Wajib Tahu! Ini Dia 5 Manfaat SEO Bagi Bisnis Anda

Jika Anda seorang digital marketer ataupun pemilik bisnis, mungkin telah familier dengan keberadaan search engine optimization (SEO) bagi website bisnis atau brand. Ya, pasalnya SEO sudah menjadi bagian penting dari strategi digital marketing yang sukses. Meski familier, tapi tidak jarang digital marketer atau pemilik bisnis yang belum menjalankan optimasi SEO. Alasannya apalagi kalau bukan karena keraguan apakah pemanfaatan SEO akan sepadan dengan investasi yang telah dikeluarkan baik waktu ataupun uang? Oleh sebab itu, pada artikel ini akan membahas lima manfaat utama SEO dalam strategi digital marketing bagi bisnis atau brand Anda.

1. Website yang USER-FRIENDLY

Dengan memanfaatkan SEO, pemilik bisnis maupun brand akan terbantu dalam membuat website yang lebih cepat, lebih lancar, dan lebih user-friendly. Meskipun kebanyakan orang masih berpegang pada definisi lama tentang SEO yang berpikir bahwa SEO hanya tentang mengoptimalkan mesin pencari. Namun, saat ini SEO juga tentang meningkatkan user experience.

Sebuah website yang terstruktur dengan baik, bersih, dan rapi akan secara tidak langsung ‘memaksa’ pengunjung untuk tinggal lebih lama. Dengan demikian akan menurunkan bounce rate (rasio pentalan) dan peningkatan page views. Hal ini ditunjang juga dengan konten yang sangat relevan baik halaman penjualan atau sales pages dan artikel blog yang akan membuat pembaca merasa senang karena Anda mampu menjawab pertanyaan jawaban mereka, menyelesaikan masalah mendesak mereka serta membantu dalam menemukan apa yang mereka cari di website Anda.

On-page SEO bila dilakukan dengan benar akan membuat user atau konsumen Anda bahagia. Search engine juga merasa puas karena dapat menyajikan informasi berkualitas tinggi kepada pengguna mereka.

2. Menghasilkan LEBIH BANYAK Pelanggan

Diakui atau tidak, salah satu alasan utama untuk memiliki website adalah untuk menonjol dari kompetitor dan meningkatkan basis pelanggan Anda. Betul tidak? Kalau tidak, kenapa harus repot-repot berinvestasi sekian juta bahkan ratusan juta rupiah untuk digital marketing, kan?

Ya, bisnis yang memiliki website dengan SEO yang dioptimalkan akan membawa LEBIH BANYAK pelanggan dan tumbuh dua kali lebih cepat daripada bisnis yang tidak memilikinya.

Baca Juga Pentingnya Membangun Audiens bagi Bisnis Anda

SEO adalah salah satu dari sekian banyak strategi digital marketing yang paling efisien dan terjangkau yang ada saat ini. Selain itu, dengan SEO bisa  mendatangkan pelanggan yang memang secara aktif mencari untuk menemukan produk atau layanan Anda! Jika Anda bersedia menginvestasikan beberapa jam waktu, energi, dan sejumlah uang, SEO akan mampu untuk membantu membawa traffic yang “ditargetkan” ke website Anda. Dan akhirnya lebih banyak pelanggan yang datang ke bisnis Anda daripada strategi marketing lain yang pernah Anda coba lakukan. 

3. Conversion Rate yang LEBIH BAIK

Sebuah website yang dioptimalkan dengan SEO akan lebih cepat, mudah dibaca dan akan ditampilkan dengan baik di hampir semua jenis perangkat, termasuk smartphone dan tablet. Website yang mudah dibaca dan navigasi yang baik lebih cenderung menarik perhatian pembaca atau pengunjung website Anda. Kabar baiknya, pembaca atau visitor ini cenderung menjadi pelanggan setia yang selalu kembali mengunjungi website atau layanan Anda.

4. Membangun BRAND AWARENESS

Salah satu manfaat dari mendapatkan peringkat tinggi di SERP adalah membangun brand awareness. Ketika website Anda muncul di halaman pertama search engine seperti Google, Yahoo, dan Bing, maka secara tidak langsung pelanggan potensial Anda lebih cenderung mempercayai brand Anda ketika mereka mencari istilah tertentu daripada brand lain yang tidak memiliki keberadaan website yang kuat

Itulah sebabnya usaha kecil yang ingin membangun brand awareness yang lebih baik, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional harus berinvestasi dalam SEO untuk mendapatkan peringkat teratas untuk istilah kunci yang terkait dengan bisnis mereka. Saat ini era dimana search engine memainkan peran penting dalam membuat atau menghancurkan brand Anda. Pilihannya, ada di tangan Anda.

Baca Juga Tips Membangun Strategi Konten Marketing

5. TERDEPAN dari Kompetitor

Mari ambil contoh dua bisnis yang berada di industri yang sama, menjual produk serupa, dengan harga yang sama. Namun salah satunya memiliki website yang dioptimalkan dengan SEO, sedangkan yang lain memiliki website yang tidak dioptimalkan. Mengingat semuanya sama, perusahaan mana yang menurut Anda akan menarik lebih banyak pelanggan ke website mereka dari pencarian lokal? Perusahaan mana yang kemungkinan akan tumbuh lebih cepat dan menjadi lebih sukses? 

Jawabannya tentu saja perusahaan yang memiliki website dengan SEO yang dioptimalkan! Ya, search engine dan SEO memiliki pengaruh yang sangat kuat. Untuk itu, satu cara untuk memenangkan persaingan dari kompetitor adalah memanfaatkan SEO untuk website bisnis atau brand Anda. 

SEO merupakan bagian penting dari strategi marketing apapun sebagai cara terbaik untuk meningkatkan visibilitas online Anda dan menjangkau konsumen ketika mereka secara aktif mencari informasi. Dengan mempertimbangkan semua manfaat di atas, maka tidak ada alasan untuk tidak mengoptimalkan website Anda. Pertanyaannya, sudahkah Anda berinvestasi dalam strategi SEO?