Konten Marketing- Membangun Kredibilitas + Loyalitas Pelanggan_chubbyrawit

Dalam proses pemasaran, banyak pelaku marketing yang memahami bahwa akan lebih murah dan mudah dalam melakukan pemasaran ke pelanggan yang sudah ada. Pertanyaan yang muncul kemudian, adalah bagaimana sebuah bisnis dapat mendorong loyalitas pelanggan?

Konten Marketing dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Bagi penjual, loyalitas pelanggan dapat dibangun melalui layanan pelanggan, kualitas produk, dan harga yang wajar. Hal tersebut benar, namun ada banyak faktor lain di luar hal tersebut yang dapat berkontribusi untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, yaitu dengan menaikan Customer Lifetime Value (CLV), dan akhirnya memperoleh keuntungan. Salah satu kontributornya adalah Konten Marketing.

Menurut LemonStand Vice President, Ross Paul, “Konten yang baik dapat membawa customer Anda kembali setelah melakukan pembelian dan membuat brand anda lebih berguna dibanding hanya sekedar menawarkan produk untuk dibeli. Hal ini akan membantu Anda menghasilkan pembelian berulang dan meningkatkan value brand Anda”.

Beliau juga menyatakan bahwa pelaku E-commerce yang melakukan konten marketing untuk berinteraksi dengan pembeli, baik pembeli baru maupun pelanggan setia, memiliki nilai rata-rata konversi 2.9%, dimana enam kali lebih tinggi dibanding nilai rata-rata konversi yang dimiliki E-commerce yang tidak melakukan konten marketing (0.5%).

Jika konten marketing mendorong peningkatan loyalitas pelanggan, yang pada akhirnya meningkatkan value brand dan keuntungan, lalu bagaimana Anda dapat memanfaatkan konten marketing untuk bisnis e-commerce? Berikut tips membuat konten yang berguna untuk brand Anda.

  • Buat konten yang berguna atau menghiburKonten marketing paling menarik ketika membantu audiens Anda memecahkan masalah atau dapat improve kehidupan mereka dalam beberapa cara. Jenis-jenis konten ini seperti: “how to”,  resep, tips, atau bahkan artikel humor
  • KonsistenKetika tujuan dari konten marketing Anda adalah retensi pelanggan, maka publikasikan artikel Anda secara rutin. Seperti blog posting mingguan, podcast reguler, atau video YouTube dijadwalkan
  • Bersifat interaktif. Tanggapi komentar, postingan media sosial, atau feedback dari pembaca. Ketika seseorang membagikan artikel Anda, berterima kasih padanya. Jika mereka berkomentar, tanggapilah. Permudah pelanggan untuk memperdalam hubungan mereka dengan Anda seperti mendaftar ke group khusus interaksi lebih banyak, atau sebaliknya libatkan bisnis Anda ke dalam sebuah group dengan anggota yang sesuai market Anda.
  • Berkomitmen. Konten marketing adalah strategi jangka panjang. Pelaku konten marketing terbaik paham bahwa diperlukan waktu untuk konten agar dapat bekerja.

Konten marketing juga membutuhkan perencanaan. Pelaku bisnis harus membuat anggaran untuk konten – mirip dengan anggaran iklan – dan mengembangkan kalender editorial, menggambarkan apa yang Anda rencanakan dan waktu penerbitannya.

Di ChubbyRawit, kami membantu Anda dalam mebangun loyalitas pelanggan melalui konten. Hubungi kami untuk jenis konten yang sesuai dengan produk atau jasa Anda.