Cara dan Teknik Pemasaran Produk

Setelah Anda memahami konsep marketing dan membedakannya dengan sales, maka selanjutnya pasti Anda akan lebih memiliki gambaran tentang cara dan teknik pemasaran yang pas untuk bisnis Anda.

Katakanlah Anda sudah merumuskan strategi pemasaran dan merinci elemen-elemennya. Saatnya, Anda mengeksekusinya dengan teknik-teknik tertentu untuk mewujudkan tujuan Anda. Berikut adalah beberapa teknik pemasaran produk sederhana yang bisa Anda terapkan di era digital ini:

Website dan Marketplace

Pola belanja konsumen saat ini sudah mulai berubah. Mereka memadati internet dan aktivitas mereka beredar di social media. Internet menjadi bagian tak tergantikan dalam menjalani hidup. Komunikasi, informasi, dan transaksi menjadi aktivitas normal di internet. Website menjadi wajib Anda miliki untuk memberikan platform informasi kepada konsumen mengenai produk Anda.

Selain untuk menguatkan branding produk, fungsi website juga bisa mengonversi traffic kunjungan menjadi transaksi dengan menambahkan fitur yang memudahkan konsumen melakukan pembelian untuk produk Anda. Untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, Anda bisa bergabung di marketplace. Anda bisa mengkombinasikan website dan outlet Anda di marketplace untuk saling menghasilkan traffic yang harapannya bisa mengonversi penjualan.

Newsletter

Pertahankan retensi konsumen dengan menarik mereka untuk berlangganan newsletter. Anda dapat merancang newsletter untuk menginformasikan kepada konsumen secara luas namun terasa personal.

Call to Action

Anda bisa menyisipkan tautan pada call to action di berbagai materi promosi yang Anda distribusikan. Tautan ini berfungsi untuk membawa konsumen potensial ke platform yang memudahkan mereka untuk mempelajari produk dan melakukan pembelian.

Penawaran yang Menarik

Diskon, harga spesial, dan hadiah gratis masih menjadi magnet yang dapat mempengaruhi ketertarikan seseorang untuk berbelanja dan pada akhirnya memutuskan untuk melakukan pembelian. Anda bisa menaruh informasi soal ini di berbagai channel seperti social media, newsletter, website, dan marketplace.

Testimoni

Mintalah beberapa konsumen loyal Anda untuk memberikan testimoni lalu pajang testimoni mereka di semua channel pemasaran yang Anda miliki. Testimoni merupakan salah satu teknik yang dapat dipakai untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk Anda.

Referrals

Tak ada salahnya memanfaatkan jiwa sosial konsumen dengan teknik ini. Dorong mereka untuk membagikan referral mengenai produk Anda. Tentu saja, Anda juga harus menyiapkan gimmick supaya teknik ini berhasil. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan imbalan berupa diskon untuk transaksi berikutnya bagi yang mengirimkan referral ke 5 relasinya. Dengan demikian, produk Anda berpotensi untuk menjangkau konsumen potensial yang lebih besar.

Event Marketing

Memanfaatkan event untuk lebih mendekatkan produk Anda dengan konsumen potensialnya sangatlah dianjurkan. Ketika Anda membuka booth dalam sebuah kegiatan bazar atau pameran, Anda memberikan platform bagi konsumen untuk bersentuhan langsung dan memiliki pengalaman dengan produk Anda. Dengan demikian Anda bisa mengenalkan produk Anda kepada konsumen baru. Di sini Anda juga bisa mendistribusikan flyers  yang berisikan mengenai unique selling proposition produk Anda. Anda bisa menggiring konsumen untuk mengunjungi website  atau akun social media  produk Anda dengan memasukkan informasi tersebut ke dalam konten flyers.

Begitu banyak teknik yang bisa Anda terapkan untuk mewujudkan tujuan pemasaran Anda. Merasa kewalahan menentukan teknik yang tepat? Jangan khawatir, konsultan ChubbyRawit selalu siap membantu Anda menemukan solusi pemasaran yang tepat. Tinggalkan kontak Anda pada kolom di bawah dan kami akan segera menghubungi Anda.