SEO
Posted in

Manfaat Website SEO Friendly dan Penerapannya untuk Bisnis

chubbyrawit-instagram

Website SEO Friendly

Sudah menghabiskan banyak waktu untuk membuat website tapi jumlah pengunjung masih stagnan? Sering kecewa karena traffic website menurun padahal Anda sudah aktif promosi di media sosial? Nah, supaya website Anda terlepas dari kutukan sepi pengunjung, pastikan Anda menyimak cara membuat website yang SEO Friendly pada artikel ini!

Dilansir dari kontan.co.id, pertumbuhan industri website di Indonesia meningkat sebesar 9,4% pada tahun 2020 lalu. Peningkatan jumlah pengguna internet selama pandemi menjadi salah satu faktor utama pertumbuhan industri ini. Banyak bisnis berlomba-lomba untuk meningkatkan jumlah pengunjung website supaya mereka bisa muncul di pencarian teratas. Lalu, bagaimana agar website Anda bisa unggul dibanding puluhan website lainnya? Apa yang harus dilakukan agar pengunjung tertarik datang ke website Anda? Jawabannya adalah dengan merancang website yang SEO Friendly.

Baca juga: 7 Langkah Yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Website

Apa itu SEO Friendly?

SEO Friendly adalah cara yang dilakukan agar konten website Anda bisa muncul di halaman satu (1) pencarian dengan menerapkan Search Engine Optimization atau SEO. 

Sesuai dengan namanya, SEO Friendly ditujukan untuk mengoptimalkan pencarian keyword dalam konten website di situs search engine seperti Google. Misalnya ketika Anda mengunggah konten ‘5 Makanan Kucing Terbaik’ dengan keyword ‘kucing’ harapannya ketika seseorang mencari kata kucing di Google, website Anda bisa muncul di pencarian teratas. 

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Dia 5 Manfaat SEO Bagi Bisnis Anda

3 Elemen Digital Marketing untuk Website yang SEO Friendly

Untuk menarik perhatian pengguna internet, tentu kita tidak akan lepas dari yang namanya strategi digital marketing. Ketika hendak membuat website yang SEO Friendly, dibutuhkan setidaknya 3 elemen digital marketing guna meningkatkan efektivitas website. Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

1. Desain Website

Sebelum mendesain website yang SEO Friendly, Anda dapat berkunjung ke situs-situs yang populer sembari memperhatikan struktur dan layout gambar dari situs tersebut. Banyak orang mengira desain website hanya sebatas aspek visual, namun sebenarnya desain website mencakup seluruh elemen pada tampilan website Anda, termasuk struktur atau framework, warna, navigasi, tipografi, dan juga alur informasi. Desain website yang SEO Friendly haruslah mudah diakses dan dirancang dengan mempertimbangkan user dan search engine.

2. Konten

Dalam website yang SEO Friendly, keberadaan konten akan memandu search engine saat menjawab pertanyaan oleh user. Dengan konten ini juga akan membantu pengguna untuk menemukan jawaban atas pertanyaan mereka dalam website Anda. Oleh sebab itu, bila ingin website yang SEO Friendly berilah solusi untuk permasalahan user dan penuhi kebutuhan mereka lewat konten Anda. Untuk menarik perhatian pengunjung baru, Anda bisa mengangkat peristiwa yang sedang viral dan aktif mempromosikannya melalui media sosial. Jangan lupa selipkan Call to Action (CTA) supaya pengunjung tertarik dengan produk atau layanan Anda. 

3. Kompetitor atau Pesaing

Ketika hendak membuat website yang SEO Friendly, pastikan Anda melakukan riset pasar terlebih dahulu. Salah satunya dengan melakukan analisis website kompetitor. Carilah perkiraan jumlah traffic di website kompetitor dan gali lebih dalam aspek-aspek apa saja yang membuat website mereka sukses, keyword apa saja yang mereka gunakan, apakah overlapping atau bersaing dengan bisnis Anda? Tidak ada salahnya kok jika kita mengikuti langkah-langkah sukses mereka, memodifikasi dan  menyesuaikannya dengan bisnis Anda. 

Mengapa Website Harus SEO Friendly

Apakah website yang SEO Friendly dapat mempengaruhi kemajuan bisnis Anda? Jangan salah, ternyata banyak sekali benefit dari website yang SEO Friendly! Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan:

Meningkatkan traffic organik

Sumber traffic yang datang ke website Anda itu ada dua, tidak berbayar atau organik dan yang berbayar atau dari iklan. Contoh, ada user yang sedang memiliki masalah dan mengetikkan kata kunci tersebut di mesin pencari Google dengan harapan menemukan jawaban atas masalahnya tersebut, pada saat itu kata kunci yang user tersebut ketik adalah kata kunci brand Anda, dan karena brand Anda sangat relevan dan SEO friendly, brand Anda pun ada di halaman 1-5 Google dengan urutan 1-5, maka akan semakin besar user tersebut akan klik brand Anda. Dan yup, traffic organik Anda pun meningkat. 

Ranking lebih tinggi

Semakin tinggi rangking atau peringkat pencarian di Google, semakin tinggi pula traffic website yang Anda dapatkan. Faktanya, web yang masuk pada 5 peringkat teratas di hasil pencarian memperoleh 75% klik dari total pencarian. Alhasil, website yang SEO Friendly bisa meningkatkan traffic, awareness dan eksposur sekaligus menambah jumlah customer potensial untuk bisnis Anda. 

Meningkatkan customer experience

Apakah Anda pernah mengunjungi website yang desainnya polos, tulisannya berantakan, dan terdapat iklan dimana-mana? Jika pernah, tentu Anda tidak akan betah membaca konten di website tersebut. 

Sebaliknya, pengunjung akan mendapatkan customer experience yang menyenangkan ketika mengunjungi website yang SEO Friendly. Hal ini akan membangun trust antara brand dengan customer serta meningkatkan loyalitas customer terhadap brand. Bonusnya, bila search engine menyadari bahwa orang menghabiskan lebih banyak waktu atau mengklik lebih banyak halaman di website Anda, maka peringkat Anda akan meningkat.

Menangkap perhatian search engine

Jika Anda memberi informasi yang berguna dengan keyword yang jelas dan visual yang menarik, akan lebih mudah bagi search engine untuk menemukan dan mengatur peringkatnya. Informasi Anda menjadi lebih mudah ditemukan sehingga banyak orang datang silih berganti ke website Anda. 

Meningkatkan engagement

Tujuan utama dari digital marketing adalah untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda. Interaksi atau engagement ini akan menghasilkan penjualan atau eksposur brand yang lebih tinggi. Dengan menggunakan strategi SEO Friendly akan membantu Anda menjangkau lebih banyak orang, mendapatkan komentar, memungkinkan mereka menghabiskan lebih banyak waktu di website Anda, dan ‘memaksa’ mereka untuk membagikan konten Anda. Dengan peningkatan engagement maka peringkat Anda juga akan meningkat.

Menghasilkan ROI optimal

Ingin menekan biaya pemasaran yang dapat menghasilkan return-of-investment yang maksimal namun bingung bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan website yang SEO Friendly. Pasalnya, dari strategi SEO Friendly ini dapat menghasilkan peringkat yang lebih tinggi, peningkatan engagement, dan favorable view oleh search engine. Ketika tiga hal ini bisa tercapai, maka Anda berhasil mendapatkan manfaat dan keuntungan maksimal.  

Cara Membuat Website yang SEO Friendly

Setidaknya ada sepuluh (10) cara yang bisa Anda terapkan untuk membuat website yang SEO Friendly. Penasaran? Yuk terapkan cara-cara di bawah ini. 

1. Buat navigasi yang mudah

Pada dasarnya Anda membuat website untuk memberikan informasi tentang produk dan layanan Anda kepada calon pembeli. Dan penelitian menunjukkan bahwa pengunjung website menyukai platform di mana informasi mudah ditemukan. Terlebih untuk website yang SEO Friendly, perpindahan dari satu halaman ke halaman lain juga harus mudah, mulus, jelas dan user-friendly yang memudahkan pengguna. 

2. Pilih domain yang SEO Friendly

Urusan memilih nama domain untuk website SEO Friendly pun harus mencerminkan persepsi industri dan pencarian yang sering dilakukan oleh target market tentang produk Anda. Bila bisnis Anda berkecimpung di bidang perangkat lunak atau layanan TI, pilih nama domain yang relevan dan mencerminkan layanan TI. Harapannya agar target audiens Anda dapat mengidentifikasi dengan brand Anda secara online dan menganggap bahwa website Anda andal di bidang atau industri tersebut.

Gunakan domain ekstensi yang populer seperti .com dan .id atau sesuaikan domain dengan konten website Anda seperti .edu untuk institusi pendidikan atau .org untuk organisasi. Jangan gunakan tanda baca dalam nama website seperti toko-serba-ada.com karena domain ini hanya akan menyulitkan pengguna ketika ingin mencari website Anda. 

3. Hosting yang memadai

Yang tak kalah penting dalam membuat website yang SEO Friendly adalah keberadaan hosting yang andal. Hosting website yang Anda pilih akan menentukan konsistensi website experience yang Anda tawarkan kepada visitor baik organik maupun ads. Oleh sebab itu, jika Anda ingin mencegah server error, page timeout – dan menghindari bounce rate yang tinggi, Anda memerlukan hosting yang memadai yang dapat Anda andalkan. 

Dengan hosting berkualitas tinggi, loading speeds bukan lagi menjadi masalah. Dan harus diingat bahwa semakin baik kinerja website maka akan semakin besar pula tingkat engagement pengunjung. 

4. Buat konten yang ringan tapi menarik perhatian

Konten yang pembahasannya terlalu berat dan menggunakan istilah-istilah asing cenderung membuat pembacanya malas dan cepat bosan ketika membacanya. Buatlah konten yang ringan, mudah dimengerti, dan bermanfaat. Carilah referensi sebanyak mungkin untuk menemukan topik yang menarik dan relevan bagi target audiens.  

Tak hanya itu, agar website Anda SEO Friendly, sajikan konten yang memudahkan pembaca untuk mengekstrak informasi dari website Anda. Misalnya, gunakan judul dan subjudul untuk menunjukkan di mana informasi spesifik dapat ditemukan. Sehingga dengan demikian, pengunjung akan menghabiskan lebih banyak waktu di website Anda dan akan selalu kembali kapan pun mereka membutuhkan lebih banyak informasi.

5. Buat website yang mobile-responsive

Pengunjung mengakses website menggunakan berbagai gadget. Mulai dari ponsel, tablet, laptop hingga komputer desktop dengan berbagai sistem operasi dan bahasa pengkodean. Oleh sebab itu, website Anda yang SEO Friendly harus dapat diakses dari berbagai perangkat ini tanpa kendala dengan desain dan tampilan website yang dapat menyesuaikan scale layar pengguna. Memiliki website yang mobile-responsive akan berpotensi memenangkan kompetisi dengan yang lain di bidang yang sama.

6. Kecepatan website (fast loading website)

Siapapun pasti tidak suka dengan website yang terlalu lambat saat diakses. Waktu loading website akan sangat mempengaruhi SEO Friendliness. Memiliki website yang lambat akan menyebabkan bounce rate yang tinggi dan prospek akan beralih ke kompetitor Anda. 

Nah bila Anda ingin membuat website yang SEO Friendly, Anda harus melakukan audit SEO secara menyeluruh pada website Anda untuk mengetahui apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecepatan pemuatan website Anda. Biasanya, image atau foto dapat menghambat website Anda karena ukuran file-nya yang besar. Untuk mengatasinya, Anda bisa kompres ukuran image untuk membantu website loading lebih cepat.

Dan tahukah Anda bahwa Google selalu memprioritaskan website yang memuat lebih cepat, karena berusaha untuk selalu menawarkan pengalaman terbaik kepada pengunjung. Imbasnya tentu saja akan menghasilkan lebih banyak interaksi pengguna seperti konversi, newsletter signups, mengisi formulir kontak. 

7. Terhubung dengan social media

Hubungkan website dengan media sosial brand Anda untuk mendukung website yang SEO Friendly. Keberadaan social media bisa menjadi alat publisitas dan engagement yang baik bagi website Anda. Dengan menghubungkan website dengan social media akan membantu Anda mengarahkan lebih banyak traffic ke website Anda, meningkatkan visibilitas dan peluang untuk konversi. 

8. Berikan caption untuk konten visual dan video

Tahukah Anda bahwa teknologi search engine untuk membaca informasi pada gambar dan video masih primitif? Akibatnya, konten visual atau video seringkali belum bisa terbaca oleh search engine. Nah, untuk mengatasinya berikan caption pada foto atau video untuk memastikan bahwa search engine ini menangkap informasi tentang foto atau video tersebut. Selain itu, gunakan keyword yang relevan untuk memberi keterangan pada gambar dan video Anda. Dengan penambahan caption tersebut akan membantu foto dan video untuk mendapatkan peringkat selama pencarian organik. 

9. Buat konten baru secara rutin

Search engine selalu menyukai konten baru! Itulah sebabnya, rutin mengunggah konten di website menjadi sangat penting untuk membuat website yang SEO Friendly. Apa alasannya?

Pertama, pembaca menjadi senang berkunjung ke website Anda untuk membaca artikel-artikel unggahan terbaru yang bisa bermanfaat bagi dirinya.

Kedua, Google akan mengetahui website Anda aktif dan merekomendasikannya ke halaman pencarian. 

10. Sisipkan Internal Link dan External Link

Menambahkan internal link maupun external link merupakan salah satu tips untuk membangun website yang SEO Friendly. Dengan keduanya dapat membangun kepercayaan website Anda karena internal link ini dapat bertindak sebagai dukungan atau support terhadap konten dan brand Anda. Setiap jenis tautan menawarkan keuntungan tertentu. Lalu, apa beda keduanya?

Internal link adalah link yang mengarahkan audiens ke konten lain dalam website yang sama. Contohnya link ini yang mengarah ke konten lain dalam website ini. Internal link menjadi cara untuk memperkenalkan pengunjung ke halaman lain dalam website SEO Friendly Anda. Imbasnya akan meningkatkan waktu yang dihabiskan pengunjung di website, meningkatkan engagement, dan meningkatkan peluang up-selling atau cross-selling.

Sebaliknya, external link mengarahkan audiens ke konten lain dari website yang berbeda, misalnya link ini yang mengarah ke konten digital marketing pada website Neil Patel.  Dengan external link ini dapat menambah kesan kepada search engine bahwa website Anda dipercaya. Pengunjung pun akan menganggap website Anda berharga karena menghubungkan mereka ke sumber daya online yang bermanfaat.

Anda bisa memaksimalkan penggunaan website yang SEO Friendly dengan menambahkan kedua link ini. Kuncinya, gunakan link atau tautan secara bijaksana dan profesional untuk memastikan pembaca menemukan value atau manfaat dari tautan tersebut.

Baca juga: Kenali Jenis-Jenis Optimasi SEO yang Penting Bagi Bisnis

Membuat website yang SEO Friendly memang tidaklah mudah, namun jika Anda terus belajar dan berusaha mengembangkan website Anda, pengunjung akan terus datang dan mencari bisnis Anda. Ketika ingin merancang konten, lihatlah dari perspektif target audiens Anda. Apakah konten ini bisa memberi nilai tambah bagi diri mereka? Apakah konten ini dapat memecahkan masalah mereka? Jika ya, maka konten itu layak untuk Anda kembangkan.

Mulailah merancang website yang SEO Friendly untuk mengembangkan bisnis Anda. Selalu ingat bahwa semua butuh proses. Jangan menggebu-gebu di awal lalu menyerah di tengah jalan. Mungkin hari ini pengunjung website Anda kurang dari 10, tapi siapa yang tahu jika tahun depan website Anda telah dikunjungi jutaan pengunjung? Seperti pepatah yang mengatakan: “One day you will thank yourself for never giving up.”

So, let’s start small and dream big. Bingung harus mulai darimana? Jangan khawatir, ChubbyRawit siap membantu Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk membangun website yang SEO Friendly, Anda bisa langsung mengisi formulir di bawah ini. Konsultan kami akan menghubungi Anda untuk berdiskusi terkait kebutuhan website Anda.