Apa Perbedaan Marketing dan Sales?

Dua hal yang sedari dulu sering kali jadi pederbatan. Sales dan marketing merupakan dua hal yang saling terkait dan bertujuan untuk meningkatkan pendapatan. Karena dua hal tersebut terjalin erat, maka menjadi sulit untuk menyadari perbedaan keduanya.

Di perusahaan kecil, orang yang sama seringnya menangani tugas sales dan marketing sekaligus. Namun, marketing sebenarnya berbeda dengan sales dan seiring dengan berkembangnya perusahaan, peranan dan tanggung jawabnya menjadi lebih terspesialisasi.

Untuk lebih memahami dimana saja aspek perbedaan keduanya, mari kita simak penjelasan di bawah ini:

Definisi

Marketing merupakan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian yang sistematis terkait dengan aktivitas bisnis untuk mempertemukan penjual dan pembeli. Sementara itu sales merupakan sebuah penjualan, sebuah transaksi antara dua pihak dimana pembeli menerima barang/jasa atas pertukaran uang.

Jadi, di dalam marketing itu terlibat kegiatan seperti riset untuk mengidentifikasi pelanggan, mengembangkan produk yang inovatif dan mempromosikan produk lewat periklanan serta meningkatkan awareness tentang produk di antara konsumen.

Marketing nantinya akan menghasilkan prospek. Ketika produk sudah diluncurkan ke pasar, tugasnya seorang sales untuk membujuk konsumen membelinya. Sales berarti mengonversi prospek menjadi pembelian dan pemesanan.

Marketing menghasilkan prospek. Sales menghasilkan transaksi.

Orientasi

Marketing lebih berorientasi kepada konsumen sedangkan sales berorientasi kepada produk. Marketing membantu perusahaan memahami apa yang dibutuhkan konsumen sementara sales membantu perusahaan memahami bagaimana menjual sebuah produk kepada konsumen. Dengan demikian, marketing menuntun perusahaan untuk mengembangkan produk yang cocok untuk kebutuhan konsumen dan sales akan mendapatkan konsumen yang akan membeli produk yang sudah ada.

Marketing lebih berorientasi kepada konsumen sedangkan sales berorientasi kepada produk.

Fokus

Secara keseluruhan marketing memiliki fokus untuk mempromosikan, mendistribusikan, menentukan harga untuk produk/jasa, memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen melalui produk atau jasa yang bisa ditawarkan oleh perusahaan. Di sisi lain, sales hanya memiliki fokus untuk memenuhi target jumlah penjualan.

Marketing memiliki fokus yang lebih banyak, sales hanya memiliki fokus untuk memenuhi target jumlah penjualan.

Durasi

Marketing ditujukan untuk jangka waktu yang lama, sales memiliki tujuan yang lebih pendek. Marketing melibatkan proses yang lebih lama untuk membangun brand dan mengejar konsumen untuk membelinya bahkan meskipun mereka tidak membutuhkannya. Sales hanya terlibat dalam sebuah proses yang pendek untuk menemukan target konsumen.

Marketing membutuhkan waktu yang lebih lama, sales hanya sebentar.

Target dan Relasi

Dalam marketing yang menjadi sasarannya adalah publik secara umum. Ia membangun reputasi dan menciptakan pasar. Dengan demikian relasi yang dibangun adalah satu untuk banyak (one to many). Berbeda dengan sales dimana sasarannya adalah individu atau kelompok kecil. Ia mendekati dan membujuk mereka untuk membeli produk yang sudah ada. Jadi, relasi yang berlangsung adalah satu untuk satu dan lebih personal (one to one).

Marketing one to many, Sales one to one

Contoh Aktivitas

Ketika memasarkan sebuah produk lemari es, seorang pemasar tidak akan berbicara mengenai harga spesial atau diskon. Ia akan berfokus untuk menyampaikan value yang lebih besar. Misalnya lemari es tersebut ramah lingkungan, canggih, dan cocok dengan pribadi modern. Sementara seorang sales akan berbicara ke calon pembelinya dengan harga spesial dan diskon serta manfaat apa saja yang didapatkan dengan membayar produk secara keseluruhan. Misalnya tentang pengiriman produk, garansi, dukungan perbaikan dan semacamnya.

Marketing berbicara value, sales berbicara nominal.

Tentunya dari sini makin terlihat jelas perbedaan antara marketing dan sales. Meskipun serupa tetapi tak sama. Baik marketing dan sales keduanya saling bertalian erat untuk mewujudkan objektif yang sama: meningkatkan pendapatan.

Marketing memudahkan sales untuk membidik pembeli dan melakukan konversi penjualan. Dengan mengoptimalkan dua fungsi tersebut, bisnis Anda akan terjamin keberlanjutannya.

Perbaiki tenaga dan kegiatan marketing Anda namun jangan lupakan tenaga atau sistem sales Anda. Contoh di dalam digital marketing, marketing telah menjalankan berbagai aktivitas pemasaran dan membawa banyak traffic ke website, namun website Anda lambat, metode pembayaran terbatas, customer service tidak ramah, atau buruknya lagi website Anda tidak up to date. Alhasil tidak terjadi konversi. Oleh karena itu, dalam berbisnis harus mengoptimalkan dua fungsi marketing dan sales.

Subscribe dan ikuti terus blog ChubbyRawit untuk mendapatkan insight lebih banyak terkait dengan dunia marketing.