marketing
Posted in

Tren Digital Marketing di 2022: Yuk kenali lebih dalam!

chubbyrawit-instagram

tren digital marketing 2022

Tak bisa dipungkiri bahwa dunia ini berputar dan kemajuan zaman adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Duh, sounds cliche, right? Tapi itulah realita yang juga terjadi pada dunia digital marketing. Digital marketing terus berkembang dan berubah mengikuti perkembangan. Para pelaku bisnis pun boleh dikatakan jangan hanya terpaku pada future plan untuk bisnis mereka ke depannya namun juga harus bisa take advantage on it

Di penghujung tahun 2021 ini, ada beberapa hal yang Anda sebagai pebisnis perlu perhatikan terkait tren apa saja yang kira-kira ada pada dunia digital marketing di tahun 2022 mendatang.

 

Mobile-first marketing

tren digital marketing 2022

 

Mobile-first marketing ini adalah salah satu tren digital marketing perlu diperhatikan oleh pebisnis. 

Kita tahu bahwa pengguna smartphone semakin banyak kian waktu. Tidak hanya menjangkau masyarakat di perkotaan namun juga di pedesaan pun sudah banyak yang menjadi smartphone user. Lalu, apa kaitannya mobile-first marketing bagi bisnis Anda?

Salah satu hal yang berperan penting bagi kemajuan usaha Anda adalah website. Mari kita awali dan akhiri dengan dua buah pertanyaan:

Sudahkah website Anda mobile-friendly?

Apakah website Anda memiliki UX yang nyaman untuk para smartphone user?

Terkesan sepele namun mobile-first marketing merupakan satu hal yang tidak boleh diabaikan for the fact that smartphone user is growing each and everyday.

Jadi, make sure website Anda mobile-friendly ya!

 

Influencers. Yup, influencers.

tren digital marketing 2022

 

Inilah salah satu tren digital marketing yang sering kali dianggap sebelah mata oleh sebagian orang. Namun perlu Anda percaya bahwa di era sekarang ini, apa lagi di masa pandemi Covid-19 ini, influencers marketing adalah salah satu sarana yang paling impactful bagi para pebisnis. As we all know, pandemi Covid-19 ini benar-benar merubah seluruh tatanan kehidupan manusia. Yes, we all basically digitize everything during this pandemic era

Dengan influencers marketing ini dapat dikatakan merupakan perpanjangan tangan dari sebuah brand untuk menyampaikan pesan yang ingin Anda sampaikan kepada target pasar Anda. 

Influencers marketing juga sangat efektif karena Anda sebagai pebisnis dapat memilih influencer berdasarkan target pasar yang Anda ingin bidik karena para influencer ini umumnya memiliki personal attachment yang secara awam dapat dikatakan: she/he is famous or well known because… Anda sebagai pebisnis atau marketer tinggal memilih influencers dengan kepribadian, gaya hidup dan audiens seperti apa yang sekiranya cocok untuk menjadi perpanjangan tangan dari brand Anda

Have you heard about Metaverse? It’s in!

tren digital marketing 2022 2

(source: facebook)

Some of you mungkin sudah pernah mendengar istilah “Metaverse”. Yup, Metaverse adalah sebuah gabungan beberapa elemen teknologi yang di dalamnya pun mencakup virtual reality, augmented reality, dimana secara awam dapat diartikan bahwa kita “hidup” di dunia digital. 

Mungkin buat beberapa dari Anda metaverse ini memang masih sulit sekali untuk dicerna. Sering kali muncul pertanyaan pada diri Anda, how come this thing can be happening? Is it really possible? The truth is, yes, it is happening right now and it is truly possible!

Para pebisnis atau marketer sudah mulai harus memikirkan cara bagaimana bisa tap-in pada tren metaverse yang sedang terjadi ini. Sebagai contoh, Nike sudah mulai mengeksplorasi metaverse ini dengan membuat virtual store dimana Anda hanya dapat melihat atau membeli produk dari Nike dengan Air Credit yang mereka sudah dapatkan dari pembelian sebelumnya. 

As you can read above, once more, yes, this whole metaverse thing is truly happening

 

Privacy, something that matters

tren digital marketing 2022

 

Perkembangan dalam dunia digital marketing yang mempermudah dan membuat sisi pemasaran menjadi sangat sederhana dan accessible pun harus beriringan dengan privasi para customer yang menjadi taruhannya. Yes, pasalnya digital marketing saat ini erat sekali dengan data pribadi para customernya guna menciptakan pemasaran yang efektif dan tepat sasaran. 

Hal ini menjadi tantangan bahkan sebuah keharusan bagi para pebisnis atau marketer seperti Anda untuk menjamin bahwa data pribadi customer Anda aman dan tidak digunakan untuk kepentingan yang salah. Seperti kita tahu banyak sekali kasus dari para pebisnis atau pemilik brand besar yang mungkin secara sistem tidak siap sehingga menyebabkan data pribadi para pengguna tersebar luas.

Are you relevant to your customers?

tren digital marketing 2022

 

Inilah hal kecil yang perlu diperhatikan bagi Anda semua para pebisnis atau marketer. Menjadi relevan kepada customers merupakan hal penting namun sering dilupakan oleh para pebisnis. Relevan disini bermaksud bahwa Anda harus lebih intentional dalam mengkomunikasikan value yang Anda punya dan menjadi jujur terhadap brand yang anda punya.

Menjadi akrab dengan para customers adalah hal sederhana yang dapat dilakukan pebisnis atau marketer guna mengembangkan brand mereka. Anda dapat mulai dengan how you communicate with your customers. Dengan menjadi relevan terhadap kebutuhan dan keinginan customer, inilah yang akan menjadi ciri khas brand Anda di tengah pasar dunia maya yang sudah sangat ramai ini.

 

So, are you relevant to your customers?

 

Shoppable content

tren digital marketing 2022

Dunia per-shopping-an sudah benar-benar berubah. Sounds very cliche but it’s true. Sebuah  brand haruslah memiliki content yang shoppable. Secara sederhana dapat diartikan bahwa setiap konten yang ada dapat dengan direct dan mudah mengarahkan para viewers atau customers untuk bisa langsung membuka laman toko Anda secara online. 

Storytelling yang baik menjadi kunci agar dapat menarik lebih banyak customers untuk melihat content yang telah diciptakan oleh sebuah brand

 

Be shoppable, you can see clearly the impact that your brand can gets. 

Don’t hesitate to repost your customer’s content!

tren digital marketing 2022

Ini adalah salah satu langkah marketing sederhana bagi Anda untuk mengembangkan usaha. Pernahkah Anda melihat seseorang menandai, tag ataupun mention sebuah brand lalu brand tersebut meng-repost postingan yang dibagikan oleh para customernya? 

Strategi seperti ini masih akan happening di tahun mendatang. Hal ini karena dari pengalaman atau realita yang dialami oleh seorang customer merupakan sebuah opini nyata yang dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi para calon customer di luar sana untuk membeli atau memakai sebuah brand. 

Strategi ini dianggap efektif karena pada faktanya seseorang akan terlebih dahulu melihat opini atau review dari orang yang sudah membeli/menggunakan baru akan membelinya. 

 

Keep in your mind, never hesitate to repost your customer’s content!

Pencarian visual

tren digital marketing 2022

Sebagai seorang pelaku usaha, Anda harus memastikan bahwa produk yang anda tawarkan dapat dicari dengan mudah oleh para konsumen. Tidak hanya konsumen, Anda pun seringkali kesulitan mencari sesuatu dengan mengetik sebuah keyword. Nah, pencarian visual adalah salah satu tren yang diprediksi akan semakin ramai digunakan oleh para customers untuk mencari barang yang mereka inginkan. Para customers akan sangat terbantu dengan pencarian visual karena tidak perlu lagi mencari dengan mengetik keyword tertentu untuk menemukan yang sedang mereka cari. 

 

So as a digital marketer and brand itself, you need to make sure that your brand is easily to be found on the internet by using visual search! 

Because using text sometimes ga ketemu-temu yang dicari adalah hal yang ada di benak konsumen.

 

Semuanya tentang algoritma 

tren digital marketing 2022

Masih ada korelasi dengan poin yang sudah diulas sebelumnya, stay relevant towards your customers adalah salah satu trik marketing yang akan tetap happening di tahun 2022 mendatang. 

Setiap aspek digital marketing; social media news feeds, display ads, social ads, SEO, atau bahkan e-mail semuanya dikendalikan oleh algoritma yang ada. Algoritma yang ada haruslah sejalan dengan satu hal mendasar yaitu user experience. 

Sebagai pelaku usaha, Anda harus menyediakan user experience sesuai dengan apa yang customers mau dan butuhkan. Do it or you’ll be less visible as a brand. 

Digital skills in high demand

tren digital marketing 2022

Di dunia yang serba digital ini, kebutuhan akan seseorang yang memiliki kemampuan digital sangatlah dibutuhkan. Bahkan sedang tinggi-tingginya meskipun pada faktanya terdapat gap antara para pebisnis yang membutuhkan digital skills dengan para expert yang ada.

Lagi, lagi, dan lagi, ini adalah bagian dari stay relevant. Memiliki digital skills adalah satu hal yang harus dipikirkan secara serius oleh para pelaku usaha untuk bisa tetap relevan dengan kebutuhan pasar yang ada. Dengan memiliki digital skills pun para pelaku usaha akan dengan mudah mengikuti tren yang ada dengan harapan dapat menumbuhkan angka penjualan dari brand mereka.  

Dari sekian banyak tren digital marketing yang diprediksi akan tetap happening di tahun 2022 nanti, saatnya Anda tentukan kira-kira manakah yang bisa ada manfaatkan atau gunakan untuk brand yang Anda miliki.

It’s cool to stay true to yourself and be anti-mainstream. Tapi di dunia yang kian berputar dan berubah ini, ada baiknya untuk tetap keep up dengan perkembangan yang ada, terlebih lagi kalau Anda ingin brand dan bisnis Anda terus berkembang bahkan melesat.

 

Marketers need to build digital relationships and reputation before closing a sale.” –Chris Brogan, Chief Executive Officer of Owner Media Group

 

Untuk Anda yang membutuhkan bantuan untuk mengembangkan strategi digital marketing Anda di tahun 2022, jangan ragu untuk menghubungi ChubbyRawit. Tinggalkan kontak Anda dengan mengisi formulir dibawah ini, dan konsultan kami akan segera menghubungi Anda.