MENGAPA HARUS ONLINE MARKETING

Pernahkah terbayang dalam benak Anda, bila saat ini kita hidup tanpa keberadaan internet? Hampa? Gak asik? Atau justru menyenangkan? Mungkin sebagian besar orang akan memilih jawaban hampa. Wajar, mengingat keberadaan internet juga memberikan banyak manfaat bila dipergunakan dengan baik.

Sebagai contoh, mantan Presiden Amerika Serikat – Barack Obama yang berhasil memenangkan pemilihan presiden saat itu dengan memanfaatkan kekuatan internet dan social media. Lalu, ada pula Chandler Bolt, pria berusia 24 tahun ini berhasil menjadi orang kaya di usia muda berkat internet marketing. Sungguh menggiurkan ya manfaat dari internet! Maka tak heran kalau pengguna internet terus bertambah setiap tahunnya.

Menurut laporan We Are Social, pada tahun 2016 terdapat lebih dari 7,5 miliar orang di seluruh dunia yang memiliki akses internet. Ini merupakah sebuah ceruk  pasar yang masih sangat luas yang bisa digarap oleh para pelaku bisnis. Caranya? Ya dengan online marketing alias internet marketing.

Dengan pemasaran online ini, Anda sebagai pebisnis bisa memberikan penawaran produk dan layanan, tersedia 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Ditambah lagi dengan sifat interaktif internet yang memfasilitasi komunikasi langsung antara bisnis dan konsumen, sehingga memungkinkan Anda dalam merespons dengan cepat kebutuhan konsumen serta perubahan di pasar.

Lalu sebenarnya apakah internet marketing atau online marketing itu? Neil Patel, digital marketing expert pun mendefinisikan ‘online marketing is any effort to spread the word about your company that uses the Internet to reach people’. Dengan kata lain, pemasaran digital adalah setiap upaya untuk menyebarkan informasi mengenai perusahaan atau produk Anda dengan menggunakan internet untuk menggaet orang atau calon konsumen.  

“Online marketing is any effort to spread the word about your company that uses the Internet to reach people” – Neil Patel

Tak hanya pengusaha yang diuntungkan dengan keberadaan internet sebagai salah satu penunjang kesuksesan bisnis. Di sisi konsumen, ternyata keberadaan internet ini juga sangat mempermudah mereka dalam mengambil keputusan untuk membeli produk atau pun layanan. Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk atau mempergunakan layanan, konsumen akan dengan mudah mencari review atau ulasan online tentang produk tersebut.

Menurut survei yang dilakukan oleh BrightLocal tahun 2017 menyebutkan bahwa sebanyak 97% konsumen membaca ulasan online dan 85% konsumen mempercayai ulasan online tersebut. Rekomendasi, ulasan online positif membuat 73% konsumen mempercayai produk atau jasa yang ditawarkan tersebut. Dari data tersebut, terbukti bahwa online marketing memberikan dampat positif terhadap bisnis Anda. Selain itu, ada lima alasan mengapa Anda harus memanfaatkan internet marketing.

1. Hemat Biaya

Hemat biaya memang seringkali menjadi alasan utama mengapa banyak bisnis memilih pemasaran online alih-alih pemasaran offline. Ya, internet marketing memang menawarkan biaya yang jauh lebih efektif, fleksibel dan terkelola dengan lebih baik. Apalagi, optimisasi mesin pencari tidak dipungut biaya. Yang dibutuhkan adalah halaman web yang baik dan konten yang menarik. Coba bandingkan dengan koran atau iklan luar ruangan (OOH) atau bahkan iklan TV.

2. Terukur dan Tercatat       

Yang jelas, pemasaran internet jauh lebih mudah diukur melalui alat analisis seperti Google Analytics, bila dibandingkan dengan iklan di surat kabar atau majalah. SEO, AdWords, media sosial, email marketing bisa memberikan informasi yang akurat tentang jumlah klik, kunjungan serta penjualan dari bisnis Anda. Selain itu, konversi juga lebih mudah diukur dan Anda bisa menghitung ROI yang tepat. Sebaliknya, dengan offline marketing Anda tidak bisa mengukur berapa banyak orang yang mendengar iklan Anda di radio, atau membaca majalah Anda yang benar-benar datang untuk melakukan pembelian. Tak hanya terukur, hasil analisis tersebut juga tercatat dan teridentifikasi. Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkan hasil data tersebut untuk program marketing selanjutnya yang lebih tertarget.

3. Hasil Real-Time

Meski internet marketing adalah sebuah proses yang memakan waktu panjang, namun Anda bisa melihat hasilnya tepat setelah implementasi strategi baru. Sebagai contoh, jika Anda membeli AdWords, Anda dapat mengukur secara langsung klik tersebut dan kemudian menganalisis dampaknya dengan Google Analytics. Dengan demikian, efisiensi strategi Anda bisa diukur secara real-time dan perubahan bisa langsung diimplementasikan jika perlu. Bandingkan dengan Yellow Pages yang dicetak setahun sekali, internet marketing menawarkan jauh lebih banyak kesempatan karena sebuah situs web dapat diperbarui setiap menitnya.

4. Target Demografi

Dibandingkan pemasaran offline, menentukan kelompok sasaran Anda jauh lebih tepat secara online. Saat ini, berbagai situs online yang akan Anda pilih dan pergunakan sudah dapat menargetkan iklan Anda langsung ke grup sasaran yang dipilih dan menampilkan berapa banyak orang yang Anda capai. Saluran pemasaran tradisional memungkinkan Anda mengarahkan iklan sampai batas tertentu seperti Anda dapat menempatkan iklan alat rumah ke majalah yang memiliki grup target tertentu yang cenderung membeli produk Anda. Tapi secara segmentasi jauh dibandingkan dengan internet marketing.

5. Exposure Jangka Panjang

Anda tahu bahwa rentang kehidupan rata-rata kampanye pemasaran tradisional adalah 1- 4 minggu. Sedangkan internet marketing adalah proses berkelanjutan yang akan membawa hasil secara merata. Jika website Anda berhasil berada di halaman pertama search engine, maka website Anda bisa tetap terlihat untuk calon klien dalam jangka waktu yang lama. Pembaruan tentu saja diperlukan untuk mempertahankan posisi ini, tapi tenang saja strategi ini tidak mahal kok. Untuk itu, buatlah konten semenarik mungkin dengan menitikberatkan pada konten marketing. Konten marketing yang baik akan mendorong untuk menciptakan dan mempertahankan citra sebagai opinion leader dan profesional yang tentu saja akan meningkatkan reputasi dan keandalan Anda yang pada gilirannya menyebar sebagai iklan dari mulut ke mulut.

6. Kredibilitas

Kredibilitas adalah hal yang sangat penting bagi bisnis terutama bisnis yang sedang mencoba membangun citra merek yang positif. Bisnis bisa mendapatkan kredibilitas melalui situs web yang dirancang dengan baik, konten marketing dan review dari pelanggan. Oleh sebab itu, untuk membuktikan kredibilitas Anda secara online, sebaiknya pertimbangkan strategi, saluran, dan kampanye mana yang paling sesuai untuk bisnis Anda.

Gimana? Masih ragu untuk memanfaatkan kedahsyatan online marketing? Keberadaan online marketing saat ini sama pentingnya dengan offline marketing lho. Bahkan mungkin menjadi jauh lebih penting karena terjadi perubahan perilaku pelanggan yang bergeser dari berbelanja offline menjadi online. Untuk itu, pebisnis juga dituntut untuk tidak setengah-setengah dalam merencanakan dan menjalankan strategi pemasaran online. Tak hanya sekedar hadir dalam ranah digital atau online saja, tetapi juga memaksimalkan media ini sebagai alat pemasaran yang baru yang jauh lebih efektif dan menghasilkan dibandingkan pemasaran tradisional atau offline. Tak hanya teknologi sebagai alat saja, Anda pun harus mempersiapkan data, channel serta tim yang terintegrasi untuk menunjang strategi pemasaran Anda.

Merasa bingung dan takut? Tak perlu khawatir, Anda tidak dituntut menjadi tech savvy untuk dapat menguasai semua tools dan channel marketing online. Anda bisa memanfaatkan keberadaan ChubbyRawit, digital marketing agency untuk membantu Anda dalam membimbing, merancang dan menjalankan strategi online marketing yang telah dibuat. Segera tinggalkan pertanyaan, pesan dan kontak Anda pada formulir bawah ini. Konsultan kami akan segera menghubungi dan memberikan solusi yang terbaik untuk bisnis Anda.