Contoh Unique Selling Proposition untuk Bisnis atau Brand Anda

Coba sebutkan satu brand yang lekat dalam ingatan Anda! Nike, Starbucks, WalMart, Coca Cola dan sederet brand besar lainnya mungkin menjadi jawaban Anda. Ya, keempatnya adalah contoh brand yang memiliki unique selling proposition yang hebat. Mengingatkan kembali, unique selling proposition (USP) adalah faktor yang membedakan produk atau layanan Anda dari para pesaing atau kompetitor Anda.

Contohnya seperti harga termurah, kualitas tertinggi, yang pertama kalinya, atau beberapa diferensial lainnya. Atau secara rinci bisa pula, USP menjelaskan tentang bagaimana produk atau layanan Anda memecahkan atau memperbaiki masalah; apa manfaat yang bisa diharapkan pelanggan; mengapa pelanggan harus membeli dari Anda atas pesaing Anda. Dengan USP ini Anda memperkenalkan diri Anda kepada calon pembeli dan membantu Anda membuat kesan pertama yang kuat.

USP dapat dianggap sebagai “apa yang Anda miliki yang tidak dimiliki pesaing Anda.” Memanfaatkan USP merupakan salah satu alat pemasaran yang hebat untuk membantu memposisikan dan menjual produk Anda. Beberapa pakar pemasaran percaya bahwa bila Anda tidak dapat menentukan apa yang membuat bisnis Anda unik di dunia pesaing yang homogen, maka Anda tidak dapat menargetkan upaya penjualan secara efektif.

Itulah mengapa sangat penting untuk memiliki USP yang kuat bagi brand atau bisnis Anda. USP yang kuat memberikan landasan yang bagus untuk membedakan produk Anda dan memberi Anda nama dalam kompetisi.

Berikut beberapa contoh USP terkenal dan penjelasan mengapa mereka bekerja dengan sangat baik yang bisa Anda pelajari dan gunakan untuk brand atau bisnis Anda.

#1. M&Ms

The milk chocolate melts in your mouth, not in your hand.

M&Ms adalah salah satu contoh USP yang unik dapat menarik minat pelanggan. Awalnya mungkin tidak akan ada yang terpikir membuat selling point dari fakta bahwa produk Anda tidak akan meleleh ketika Anda memegangnya? M & Ms melakukannya dan nyatanya bekerja sangat baik untuk mereka. Hal ini menunjukkan bahwa selama produk tersebut bermanfaat bagi calon pelanggan maka cara ini akan efektif. Dalam hal ini, fakta bahwa cangkang permen M&M membuat cokelat di dalamnya tidak akan meleleh dan mengalir keluar yang mengotori tangan Anda adalah nilai tambah yang pasti bagi pelanggan.

#2. Apple MacBook

Light. Years ahead.

MAC USP CHUBBYRAWIT BLOGApple selalu memiliki USP yang hebat untuk setiap produk. Tetapi untuk Macbook USP ini sangat mengesankan. Apple menekankan betapa ringan produknya yang menjadi pembeda terbesarnya, dan juga berbicara tentang seberapa canggih teknologinya.

#3. Spotify

Soundtrack your life.

Spotify dengan fasih memberi tahu Anda tentang produknya. Ia ingin membawa musik ke dalam hidup Anda dan melakukan hal itu dengan tersedia di smartphone saat Anda mobile dan juga di desktop atau PC. Selain itu, Spotify juga mengandalkan musik secara legal dan akses terhadap belasan juta lagu untuk para subscriber premium mereka.

#4. MailChimp

Send better email.

Hanya terdiri dari tiga kata yang sederhana. Namun, tiga kata ini sangat mewakili produk dari brand Mailchimp. Sederhana, langsung, dan berani. Mailchimp menawarkan penggunaan layanannya dan Anda akan mengirim email yang lebih baik – tanpa jika dan tanpa tapi.

#5. Bitly

Harness every click, tap and swipe

Bitly dikenal sebagai penghubung tautan. Dan Bitly adalah semua tentang menghilangkan kekacauan dan menjadi ringkas. Jadi tidak heran bila USP perusahaan mencerminkan sifat-sifat ini juga. Dalam pernyataan USP yang sederhana ini, Bitly sudah merangkum tiga layanan utamanya dengan cara yang tidak hanya mudah diingat, tetapi juga tidak dapat disalahartikan.

#6. Evernote

Remember Everything.

Hanya dengan dua kata, Evernote memberi tahu Anda manfaat pasti dari produknya dan menunjukkannya dalam aksi dengan tiga situasi dalam videonya. Dengan kondisi sekarang dimana banyak orang yang harus mengingat kegiatan sehari-hari, Evernote tahu itu dan ingin membantu.

#7. Pinterest

When it comes to a great idea, you know it when you see it.

Pinterest USP CHUBBYRAWIT BLOG

Pinterest memberi tahu Anda persis siapa mereka dan apa yang dilakukannya dalam satu kalimat sederhana. Nilai hiburan situs ini di berbagai platform (desktop dan seluler) ditunjukkan melalui gambar yang sangat sederhana, dan tombol call-to-action berwarna merah terang mampu menarik minat Anda untuk menjadi pengguna.

Ada sedikit tips untuk membuat USP bagi bisnis atau brand Anda. Dalam buku Reality in Advertising, eksekutif periklanan Rosser Reeves menetapkan tiga aturan yang harus diikuti oleh USP jika mereka ingin menjadi lebih dari sekadar branding kreatif.

  • Setiap iklan harus membuat proposisi kepada konsumen — bukan hanya kata-kata, kepuasan produk, atau show-window advertising. Setiap iklan harus mengatakan kepada setiap pembaca: “Beli produk ini, dan dapatkan manfaat khusus ini.”
  • Proposisi harus menjadi salah satu yang tidak dapat atau tidak ditawarkan oleh pesaing. Harus unik — baik dalam brand atau dalam klaim.
  • Proposisi harus cukup kuat untuk memindahkan massa, yaitu, menarik pelanggan baru.

Semoga dengan contoh dan sedikit tips ini memberi Anda beberapa gagasan tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan atau memperjelas USP bisnis Anda. Anda tidak memerlukan anggaran marketing atau desain yang sangat besar untuk menjadikan bisnis Anda sebagai pusat perhatian dan yang terbaik dalam industri Anda – Anda hanya butuh sedikit fokus dan beberapa saat untuk mempertimbangkan brand Anda dari perspektif pengguna atau konsumen Anda.