Inbound Marketing Strategy Termudah di Tahun 2019

Perkembangan teknologi tentunya memberikan pengaruh terhadap kebiasaan konsumen. Semakin banyak konsumen yang telah pintar dan malas “ditawari” barang atau jasa jika mereka merasa tidak membutuhkannya. Mereka cenderung mencari tahu terlebih dahulu sebelum membeli. Ini tentunya, membuat pemilik bisnis seperti Anda harus senantiasa siap dan waspada terhadap cara pemasaran baru.

Memanfaatkan internet untuk pemasaran saat ini adalah suatu keharusan karena konsumen Anda saat ini memadati berbagai kanal yang ada di sana. Nah, untuk menarik mereka lebih dekat dengan produk Anda, tentunya Anda harus memiliki inbound marketing strategy yang pas.

Definisi Inbound Marketing

Apa itu inbound marketing? Inbound marketing adalah teknik untuk menarik konsumen kepada produk atau jasa yang Anda tawarkan melalui content marketing, social media marketing, search engine optimization, dan branding. Inbound marketing memberikan informasi, pengalaman yang lebih baik kepada konsumen dan membangun kepercayaan.

Bagaimana cara melakukannya?

Karena inbound marketing adalah tentang membuat pengalaman berharga yang memiliki pengaruh positif terhadap orang-orang dan bisnis Anda, cara paling tepat untuk melakukannya adalah dengan menarik prospek dan konsumen ke website dan blog Anda melalui konten yang relevan dan bermanfaat.

Ketika mereka datang, Anda ikut terhubung dengan mereka menggunakan perangkat percakapan seperti email dan chat serta value yang menjanjikan. Pada akhirnya, Anda menyenangkan mereka dengan senantiasa bertindak sebagai penasihat dan ahli yang penuh perhatian.

Berikut ini adalah bentuk-bentuk inbound marketing yang paling mudah dilakukan di tahun 2019:

Email yang Lebih Personal

Biasanya orang akan cenderung membuka email yang diterima dari seseorang dibandingkan email yang datang dari alamat otomatis yang tidak bisa dibalas. Oleh karena itu, berikan nama yang lebih personal untuk sistem email yang khusus digunakan untuk mengirimkan newsletter kepada konsumen Anda. Selain itu, Anda juga perlu memberikan subjek email yang akan menarik minat mereka sehingga mereka nantinya akan bersedia untuk meng-klik link yang akan membawa mereka pada laman informasi yang mereka anggap bermanfaat.

Blog

Blog Writing

Artikel yang diterbitkan di blog perusahaan memiliki peranan signifikan dalam mendefinisikan citra perusahaan di mata prospek dan kompetitor. Kualitas konten terkait dengan topik yang menarik untuk konsumen akan meningkatkan tingkat kepercayaan dan kesetiaan terhadap produk Anda. Menurut RetailingToday (2013), 81% konsumen melakukan riset secara online sebelum melakukan pembelian besar. Oleh karena itu, artikel harus dengan seksama ditulis berdasarkan prinsip SEO dan harus mengikuti minat dan kebutuhan konsumen untuk memberikan semua informasi yang dibutuhkan guna mempengaruhi keputusan membeli.

SEO (Search Engine Optimization)

SEO

SEO mempengaruhi posisi kanal digital yang Anda miliki seperti website, blog, social media dan sebagainya. Laman website Anda bisa dioptimasi menjadi yang paling atraktif untuk mesin pencari supaya dapat tampil di halaman pertama hasil pencarian. Harus dipahami bahwa SEO melibatkan suatu aturan konten tertentu supaya dapat secara tepat diindeks oleh mesin pencari. Dengan menampilkan website Anda di halaman pertama hasil pencarian, ini memberikan potensi akses yang lebih besar oleh konsumen.

Social Media

SOCIAL MEDIA

Social media merupakan lingkungan yang spesifik untuk inbound marketing. Dengan social media,  prospek dapat diidentifikasi dan komunikasi dapat disesuaikan berdasarkan jenis media yang digunakan dan audiensnya. Konsumen akan memberikan “Like” atau melakukan “Follow” brand di social media untuk mendapatkan informasi terkait dengan perusahaan dan produk-produknya. Dengan demikian memberikan update informasi secara berkala yang sesuai dengan kebutuhan audiens menentukan keberhasilan strategi ini.

Sekarang, tidak perlu lagi bingung menentukan seperti apa inbound marketing strategy yang bisa Anda lakukan untuk bisnis Anda. Strategi di atas tentunya cukup mudah diimplementasikan. Apabila Anda butuh dukungan atau tim khusus untuk melakukan strategi ini untuk bisnis Anda, jangan segan untuk menghubungi ChubbyRawit.