Lima Alasan Berinvestasi pada Konten Marketing

Investasi Content Marketing _ Investasi Content Marketing - ChubbyRawit

Strategi marketing terus berevolusi, berubah seiring tren dan teknologi. Seringkali karena tuntutan era digital yang serba cepat membuat konten seringkali terbengkalai. Padahal, konten marketing adalah salah satu strategi digital marketing terpenting yang tersedia untuk bisnis. Konten marketing memiliki keuntungan berbiaya murah atau terjangkau, namun potensi Return on Investment (ROI) yang tinggi.

Konten marketing adalah taktik yang lebih baru, dan lebih disukai karena dapat diprediksi dan hemat biaya. Selain menggunakan strategi digital marketing yang sudah Anda jalani seperti direct mail, referral, events, iklan dan sebagainya, Anda bisa mengkombinasikan konten marketing dengan strategi yang sudah ada.

Baca juga Mengenal Konten Marketing

Bahkan, Seth Godin pernah mengatakan bahwa konten marketing adalah satu-satunya pemasaran yang tersisa. Hal ini tak lain karena jenis konten unik yang Anda hasilkan (baik itu podcast, posting blog, atau video) memiliki potensi untuk mengubah calon konsumen yang sedang mencari informasi tentang brand atau produk Anda menjadi pelanggan. Coba simak lima alasan berikut mengapa bisnis Anda memerlukan konten marketing.

#1. Melengkapi Strategi Pemasaran

Dengan tumbuhnya penggunaan internet setiap harinya, Anda akan membutuhkan lebih dari satu strategi pemasaran untuk meraih audiens, dan meningkatkan basis pelanggan Anda. Salah satunya dengan memanfaatkan konten marketing untuk melengkapi strategi pemasaran Anda lainnya. Kalau Anda saat ini sudah fokus pada SEO, menjalankan kampanye Pay Per Click (PPC) dan kampanye social media marketing, Anda dapat dengan mudah memadukan konten marketing ke dalam tiga strategi tersebut.

Sebagai ilustrasinya, ada seorang pelanggan yang belum berada dalam tahap pembelian, sedang mencari informasi mengenai produk atau bisnis yang mereka butuhkan. Ketika Anda membuat konten yang dapat menjawab pertanyaan pelanggan tersebut, maka Anda dapat mengarahkan pelanggan tersebut ke bisnis Anda. Anda dapat menggunakan PPC untuk mengoptimalkan landing page. Lalu, saat pelanggan tersebut meninggalkan pos blog Anda, Anda dapat menggunakan Adwords Remarketing untuk menampilkan iklan kepada mereka.

Jika situs Anda sudah dioptimalkan dengan SEO, berarti Anda sudah mengetahui pentingnya kata kunci dalam meningkatkan peringkat pencarian. Sebuah postingan akan memberi Anda kesempatan untuk memasukkan lebih banyak kata kunci yang akan semakin meningkatkan ranking Anda dengan cara yang organik dan murah.

Baca juga 5 Strategi Penulisan Konten Marketing yang Menarik Leads

Sedangkan social media sudah menjadi salah satu hal yang penting bagi bisnis. Namun membuat konten yang tepat dan relevan untuk dibagikan dengan audiens juga bukan sesuatu yang mudah. Dengan membuat konten yang unik namun relevan, Anda akan dapat meningkatkan interaksi antara bisnis dan pelanggan Anda serta mengarahkan pelanggan untuk datang ke website Anda.

#2. Mengarahkan Traffic ke Website

Konten marketing dapat membantu Anda untuk meningkatkan pengunjung ke website Anda melalui semua saluran pemasaran yang telah disebutkan di atas. Traffic yang dihasilkan oleh konten marketing ini memiki kualitas yang tinggi karena pengunjung sudah memiliki minat terhadap konten Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa konten marketing lebih efektif untuk mendapatkan prospek daripada pesan tradisional. Konten marketing dianggap berhasil menciptakan hubungan antara pelanggan dan bisnis.

Selain itu, konten marketing telah terbukti memiliki tingkat konversi traffic yang lebih baik, bahkan menggandakan rata-rata rasio konversi situs dari 6% menjadi 12%. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena Anda terhubung dengan pelanggan pada saat mereka membutuhkan informasi tentang apa yang Anda tawarkan. Anda dapat membangun kepercayaan dengan memberikan konten yang bermanfaat daripada beriklan untuk menarik perhatian mereka.

#3. Meningkatkan Brand Awareness

Membangun brand awareness adalah tugas yang tidak pernah mudah karena membutuhkan waktu dan kesabaran untuk mencapai hal tersebut. Makanya tak jarang, perusahaan atau brand yang bersedia membayar lebih banyak agar brand awaraness ini bisa lebih cepat mereka raih.

Lalu bagaimana konten marketing bisa meningkatkan brand awareness? Ya, dengan konten yang menarik dan dibaca oleh pelanggan ibarat cerita untuk menarik perhatian orang. Bila konten dibuat dengan baik, pembaca akan antusias untuk membaginya dengan teman mereka. Secara tidak langsung, hal ini akan membantu Anda mengembangkan brand awareness Anda. Brand yang secara konsisten mempublikasikan konten yang menghibur dan berguna bagi pelanggan akan mengalami peningkatan brand awareness mereka.

#4. Risiko Minimal

Semua strategi marketing selalu memiliki risiko. Termasuk risiko biaya, seperti iklan display atau iklan media sosial promosi PPC. Biasanya dibutuhkan trial and error untuk mendapatkan perpaduan sempurna antara strategi yang mendorong traffic berkualitas ke website Anda.

Tidak demikian dengan konten marketing. Selain berbiaya murah atau bahkan tanpa biaya risiko yang akan dihadapi sangatlah minimal. Kegagalan satu konten tidak akan berakibat fatal. Anda pun bisa belajar dari komentar audiens Anda, kemudian menyesuaikan konten Anda dengan tanggapan mereka. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam mendorong posting Anda berikutnya tanpa harus kehilangan banyak sumber daya.

#5. Membangun Komunitas

Konten yang bagus biasanya memiliki call to action di akhir artikel. Hal ini akan mengundang pembaca untuk menyuarakan pendapat mereka tentang topik tersebut. Tanpa disadari, Anda telah membangun rasa memiliki (sense of belonging) konsumen yang mengarah pada peningkatan loyalitas. Penelitian menunjukkan bahwa enam dari sepuluh konsumen dengan mudah akan merekomendasikan brand atau produk tertentu jika mereka mengikuti brand tersebut di social media.

Baca juga Konten Marketing dapat Membangun Loyalitas Pelanggan

Dan konten yang menarik adalah salah satu daya tariknya. Konten marketing merupakan salah satu dari tiga alasan utama yang meyakinkan konsumen untuk mengikuti brand atau produk tertentu di media sosial. Selain itu, konten khusus yang dibuat oleh perusahaan tertentu disebut telah berhasil memberi kesan positif pada enam puluh persen konsumen. Sebaliknya, konten yang buruk merupakan alasan utama mengapa konten marketing gagal.

Konsumen akan lebih mudah terkesan ketika sebuah perusahaan bisa memberikan jawaban atas pertanyaan mereka. Strategi ini berguna untuk memenangkan pelanggan yang tidak memiliki pengetahuan tentang brand sebelumnya. Jangan lupa, konsistensi adalah kunci saat Anda menggunakan pemasaran konten. Begitu Anda memulai, Anda tidak boleh berhenti. Misalnya, jika Anda berhasil membuat konten yang bagus selama enam bulan berturut-turut, kemudian karena kesibukan Anda tidak lagi membuat konten, Anda akan berisiko kehilangan audiens.

Yang pasti, jika dibandingkan dengan strategi digital marketing lainnya, konten marketing akan menjadi milik Anda selamanya. Bandingkan dengan iklan yang memiliki tenggat waktu atau durasi tertentu, sedangkan konten akan tetap ada selamanya. Bila Anda merasa tidak berpengalaman dalam membuat konten yang bagus dan menarik, Anda dapat merekrut digital marketing agency, seperti ChubbyRawit. Anda akan mendapatkan fasilitas konsultasi dan bimbingan sejak membangun strategi, pengerjaan strategi atau eksekusi hingga evaluasi dalam konten marketing.

Percayalah, bahwa ini merupakan salah satu investasi yang jauh lebih terjangkau, dibandingkan Anda berinvestasi dalam bentuk iklan offline atau langsung merekrut dan membuat tim internal khusus konten marketing, selain biaya yang cukup besar Anda juga harus meluangkan waktu untuk training, brief, team Anda. Silahkan tinggalkan pesan Anda di kotak Contact Us bawah ini. Atau subscribe blog ChubbyRawit untuk mendapatkan berbagai informasi seputar digital marketing yang terbaru.