Tips Praktis Social Media Branding bagi Bisnis (Part 1)

Social Media Branding _ Social Media Branding Blog ChubbyRawit

Sebagai marketer di era marketing 5.0, social media sudah menjadi salah satu bagian dari strategi digital marketing brand atau perusahaan Anda. Sudah banyak bisnis maupun individu yang sukses dalam memaksimalkan penggunaan social media. Mulai dari tujuan penggunaan sebagai sarana social selling, konten marketing, atau dukungan pelanggan alias customer support.

Keberadaan social media memberi Anda peluang yang sempurna untuk menjangkau target audiens dan membangun brand awareness Anda. Namun, dengan begitu banyaknya platform social media yang tersedia dan persaingan yang ketat pada semua platform, mungkin Anda akan mengalami kesulitan untuk mengatur brand Anda secara terpisah dan membangun posisi Anda di Twitter, Instagram dan Facebook.

Tapi tenang saja, simak dan ikuti 10 tips social media branding ini agar strategi social media Anda tercapai dan citra brand Anda terwakili pada social media Anda.

#1. Pilih Platform yang Tepat

Ada ratusan aplikasi social media yang ada dan bermunculan setiap harinya. Tentu saja, ini sangat menarik dan menggoda bagi Anda sebagai social media manager atau marketer. Namun, tidak setiap platform social media tepat untuk perusahaan atau brand Anda. Tugas Anda adalah menemukan platform yang selaras dengan citra dan tujuan brand Anda.

Pastikan Anda memahami demografi masing-masing platform social media dan sesuaikan dengan jenis bisnis serta tujuan Anda. Sebagai contoh, bila brand atau bisnis Anda adalah B2B maka pilihan yang paling tepat adalah LinkedIn karena jaringan B2B ini yang paling menarik pemilik bisnis.

#2. Konsisten dengan Topik Anda

Platform social media seperti Twitter, Facebook, dan LinkedIn merupakan platform yang sangat bagus untuk kurasi konten. Kurasi konten ini adalah cara yang bagus untuk membantu Anda membangun otoritas dalam industri Anda serta menyediakan konten social media yang tidak mempromosikan diri. Menemukan pos blog, video, dan konten lain untuk dibagikan dengan pemirsa Anda terdengar cukup sederhana. Namun, banyak bisnis yang melakukannya tanpa membuat strategi atau panduan untuk topik apa yang akan dibagikan.

Untuk itu, selalu pilih beberapa topik yang terkait erat dengan industri Anda. Misalnya, situs karier terkenal Monster.com akan membagikan konten tentang kepuasan karyawan, saran karir, dan budaya tempat kerja. Semua ini terkait langsung dengan brand atau core bisnisnya. Dengan berfokus pada bidang keahlian utamanya, brand ini menjadi akun rekomendasi yang terkait dengan karier di social media.

#3. Posting Secara Teratur

Anda ingin membunuh upaya social media branding yang sudah dilakukan? Mudah saja! Posting secara tidak teratur di social media Anda maka Anda akan dengan mudah dilupakan. Rentang perhatian yang pendek dikombinasikan dengan jejaring sosial yang berkembang sangat pesat membuat posting secara reguler menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Seberapa sering Anda memposting akan bergantung pada audiens Anda. Ini akan membutuhkan beberapa percobaan dan kesalahan untuk mencari tahu apa yang terbaik untuk brand atau bisnis Anda. Salah satu cara terbaik untuk menentukan seberapa sering Anda harus memposting adalah menggunakan media sosial dan alat analisis sosial. Dengan social media publishing tools ini akan memungkinkan Anda untuk menjadwalkan posting Anda di waktu pengikut atau followers Anda paling aktif.

Baca juga Social Media untuk Perusahaan B2B, Pentingkah?

Selain itu, dengan social media management tools juga akan memungkinkan Anda untuk dapat mengukur postingan mana yang mendapatkan keterlibatan atau engagement paling banyak. Anda mungkin menemukan bahwa posting Anda tentang trivia atau fun facts akan mendapatkan lebih banyak keterlibatan dibandingkan dengan postingan lainnya. Untuk itu, selalu lacak dan tinjau insight social media Anda.

#4. Promosikan Profil Anda

Satu tantangan yang banyak dimiliki oleh perusahaan dengan social media branding adalah membangun daya tarik awal. Namun, bila bisnis atau brand Anda memiliki properti digital atau situs lain seperti website, blog, atau akun social media lainnya, maka Anda bisa mulai dari sana.

Promosikan profil social media Anda kapanpun dan dimanapun. Anda bisa mencetak selebaran dan brosur Anda sertakan akun social media didalamnya, tautkan pengunjung website Anda ke akun social media Anda dan lintas-promosikan di saluran social media Anda yang lain. Secara internal, Anda pun bisa melakukan promosi profil social media kepada karyawan Anda. Kirim pesan melalui email atau newsletter ke seluruh karyawan perusahaan Anda dan dorong mereka untuk mengikuti social media Anda.

Penasaran dengan tips selanjutnya? Ingin tahu tips dan strategi yang lainnya? Dapatkan kelanjutan tips praktis Social Media branding bagi bisnis dengan menyimak artikel selanjutnya. Agar tidak terlewatkan artikel-artikel terbaru seputar digital marketing dan social media, jangan lupa untuk subscribe blog ChubbyRawit ya.