Pentingnya Mentor Bisnis - ChubbyRawit

Siapa yang tak kenal dengan brand AirAsia? Kesuksesan AirAsia memang tidak bisa dilepaskan dari tangan dingin pendiri maskapai ini yaitu Tony Fernandes. Tony mengakuisisi AirAsia yang didirikan oleh DRB-Hicom, sebuah konglomerasi pemerintah Malayasia yang sedang dalam kesulitan keuangan pada bulan Desember tahun 2001.

Tak butuh waktu lama, AirAsia berhasil membalikkan situasi keuangan. Bahkan, meluaskan jaringan tak hanya di Malaysia namun juga Singapura, Thailand, Filipina dan Indonesia. Keberhasilan Tony melakukan perombakan AirAsia tidak bisa dilepaskan dari peran Richard Branson, pendiri Virgin Groups. Ya, Richard memang acapkali memberikan mentoring kepada Tony, terutama saat Tony masih bekerja sebagai auditor di Virgin Atlantic dan juga pengendali keuangan di Virgin Records di London dari tahun 1987 hingga 1989.

Pengalaman mentoring yang dilakukan oleh Richard, membawa dampak yang sangat besar pada Tony dan AirAsia-nya. Mulai dari kemampuan mengembangkan jaringan baik regional maupun internasional. Selain itu, budaya perusahaan Virgin Atlantic yang terbuka dan inovatif pun turut diterapkan di AirAsia.

Belajar dari kejayaan Tony Fernandes bersama AirAsia, ternyata mentoring memiliki peran penting dalam mendorong kesuksesan seorang entrepreneur. Miliuner setenar Richard Branson pun ternyata juga memiliki mentor dibalik kecemerlangan bisnisnya selama ini yaitu Sir Freddie Laker.

Bahkan Richard mengatakan betapa pentingnya peran mentor baik dalam kehidupan personal, profesional maupun dalam bisnis.

It’s always good to have a helping hand at the start. No matter how incredibly smart you think you are, or how brilliant, disruptive or plain off-the-wall, your new concept might be, every start-up team needs at least one good mentor.” – Richard Branson, Virgin Group.

Tony dan Richard mungkin hanya salah satu dari sekian banyak contoh keberhasilan program mentoring pengusaha baik lokal maupun internasional. Mentoring bisa menjadi salah satu alat akselerasi karir maupun bisnis baik untuk pekerja profesional maupun pengusaha sekalipun. Ada lima alasan mengapa mentoring ini penting bagi pengusaha.

#1. Sumber Informasi  dan Pengetahuan Baru

Memiliki mentor sejak awal mendirikan bisnis merupakan sebuah keuntungan besar. Sebagai pebisnis pemula, seringkali tidak memiliki pengetahuan yang luas tentang operasional bisnis, termasuk membuat rencana bisnis, penganggaran, penanganan operasi sehari-hari, membuat keputusan strategis atau menjalankan kampanye pemasaran. Anda bisa memanfaatkan informasi dan pengetahuan dari keberadaan mentor yang akan mempercepat akselerasi bisnis Anda. Selain itu, Anda bisa mendapatkan second opinion maupun saran dan kritik obyektif bahkan dukungan emosional dari mentor Anda.

#2. Sumber Pengalaman yang Tidak Didapat di Buku

Keuntungan terbesar dari keberadaan mentor bisnis adalah Anda dapat belajar dari kesuksesan maupun kegagalan mereka sebelumnya. Mentor memang tidak perlu memiliki pengalaman khusus dalam industri Anda, meskipun akan sangat membantu jika mereka memilikinya. Dan mentor tak harus selalu menguasai tren atau teknologi terbaru. Anda bisa mendapatkan bantuan dari pihak atau sumber lain untuk beberapa hal tersebut seperti misalnya memanfaatkan jasa digital marketing agency yang dapat membantu memasarkan produk atau layanan Anda secara digital, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. Sehingga Anda dapat lebih fokus dalam mengembangkan jenis produk atau layanan Anda. 

#3. Kesempatan Memperluas Jaringan

Terlepas dari kenyataan bahwa investor jarang mempercayai para pemula kecuali yang direkomendasikan oleh teman mereka, mentor yang sukses memiliki jaringan yang tidak terbatas yang dapat menguntungkan bisnis Anda. Selain itu, akan selalu ada kemungkinan bahwa mentor Anda tidak akan memiliki semua jawaban atas masalah Anda, namun mereka dapat mengenalkan Anda kepada orang-orang yang berpengalaman terhadap masalah tersebut. Dan Anda tidak akan pernah tahu koneksi mana yang berguna bagi Anda di masa depan.

#4. Mendongkrak Kepercayaan Diri

Adanya program mentoring yang berkualitas memiliki efek positif yang kuat pada wirausahawan. Memiliki seseorang yang secara praktis membimbing Anda dan berbagi kekhawatiran dengan Anda -sering menenangkan ketakutan Anda dengan pengalaman bertahun-tahun- mampu meningkatkan keyakinan dan kepercayaan diri bahwa Anda akan berhasil. Rasa percaya diri sangat penting untuk sukses sebagai pengusaha. Mentor biasanya memiliki kemampuan untuk mendongkrak rasa percaya diri para pebisnis pemula dan melihat setiap tantangan sebagai sebuah kesempatan.

#5. Membantu Bisnis Bertahan Lebih Lama

Penelitian membuktikan bahwa bisnis yang menerima tiga atau lebih jam pendampingan mencapai pendapatan yang lebih tinggi dan berhasil meningkatkan pertumbuhan bisnis. Menurut survei yang dilakukan oleh The UPS Store (sebuah perusahaan pengiriman, pos, dan percetakan terbesar di dunia), pada tahun 2014 menemukan bahwa, 70 persen usaha kecil yang menerima mentoring bertahan lebih dari lima tahun dibandingkan bisnis yang tidak mendapatkan mentoring. Survei yang sama juga menemukan bahwa 88 persen pemilik bisnis dengan mentor mengatakan bahwa memiliki seorang mentor sangat berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis mereka. Keberadaan mentor dapat membantu dalam menavigasi tantangan yang sering terjadi pada para pemilik bisnis.

+1. GRATIS!

Kalau budget Anda terbatas alias mepet, Anda bisa mendapatkan mentor secara gratis melalui sejumlah organisasi ataupun secara daring. Namun, menggunakan mentor memang memiliki keterbatasan yang tidak bisa diberikan oleh coach atau konsultan. Sebagai contoh, mentor hanya memberikan wejangan atau saran saja, yang tentu berbeda dengan jasa konsultan yang juga memberikan layanan tim pekerja untuk mengerjakan hal yang tidak bisa Anda lakukan.

Ya, memiliki mentor bukanlah sebuah tanda kelemahan. Sebaliknya, memiliki mentor justru menunjukkan bahwa Anda memilih keputusan yang cerdas serta berkeinginan kuat untuk sukses. Pertanyaan selanjutnya, apakah Anda sudah memiliki mentor? Bila belum Anda dapat menggunakan jasa digital marketing agency, khususnya ChubbyRawit. Di ChubbyRawit, Anda bisa mendapatkan mentoring sekaligus konsultasi dan tim pekerja. Pengalaman digital agency bekerja dengan klien sebelumnya dapat menjadi pelajaran dan insight menarik yang dapat dimanfaatkan untuk bisnis Anda. Jangan segan menghubungi kami dengan menuliskan pertanyaan Anda di kolom formulir bawah ini, konsultan kami akan segera membantu Anda.