Manfaat Social Media untuk Aktivitas Bisnis Anda

Manfaat Social Media untuk Aktivitas Bisnis ChubbyRawit

Munculnya social media memang menjadi angin segar bagi para pebisnis, terutama pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Social Media dapat dimanfaatkan dengan gratis, semua orang bisa membuat akun Social Media, begitu juga dengan bisnis, siapa saja bisa membuat akun bisnisnya di Social Media.

Untuk mendukung kebutuhan bisnis, kita dapat memanfaatkan Social Media sesuai dengan berbagai fitur yang ada pada berbagai platform tersebut. Bagi pebisnis, Social Media dapat berfungsi sebagai sarana promosi, membangun jejaring, hingga customer service.

1. Promosi

Untuk kebutuhan promosi, maka kita harus memperhatikan elemen visual. Sebuah konten promosi harus menarik untuk dilihat, karena elemen visual lah yang pertama dinilai oleh target konsumen kita. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan Social Media yang compatible dengan konten-konten visual, seperti foto, infografis, dan video. Instagram menjadi Social Media yang pertama kami rekomendasikan. Mengapa? Karena selain jumlah pengguna Instagram yang cukup banyak di Indonesia, yaitu: 19,9 juta akun (data APJII, November 2016), Instagram juga menawarkan berbagai fitur yang sangat mengdepankan elemen visual. Hal ini membuat Instagram cukup dapat diandalkan untuk promosi usaha kita.

Fitur Instagram Stories dan Highlight turut membuat Instagram semakin digandrungi, tidak hanya untuk penggunaan personal namun juga untuk tujuan bisnis. Dengan berbagai fitur ini, Instagram juga mendorong para penggunanya untuk bereksplorasi membuat konten postingan sekreatif mungkin. Selain itu, kita juga dapat mengoptimalkan caption pada tiap postingan dengan menambahkan keywords dalam bentuk hashtag yang relevan dengan target market kita.  

2. Membangun Jejaring

Bagi pebisnis, jejaring adalah hal yang penting. Jejaring sosial yang tidak hanya menunjukkan lingkaran pertemanan yang kita miliki. Lebih dari itu jejaring sosial dapat berpengaruh pada bisnis kita, apalagi jika usaha kita bergerak di bidang B2B. Memperluas jejaring sudah pasti menjadi hal wajib untuk dilakukan. Bukan tidak mungkin kita dapat menemukan partner bisnis melalui jejaring sosial kita.

Social media yang dapat kita manfaatkan untuk membangun jejaring dengan sesama profesional adalah LinkedIn. Menurut LinkedIn, Indonesia adalah negara dengan pertumbuhan pengguna terbesar di wilayah Asia Tenggara. Per April 2017, LinkedIn mengklaim bahwa ada lebih dari 8 juta penggunanya di Indonesia. Dengan demikian, potensi kita untuk membangun jejaring profesional yang luas  melalui LinkedIn sangat terbuka luas. Jangan lupa untuk menata profil personal maupun company page kita dengan baik, agar dapat memberi impresi yang baik bagi koneksi baru kita. Sangat disayangkan jika kita hanya memanfaatkan social media untuk personal branding namun lupa untuk membangun jejaring yang bermanfaat darinya.

3. Customer Service

Customer service atau layanan konsumen adalah bagian penting pada dunia bisnis. Layanan konsumen akan sangat berperan dalam mempertahankan loyalitas konsumen kepada brand kita. Pentingnya konsumen bagi keberlangsungan bisnis yang kita jalankan, membuat kita perlu merespon berbagai masukan dan keluhan konsumen dengan baik. Konsumen yang tidak puas cenderung ingin keluhannya didengar oleh perusahaan, dan di era Social Media ini, menyampaikan keluhan di Social Media platform, nampaknya menjadi cara baru yang dianggap cukup efektif oleh konsumen.

Kecenderungan ini tentu harus direspon oleh pebisnis dengan memanfaatkan Social Media platform sebagai sarana layanan konsumen. Dilihat dari fitur yang ditawarkan, social media platform yang banyak difungsikan sebagai layanan konsumen adalah Facebook dan Twitter. Fitur “mention” yang ada di Facebook maupun Twitter memiliki peran yang penting dalam layanan konsumen, karena melalui fitur itulah kita dapat mengetahui percakapan apa saja yang ditujukan kepada kita. Ketika suatu percakapan menunjukkan adanya keluhan, maka kita harus segera merespon keluhan tersebut. Jangan biarkan keluhan yang muncul berkembang semakin besar, dan malah memberi kesan yang negatif bagi brand kita. Untuk menghadirkan layanan konsumen yang reponsif memang perlu ada sumber daya khusus yang disiapkan oleh pebisnis, terutama jika brand-nya sudah cukup dikenal oleh masyarakat.

Social Media dapat memberikan manfaat yang besar tergantung kepada bagaimana kita menggunakannya. Sebagai digital marketing agency yang mengerti akan kebutuhan bisnis Anda, ChubbyRawit dapat membantu mengoptimalkan penggunaan Social Media bagi perkembangan bisnis Anda. Kami siap berkolaborasi dengan ide dan gagasan Anda, mencurahkannya dalam strategi marketing dan melaksanakan strategi tersebut untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

Di bulan Februari ini, ChubbyRawit memberikan penawaran terbatas untuk jasa kelola Social Media (Social Media Management), mulai dari social media strategy, social media identity, editorial plan, artwork, admin, monitoring, boosting (iklan) hingga reporting (pelaporan).

Kunjungi halaman promo Limited Offer: Social Media Package Promo. Pilih paket yang sesuai untuk Anda Konsultan kami akan segera menjawab dan memberikan solusi sesuai dengan kebutuhan Anda.