat pesat, dengan berbagai jenis online advertising yang dibuat berdasarkan target audiens, konten website, hingga ajakan bertindak (call to action). Tapi sebelum mengenal berbagai bentuk online advertising, ada baiknya kita lihat definisinya.

Online advertising adalah sebuah bentuk pemasaran periklanan yang menggunakan internet untuk menyampaikan pesan pemasaran dan promosi kepada konsumen. Mulai dari banner ads, Search Engine Marketing (SEM), iklan di jejaring sosial, email marketing, sampai ke iklan baris online. Online advertising merupakan salah satu cara yang paling cepat berkembang untuk menjangkau audiens atau target Anda.

Baca juga Mengapa Harus Online Marketing

Nah, hal pertama yang perlu Anda ketahui saat mempertimbangkan menggunakan internet sebagai media online advertising, adalah jenis online advertising apa yang Anda inginkan. Walaupun memang tidak ada tuntutan untuk menguasai seluk beluk online advertising ini, karena toh Anda sebenarnya dapat meng-hire digital marketing agency agar strategi digital marketing Anda dapat berjalan dengan sukses. Tapi tidak ada salahnya, ada memahami jenis online advertising ini sebelum memutuskan untuk memanfaatkannya. Berikut adalah jenis online advertising yang bisa Anda pergunakan untuk mendorong bisnis Anda.

#1. Facebook Ads

Photo by Google

 

Mungkin Anda sering melihat Facebook Ads, atau bahkan pernah beriklan di Facebook Ads. Berdasarkan studi eMarketer, hampir 96 persen social media marketer menganggap Facebook Ads sebagai pilihan berbayar paling efektif dari semua jaringan sosial karena jumlah pengguna Facebook yang sangat besar. Ada miliaran orang melihat iklan yang ada di Facebook mereka setiap bulannya. Dan orang menghabiskan hampir satu jam untuk mengakses Facebook setiap hari.

Anda dapat mempromosikan Page, posting di Page Anda, tindakan yang dilakukan pengguna (Contact Us, Book Now, dan lain sebagainya) atau mempromosikan website bisnis Anda sendiri dengan Facebook Ads. Facebook Ads cenderung lebih mirip iklan bergambar daripada iklan penelusuran karena pengguna Facebook cenderung untuk terhubung dengan teman mereka, bukan untuk mencari produk untuk dibeli. Meski demikian, Facebook Ads tetap bisa menjadi saluran pemasaran yang hebat untuk bisnis yang tepat.

#2. Instagram Ads

Photo by Instagram

 

Sesuai dengan namanya, Instagram Ads adalah iklan di Instagram. Seperti halnya Facebook Ads, Instagram Ads telah terbukti menjadi sarana yang efektif untuk menumbuhkan berbagai bisnis baru. Dengan Instagram Ads, Anda dapat menggerakkan kesadaran massa, meningkatkan penjualan di website dan unduhan aplikasi seluler.

Instagram menawarkan kreativitas tanpa terbatas bagi para pemasar masa kini. Anda dapat mengukur setiap keberhasilan kampanye berdasarkan metrik seperti jangkauan (reach), visit your profile dan visit your web dan bukanlah berdasarkan likes, komentar, dan jumlah followers selama rentang kampanye. Mirip dengan Facebook Ads, Anda bisa memilih anggaran dan durasi untuk Instagram Ads Anda.

#3. Search Ads

Photo by unbounce

 

Search engine ads adalah jenis iklan berbayar, yang juga dikenal sebagai iklan pay per click atau PPC, yang membuat bisnis Anda ditemukan di mesin pencari. Search ads adalah salah satu cara untuk bersaing di ranah online, namun Anda dapat langsung menargetkan orang-orang di wilayah Anda yang menggunakan mesin pencari untuk mencari produk atau layanan Anda.

Kelebihan search ads adalah Anda memiliki kesempatan untuk bersaing dengan pesaing yang lebih besar di pasar lokal Anda tanpa menghabiskan banyak uang dan biaya iklan. Karena Anda bisa menargetkan secara langsung para pencari berdasarkan letak geografi mereka sehingga search engine ads Anda hanya ditampilkan kepada orang-orang yang berada di sekitar area toko atau layanan Anda. Search ads seperti memiliki papan reklame secara online, namun dengan target yang jauh lebih efektif karena hanya ditampilkan kepada orang-orang di wilayah Anda yang benar-benar mencari produk atau layanan Anda.

#4. Google Display Ads

Google Display Ad Example ChubbyRawit

Photo by Neil Patel

 

Digital display ads adalah salah satu cara untuk menumbuhkan brand awareness Anda secara online. Display ads, yang juga dikenal sebagai iklan banner, ditampilkan kepada audiens target Anda kapan pun mereka online, namun tidak mencari produk atau layanan Anda. Bila pelanggan Anda sedang online, pastikan untuk mempertahankan brand Anda di depannya sesering mungkin.

Caranya mudah sebenarnya, Anda coba pikirkan perilaku online Anda sendiri. Berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk melakukan riset untuk layanan tertentu? Dan rasanya banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengonsumsi informasi di situs favorit daripada mencari sesuatu yang spesifik. Jadi, penting untuk Anda menempatkan bisnis yaitu iklan Anda di depan konsumen saat mereka berselancar di website karena di situlah mereka akan menghabiskan sebagian besar waktunya.

#5. Youtube Ads

Youtube Ad example ChubbyRawit

Youtube Ads atau dikenal sebagai TrueView video ads adalah iklan berbayar yang dipasang di Youtube. Mungkin Anda kerap mengalami saat melihat video di Youtube, tiba-tiba muncul iklan sebelum video pilihan Anda muncul. Itulah yang dinamakan Youtube ads. Manfaat beriklan melalui YouTube Ads adalah Anda hanya membayar saat seseorang memilih untuk menonton video Anda, baik dengan meng-kliknya atau menonton semuanya. Ini berarti video Anda ditonton oleh pemirsa yang Anda tahu tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Dengan kata lain, iklan Anda lebih tertarget dan tersegmentasi secara jelas.

Mau tahu jenis online advertising yang lainnya? Tenang, masih ada beberapa bahasan lainnya. Baca terus artikel selanjutnya ya. Jangan sampai terlewat! Anda bisa subscribe blog ChubbyRawit untuk selalu mendapatkan berbagai informasi seputar digital marketing yang terbaru.