Mengenal Website e-Commerce dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Sebagai pemilik bisnis atau brand, Anda tentu ingin secara konsisten menjangkau pelanggan baru dan berkomunikasi secara efektif dengan yang existing customer. Hal ini tentu bisa dilakukan bila Anda memiliki toko fisik alias offline. Walaupun keduanya tentu tidak mudah dicapai.

Namun, tidak ada yang mustahil bila Anda menambahkan keberadaan website e-Commerce dalam strategi bisnis Anda. Membuat situs e-Commerce akan memungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis atau brand untuk mengatasi keterbatasan lokasi fisik, sekaligus meningkatkan penjualan produk. Sebenarnya, apa itu website e-Commerce? Dan apa saja manfaat dari penggunaan website e-Commerce bagi bisnis?

Website e-Commerce adalah website yang memungkinkan pengguna membeli dan secara online. Dengan website e-commerce memungkinkan Anda untuk menambahkan produk, menerima pembayaran dan menawarkan opsi pengiriman kepada konsumen Anda. Tak hanya itu saja, masih ada tujuh alasan mengapa Anda harus melirik e-Commerce sebagai bagian strategi digital marketing Anda.

#1. Mengumpulkan Lead dan Data Pelanggan untuk Email Marketing

Pic source: Smart Mail

Dengan website e-Commerce Anda memiliki kesempatan untuk mengumpulkan informasi dari pelanggan saat mereka memutuskan untuk berbelanja di website Anda. Setidaknya, Anda akan mengumpulkan email pelanggan yang bisa Anda pergunakan untuk email marketing bisnis Anda. Email marketing ini akan memberi Anda kemampuan untuk meningkatkan bisnis baru dan berulang dengan melibatkan calon konsumen secara strategis dan terus menerus. Kesempatan ini hanya bisa Anda dapatkan bila Anda membuat website e-Commerce. Namun, Anda juga perlu mengembangkan cara lain yang kreatif untuk bisa menjaring alamat email calon pelanggan potensial dengan berbagai penawaran yang dapat disediakan oleh website Anda.

#2. Menjangkau Calon Pelanggan Baru Melalui Mesin Pencari

Faktor besar dalam kesuksesan toko fisik adalah lokasi. Jika Anda tidak berada pada lokasi yang strategis, visibilitas toko menjadi berkurang. Alih-alih toko fisik Anda ditentukan oleh lokasi bisnis Anda, kemampuan Anda untuk memberi peringkat di mesin pencari menentukan visibilitas Anda secara online. Pelanggan potensial yang belum melewati toko Anda atau mendengar tentang Anda dari orang lain, akan memiliki kemampuan untuk menemukan Anda secara online. Setiap hari seseorang mencari produk atau layanan yang relevan dengan produk di toko fisik dan situs e-Commerce Anda. Dengan demikian, akan memberi Anda kemampuan untuk menemukan pembeli dan menjual produk Anda secara langsung melalui website.

#3. Meningkatkan Visibilitas Promosi Toko

Setiap toko pasti memiliki program promosi tertentu dan selalu mencari cara untuk menyebarkan berita tentang penawaran terbaru mereka. Dengan e-Commerce, Anda memiliki alternatif untuk menyebarkan promosi khusus Anda. Promosi ini juga merupakan cara yang bagus untuk mengeksekusi pengumpulan alamat email. Selain itu, dengan promosi di website e-Commerce akan membantu bisnis berkembang seiring dengan peningkatan penjualan.

#4. Buka Selama 24 Jam

Berbeda dengan toko offline yang memiliki jam operasional, website e-Commerce beroperasi selama 24/7/365. Dengan kata lain, e-Commerce bisa berjalan sepanjang waktu. Dari sudut pandang pebisnis, tentu saja ini adalah peluang untuk meningkatkan jumlah pesanan dan penjualan yang mereka terima. Sementara dari sudut pandang pelanggan, mereka menemukan kenyamanan dalam berbelanja di e-Commerce dengan alasan untuk menghemat waktu dan menghindari lalu lintas yang macet namun tetap bisa menikmati kenyamanan di rumah mereka sendiri. Dengan e-Commerce, juga memberi konsumen kesempatan untuk berbelanja kapan pun dan dimana pun mereka mau; termasuk saat toko offline Anda tutup.

#5. Hemat Biaya

Mungkin Anda berpikir bahwa biasanya membangun sebuah website e-Commerce itu mahal? Ya, bisa jadi biaya pembuatan website e-Commerce memang lebih mahal dibandingkan dengan social media e-commerce atau website biasanya. Namun, Anda harus berpikir bahwa website e-Commerce ini adalah sebuah investasi bagi bisnis Anda. Dibandingkan toko offline, tentu website e-Commerce jauh lebih terjangkau karena Anda tak perlu menyewa tempat untuk toko serta gudang. Kalau dibandingkan dengan social media e-Commerce, pasalnya tren social media bisa saja berganti dalam kurun waktu yang cepat. Berbeda dengan e-Commerce yang menjadi ‘rumah online’ Anda yang bisa menjadi milik Anda selama bisnis Anda berjalan. Untuk itu, e-Commerce bisa menjadi alternatif pengganti atau justru melengkapi dari keberadaan toko fisik Anda.

Baca juga Website vs Social Media, Mana yang Lebih Baik?

#6. Mengatasi Batasan Geografis

Jika Anda memiliki toko fisik, Anda tentu dibatasi oleh area geografis dalam menjual layanan atau produk Anda. Namun dengan website e-Commerce, produk atau layanan Anda bisa beredar ke seluruh dunia. Anda tidak lagi dibatasi oleh kondisi geografis, karena siapa pun dan dari mana pun bisa mengakses produk atau layanan Anda. Apalagi ditambah lagi dengan kemunculan m-Commerce, yaitu e-Commerce pada perangkat seluler, telah menghilangkan batasan geografis.

#7. Menciptakan Pasar untuk Produk Niche

Pembeli dan penjual produk niche sering merasa kesulitan untuk menemukan satu sama lain di dunia nyata. Namun, mereka justru memiliki kesempatan untuk saling menemukan dan bertransaksi melalui dunia online dengan mesin pencarian. Oleh sebab itu, bila Anda memiliki produk atau layanan niche sebaiknya jadikan website e-Commerce sebagai salah satu strategi digital marketing Anda. Anda tidak ingin melewatkan kesempatan untuk menemukan calon pelanggan potensial bukan?

Ternyata, ada banyak alasan yang bagus untuk membangun website e-Commerce bagi bisnis. Bila Anda ingin memperluas jangkauan serta meningkatkan penjualan Anda, website e-Commerce layak untuk Anda pertimbangkan. 

Tertarik membuat website e-Commerce untuk bisnis Anda? Namun masih bingung apa dan bagaimana memulainya? Silahkan tinggalkan pesan Anda seputar pembuatan website e-Commerce pada formulir Contact Us di bawah. Kami, ChubbyRawit, akan memberikan konsultasi, bimbingan, serta tim pekerja dalam pembuatan website dan jasa digital marketing lainnya untuk bisnis Anda. Hubungi kami sekarang sekarang juga!