Tren Instagram tahun 2019

Tahun sudah berganti, tren social media marketing tentu akan terus berganti. Di tahun 2019 ini, ada lima tren Instagram yang akan semakin besar. Mulai dari filter augmented reality Stories, video vertikal, hingga perubahan cara brand untuk berkolaborasi dengan influencer. Tren ini sebaiknya diantisipasi dengan baik, agar bisa bersaing dengan kompetitor dan memenangkan pasar. Lalu, apa sajakah tren Instagram tahun ini? Simak artikel berikut!

#1 Filter AR Instagram Stories

Masih ingat dengan hype Pokemon Go? Aplikasi gim seluler yang paling banyak diunduh dan menguntungkan pada tahun 2016 lalu dengan teknologi augmented reality (AR) yang keren. Bukan hanya itu saja, Pokemon GO juga menawarkan pengalaman interaktif dari lingkungan dunia nyata dengan objek ‘augmented’. Tidak heran kalau gim ini laku keras saat itu.

Pada saat konferensi F8 Facebook tahun lalu, augmented reality dan virtual reality (VR) menjadi fokus utama. Saat itu, dua topik ini terdengar sangat futuristik. Tapi sekarang, AR bahkan sudah muncul di filter Instagram Stories selama satu tahun belakangan.

Rihanna, Kylie Jenner, dan Will Smith adalah tiga contoh selebrita yang meluncurkan filter wajah AR mereka sendiri pada tahun 2018, yang hanya dapat dibuka jika Anda follow selebrita ini di Instagram. Ini tentu saja langkah yang sangat cerdas. Rihanna dengan ciri khas filter berlian, Kylie Jenner AR dengan ciri khas filter lip kit Kylie Cosmetics dan filter Will Smith sebagai Pangeran Baru Bel-Air.

Sayangnya, saat ini AR masih dalam versi closed beta. Namun, saat AR pada Instagram Stories sudah masif Anda bisa mengajukan permohonan untuk menjadi first adopter bagi brand Anda.

#2 Fokus pada Bio Instagram

Pekerjaan rumah yang cukup penting di tahun 2019 lainnya adalah menulis deskripsi langsung tentang brand Anda, memanfaatkan Stories Highlights untuk menceritakan brand story Anda, mendapatkan klik pada URL situs Anda, atau dengan kata lain – menginvestasikan waktu untuk membuat bio Instagram yang sempurna.

Profil Instagram adalah tempat Anda membagikan siapa diri Anda, apa yang Anda lakukan, dan mengapa orang harus mengikuti Anda. Jadi, profil Instagram menjadi salah satu aspek terpenting dari optimasi strategi Instagram Anda, dan tidak boleh diabaikan.

#3 Mengajak Influencer Berlibur

Di tahun 2019 ini, muncul tren brand atau merek akan membawa influencer berlibur. Idenya adalah memilih influencer Instagram dengan jutaan pengikut, kemudian mengirim mereka untuk berlibur di daerah wisata pilihan brand. Dan biarkan influencer untuk mencoba produknya dan, tentu saja, biarkan mereka memposting semuanya baik di feed maupun stories.

Hal ini tentu berbeda dengan tren 2018 lalu dimana sebagian besar brand akan mengirim produk ke influencer dan menunggu posting sponsored content dalam feed dan stories mereka. Dengan tren baru ini, Anda dapat mempromosikan hashtag branded Anda, memanfaatkan kekuatan UGC, dan menggunakan kembali suntikan untuk kampanye. Jadi, kalau budget marketing Anda memiliki anggaran ratusan juta hingga miliaran rupiah, mengapa tidak dicoba?

#4 Menciptakan Pengalaman Offline

Kalau Anda tidak memiliki anggaran yang besar untuk menggunakan influencer marketing, masih ada cara lain yaitu menciptakan pengalaman offline yang mengesankan. Dan pengalaman offline adalah salah satu tren Instagram di tahun 2019.

Jadi, jika brand atau Bisnis Anda adalah kafe, pastikan untuk menciptakan momen yang layak untuk Instagram pelanggan offline Anda, yang akan mendorong mereka untuk berfoto, membagikannya di Instagram, dan, tentu saja, beri hashtag branded Anda. Anda bisa mendekorasi interior atau eksterior yang Instagramable atau membuat menu makanan yang kekinian untuk menarik pelanggan dan milenial yang datang ke kafe untuk berfoto dan membagikannya ke akun Instagram mereka.

#5 Video Vertikal

Dulu, jika Anda memposting video vertikal, orang pasti akan menyarankan Anda untuk mengubah kamera saat pengambilan video berikutnya agar sesuai dengan bingkai horizontal di YouTube atau Facebook.

Tapi di tahun 2019 dengan Stories, Live, dan IGTV yang semakin populer, video vertikal tidak hanya menjadi hype di Instagram, tetapi juga di Youtube, di mana Anda sekarang dapat mengunggah video vertikal tanpa bilah hitam di sampingnya. Dengan adanya pembaruan YouTube ini secara otomatis menyesuaikan rasio aspek video, agar sesuai dengan ukuran layar pada komputer Anda.

Untuk Instagram, tak ada salahnya kalau memperbaiki kualitas produksi video untuk meningkatkan kinerja konten Anda pada tahun 2019. 

Nah, info yang cukup lengkap dan dapat diantisipasi bukan? Tak ada salahnya Anda ambil napas sejenak, buat beberapa catatan, dan membaca kembali strategi Anda dan bersiaplah untuk menjalankan strategi hebat di tahun 2019 ini.