Instagram menjadi salah satu platform social media yang paling banyak digunakan oleh penduduk Indonesia, di mana 84,8% dari pengguna internet berumur 16 – 64 tahun telah menggunakan Instagram.
Hal tersebut membuat Instagram terus berusaha menjaga penggunanya untuk tetap bertahan di Instagram dengan memberikan fitur Instagram yang memukau dan memang diinginkan oleh penggunanya.
Untuk Anda para business owner maupun marketer, pastinya harus selalu up-to-date dengan pembaruan fitur Instagram yang diberikan oleh Instagram agar tetap dekat dengan audiens Anda.
Berbagai fitur Instagram juga sudah dibuat untuk memudahkan para business owner dan marketer untuk berinteraksi dengan audiens.
Di dalam artikel ini akan dibahas fitur Instagram terbaru yang perlu Anda tahu dan bisa dimanfaatkan untuk bisnis Anda.
Baca juga: Jenis-Jenis Marketing Campaign di Instagram Tahun 2022
Table of Contents
1. Instagram Stories 60 detik
Salah satu fitur Instagram terbaru yang dihadirkan oleh Instagram adalah durasi Instagram Stories yang diperpanjang menjadi 60 detik.
Ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin berinteraksi dengan followers melalui Instagram stories tanpa harus terpotong setiap 15 detik.
Bagaimana? Sudah terbayang akan memanfaatkan fitur Instagram ini untuk bisnis Anda? Yuk coba terapkan di Instagram bisnis Anda!
2. Pin pada Instagram
Pin pada Instagram juga merupakan fitur Instagramyang belum lama ini hadir di Instagram.
Pembaruan ini memungkinkan Anda untuk menyematkan postingan Anda ke bagian atas grid Instagram Anda.
Dengan begitu, Anda bisa menempatkan hingga 3 postingan yang Anda inginkan berada di paling atas ketika orang mengunjungi profil Instagram Anda.
Fitur Instagram ini juga sudah ada di platform social media lain seperti Twitter dan TikTok.
3. Kolaborasi Posting
Fitur Instagram lain yang dihadirkan adalah opsi kolaborasi posting yang dapat digunakan dalam IG Feeds dan IG Reels.
Anda dapat mengirim undangan kolaborasi ke akun Instagram lain dan membuat postingan bersama. Jika akun instagram tersebut menerima undangan kolaborasi, maka postingan akan muncul di Instagram Anda dan akun Instagram lain yang Anda ajak berkolaborasi.
Baca juga: Memahami Algoritma Instagram di 2022
4. Stiker ‘Add yours’ di Instagram stories dan Reels
Stiker ‘Add yours’ memungkinkan Anda untuk memposting konten atau cerita yang menarik dan orang lain dapat melanjutkan cerita dengan pandangan mereka sendiri tentang konten yang Anda posting.
Kabar baiknya, stiker ‘Add yours’ yang sebelumnya hanya ada di Instagram stories sekarang sudah tersedia juga di Instagram Reels. Yang perlu Anda lakukan adalah mengundang orang lain untuk membagikan cerita mereka sendiri tentang topik apa pun yang Anda inginkan.
Stiker ini adalah cara yang bagus bagi orang-orang untuk terhubung dan berbagi kreativitas mereka satu sama lain. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk membuat orang terlibat dalam konten Anda.
5. Fitur subscriptions
Creator atau para pembuat konten saat ini menjadi perhatian oleh Instagram. Di mana dengan semakin banyak creator di Instagram, maka kemungkinan orang-orang untuk bertahan menggunakan platform Instagram semakin lama.
Hal ini dituangkan dengan fitur Instagram terbaru yaitu subsriptions. Subsriptions adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa pendapatan pembuat konten akan sepenuhnya bergantung pada konten mereka dan bukan pada jangkauan atau parameter lainnya.
Fitur Instagram ini memungkinkan pembuat konten membebankan biaya berlangganan bulanan sebagai imbalan atas konten dan manfaat eksklusif yang mereka buat.
Sekarang, Instagram mengumumkan update baru dan perpanjangan Subscription. Hal itu adalah:
- Subscriber Chat: Kemampuan untuk mengundang subscriber ke obrolan grup
- Subscriber Reel: Opsi untuk memposting Reel Instagram hanya untuk subscriber
- Subscriber Posts: Opsi untuk memposting Instagram hanya untuk subscriber
- Subscriber Home: Tab baru di profil untuk semua konten yang hanya tersedia untuk subscriber.
- Subscriber Badges: Subscriber akan mendapatkan purple badges, sehingga pembuat konten akan membedakannya di DM dan komentar.
Singkatnya, subscriber akan membayar keanggotaan bulanan untuk memiliki akses ke materi khusus dari creator favorit mereka, seperti konten Reels yang unik atau postingan Instagram yang hanya tersedia untuk subscriber.
Cara kerja fitur Instagram Subscription ini adalah Creator menetapkan harga subscription bulanan sesuai pilihan mereka, dan tombol “subscription” akan muncul di profil mereka. Mereka dapat menawarkan berbagai manfaat kepada subscriber seperti live streaming eksklusif dan konten lainnya.
Baca juga: Tips Membuat Bio Instagram
6. Pencarian Map Instagram
Instagram membuat peningkatan pada fungsionalitas Map. Pembaruan baru mencakup opsi untuk mencari bisnis lokal berdasarkan kategori.
Dengan pencarian map, Anda dapat menemukan bisnis di dekat Anda dan mendapatkan lebih banyak informasi tentang mereka. Ini dapat berguna saat Anda mencari jenis bisnis tertentu atau ingin menjelajahi apa yang ada di sekitar.
Pencarian map terletak di dalam browser Instagram yang Anda gunakan untuk mencari pengguna lain, hashtag, dll. Ini dengan cepat menjadi salah satu tools terbaik untuk menjelajahi tempat baru jika Anda berada di area yang sebelumnya tidak dikenal.
Terlebih lagi, pengguna dapat dengan mudah melihat lebih banyak informasi seperti lokasi, harga produk dan layanan yang ditandai dengan lokasi bisnis dengan mengklik ikon lokasi di map.
7. Stiker link di Instagram Stories
Ingat ketika link pada Instagram Stories adalah fitur Instagram eksklusif bagi mereka yang memiliki 10.000+ followers Instagram? Kabar baiknya sekarang tersedia untuk semua orang!
Berapa pun jumlah follower Anda, Anda dapat menggunakan stiker link untuk mengarahkan pengguna ke website, halaman produk, posting blog, dan banyak lagi.
Ini merupakan salah satu fitur Instagram yang pastinya sangat bermanfaat untuk para business owner dan juga marketer.
Cara kerjanya adalah setelah Anda membuat Instagram Stories, klik ikon stiker, lalu ketuk stiker “Link”. Dari sini, masukkan URL yang diinginkan, lalu Anda juga dapat menyesuaikan tampilan stiker dan mengubahnya menjadi call to action yang dapat diklik yang memberikan banyak opsi baru untuk Instagram marketing.
Siapa pun yang dapat melihat Stories Anda dapat mengetuk stiker dan mengunjungi situs tertaut.
8. Reels Visual Replies
Jika Anda pengguna TikTok, pasti Anda tidak asing dengan fitur yang satu ini. Instagram merilis fitur dengan cara baru untuk menanggapi komentar di Instagram Reel dengan Reel lain.
Jika Anda membuat video di Instagram Reel, kini Anda dapat membuat balasan visual untuk komentar, yang mirip dengan fungsi balasan di TikTok.
Ini adalah cara yang sangat menarik dan interaktif untuk terlibat dengan follower dan audien lain.
9. Stiker Food Orders di Instagram Stories
Menambahkan stiker Food Orders ke Instagram Stories Anda memungkinkan pengguna lain memesan makanan Anda dari mitra Anda seperti Grab, GoFood, dan lain-lain.
Stiker ini sangat berguna untuk restoran kecil yang belum banyak diketahui orang, dan juga tools yang sangat berharga jika Anda memilih untuk bekerja sama dengan influencer yang dapat menambahkan stiker ini ke Stories mereka untuk mengarahkan traffic ke bisnis Anda.
Untuk mulai menggunakan stiker ini, Anda harus terhubung dengan perusahaan pihak ketiga yang menyediakan layanan pengiriman.
10. Avatar Instagram
Salah satu fitur Instagram terbaru yang tentunya sangat menarik bagi para pengguna Instagram adalah hadirnya avatar 3D.
Avatar 3D adalah representasi visual baru dari identitas pengguna yang lebih dinamis daripada profil media sosial statis.
Ide di balik avatar adalah untuk membuatnya di aplikasi Instagram, Facebook, atau Messenger.
Untuk memulai, Anda cukup masuk ke bagian Settings, kemudian pilih Account, dan klik Avatar. Setelah itu Anda bisa mendesain Avatar sendiri sesuai keinginan Anda. Setelah itu Anda dapat menggunakannya sebagai stiker dalam Stories.
Baca juga: Bagaimana Digital Marketing dapat Membantu Mengembangkan Bisnis Anda di Tahun 2022
Nah, itu tadi adalah update 10 fitur Instagram terbaru yang ada di Instagram.
Bagaimana, sudah ada yang Anda coba untuk Instagram bisnis Anda?
Fitur-fitur yang disediakan oleh Instagram juga bisa menambah kesan kreatif dalam upaya marketing di social media bisnis Anda. Jadi, amat sangat disayangkan jika tidak Anda manfaatkannya dengan baik.
Namun, jika Anda tidak ingin ketinggalan dalam memanfaatkan fitur dan tren yang ada di social media, namun Anda tidak memiliki waktu untuk melakukannya, ChubbyRawit siap membantu Anda!
ChubbyRawit sebagai creative agency akan membantu Anda dalam urusan creative, marketing, dan juga branding. Anda bisa menyerahkan urusan tersebut di bisnis Anda kepada kami dan Anda bisa fokus mengembangkan bisnis Anda!
Silakan mengisi formulir di halaman contact us, dan konsultan kami akan menghubungi Anda untuk berdiskusi tentang solusi kebutuhan creative marketing bisnis Anda.
Penulis: Bayu Pamungkas