Mengenal Konten Marketing

mengenal konten marketing ChubbyRawit

Jika kita menjalankan sebuah bisnis, maka sudah pasti kita akan melakukan aktivitas marketing. Marketing adalah ujung tombak dari suatu perusahaan. Marketing-lah yang akan berusaha untuk memberi tahu, menggapai, mengundang, memperoleh, mempertahankan, dan meningkatkan jumlah konsumen kita. Tanpa aktivitas marketing, mustahil suatu bisnis bisa berjalan. Bahkan tukang sayur pun melakukan aktivitas marketing loh, misalnya dengan meneriakkan barang jualannya ketika melewati perumahan. Melalui teriakan itulah, calon konsumennya bisa mengetahui keberadaan sang tukang sayur, dan jika berminat, calon konsumen pasti langsung menghampiri.

“Marketing adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan untuk memperkenalkan produk atau menarik minat konsumen terhadap produk yang kita tawarkan. Di dunia bisnis, marketing juga mencakup strategi untuk memuaskan konsumen”.

Aktivitas marketing Tukang Sayur untuk menarik pelanggan adalah salah satu bentuk marketing yang sederhana, sehingga relatif tidak perlu mengaplikasikan strategi marketing tertentu untuk mendukung aktivitas tersebut. Pada pebisnis kecil dan menengah, aktivitas marketing yang dilakukan berada di level yang berbeda, yaitu lebih kompleks dan channel yang digunakan pun lebih beragam. Sehingga pebisnis memerlukan strategi khusus dalam mendukung aktivitas marketingnya.

Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk menarik perhatian konsumen adalah konten marketing. Konten marketing merupakan sebuah strategi marketing yang fokus dalam membuat dan mendistribusikan konten yang berharga, relevan, dan konsisten. Konten marketing harus mengandung informasi yang lengkap tentang produk yang kita tawarkan dan mengemasnya semenarik mungkin agar konsumen tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut bahkan menggunakan atau membeli produk yang kita tawarkan. Untuk itu kita perlu meramu konten marketing dengan seksama.

Membuat sebuah konten marketing ibarat menyiapkan duta untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan konsumen kita. Dan di era teknologi yang maju pesat seperti saat ini, kita harus mulai beralih dari konten marketing tradisional, seperti selebaran flyer atau brosur yang dapat dikatakan kurang efektif, karena akan terbuang begitu saja jika calon konsumen tidak tertarik. Belum lagi biaya cetak dan biaya pekerja yang menyebarkan selebaran, banyak resource yang terpakai, namun hasilnya banyak juga yang terbuang.

Kini calon konsumen memiliki kendali yang lebih besar untuk menentukan konten marketing mana yang ingin mereka lihat. Melalui mesin pencari, seperti Google, mereka dapat langsung mengetikkan keyword  ketika berminat atau tertarik terhadap suatu produk tertentu. Oleh karena itu, kita harus memastikan konten marketing yang kita buat dapat dengan mudah ditemukan dan membuat konsumen “terjerat” setelah berhasil menemukan konten marketing kita.

Baca juga 5 Alasan Berinvestasi Pada Konten Marketing

Berikut akan kami uraikan, apa saja yang harus kita penuhi untuk membuat konten marketing yang baik:

#1 Memiliki Target yang Spesifik

Pastikan konten yang kita buat memiliki target pasar yang spesifik, dengan demikian kita dapat lebih mudah menentukan gaya bahasa atau isi konten yang akan kita gunakan dalam konten marketing kita. Misalnya, jika kita memiliki target pasar di kalangan profesional, maka gaya bahasa yang kekanakan dan desain konten yang playful kurang match dengan target pasar yang kita tuju. Sehingga konten yang kita buat bisa jadi tidak dilirik oleh target pasar kita. Jangan sampai hal ini terjadi ya, jadi wajib hukumnya untuk mengenal target pasar kita dengan baik.

#2 Tidak Hanya Jualan

Ya, jangan hanya memanfaatkan konten marketing untuk jualan atau memuja muji produk yang kita tawarkan, konten marketing harus menjadi ajang untuk memberi manfaat edukasi kepada konsumen. Mengapa? Karena seperti yang kami jelaskan sebelumnya, konsumen memiliki kendali besar untuk memilih konten marketing mana yang ingin mereka lihat, konsumen kini semakin picky. Kita harus mampu “merayu” konsumen untuk mau melirik konten marketing kita. Caranya, tentu dengan menyodorkan konten-konten yang mereka perlukan dan bermanfaat bagi mereka. Jadi jangan pelit membuat konten marketing berisi informasi edukatif dan relevan dengan target pasar kita.

Misalnya, jika Anda menawarkan produk kesehatan, maka buatlah konten marketing yang berisi informasi seputar kesehatan dan kiat-kiat menjalani gaya hidup sehat. Dengan begitu secara tidak langsung kita mengarahkan target pasar untuk melirik produk kita, dan tanpa terkesan memaksa. Jika informasi yang kita berikan dalam konten marketing dinilai bermanfaat, maka besar kemungkinan target konsumen juga akan penasaran terhadap produk yang kita tawarkan.

#3 Jadikan Konten Anda Ditunggu-tunggu

Untuk membuat konten yang ditunggu-tunggu tentu bukan hal yang mudah dan memerlukan waktu yang tidak singkat. Kuncinya, kita harus konsisten memproduksi konten yang bermanfaat, dan harus terus berinovasi, agar bisa menyuguhkan konten yang selalu “menyenangkan” untuk dilihat/dibaca/didengar oleh target konsumen. Konten marketing yang kita buat harus berkualitas, karena konten marketing yang kita sediakan, sedikit banyak mewakili karakter produk kita. Jika kita menyiapkan konten marketing dengan baik, maka target konsumen akan menangkap kesan itu, dan merelasikan kesan tersebut dengan produk yang kita tawarkan. Memang hal ini tidak akan terjadi secara instan. Oleh karena itu, jangan lelah untuk membuat konten marketing yang punya nilai manfaat. Untuk memetik hasil yang memuaskan, pasti memerlukan effort yang lebih bukan?

Kita dapat menilai apakah konten marketing kita disukai oleh target konsumen dengan melihat respon terhadap konten tersebut, misalnya jika kita mengunggahnya di social media, maka kita dapat menilainya dari jumlah view, banyaknya like, komentar positif dan negatif yang muncul, tingkat share, dsb. Dari elemen-elemen tersebut, kita dapat menilai apakah konten marketing kita disukai atau tidak.

Jika konten kita telah mendapat kesan dan nilai positif dari target konsumen, maka bukan tidak mungkin, konten marketing yang kita buat dapat menginspirasi target konsumen untuk membeli atau menggunakan produk yang kita tawarkan. Bukan hanya itu, bahkan konten marketing yang dilakukan akan memberikan nilai tambah (value added) terhadap bisnis Anda sendiri.

Sebagai Digital Marketing Agency yang memiliki passion dalam memproduksi konten marketing yang bermanfaat, ChubbyRawit dapat membantu merancang, menuliskan hingga mengevaluasi konten marketing yang sesuai dengan target pasar Anda. Kami tentunya sangat antusias berkolaborasi dengan ide dan gagasan Anda untuk menghasilkan konten marketing yang menarik dan berkualitas. Jangan ragu untuk mengontak kami melalui formulir di bawah. Konsultan kami akan segera memberikan solusi konten marketing terbaik untuk Anda.