Berkenalan dengan Instagram Stories bagi Bisnis

Mengenal Instagram Stories ChubbyRawit

Di era marketing 5.0, brand mana yang tidak memanfaatkan social media untuk bisnis? Tak terkecuali penggunaan aplikasi sosial media berbasis foto dan video yaitu Instagram. Instagram adalah social media platform berbasis gambar dan video terbesar ketiga setelah Youtube dan Facebook. Saat ini Instagram telah memiliki 800 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Kini Instagram juga memiliki fitur terbaru yaitu Instagram Stories. Mungkin beberapa dari Anda sudah mengenal apa itu Instagram Stories. Instagram Stories adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna mengirim foto dan video yang dapat menghilang setelah 24 jam. Fitur ini seperti Snapchat Stories, salah satu fitur Snapchat yang diperkenalkan pada 2013 dan menjadi bagian penting dari pertumbuhan perusahaan.

Konten yang dibagikan ke Instagram stories juga tidak akan muncul pada Instagram feeds Anda. Paul Webster, Product Marketing Manager Instagram Asia-Pacific menjelaskan bahwa instagram Stories dinilai optimal karena konsumsinya 32% lebih cepat dibandingkan feed. Selain itu, Instagram juga menyatakan bahwa hingga bulan Juni 2018 ada 400 juta orang setiap harinya yang menggunakan Instagram Stories.

Stories dinilai optimal karena konsumsinya 32% lebih cepat dibandingkan feed. Selain itu, Instagram juga menyatakan bahwa hingga bulan Juni 2018 ada 400 juta orang setiap harinya yang menggunakan Instagram Stories

Apa artinya hal ini untuk para marketer dan social media manager? PELUANG! Ya, karena brand atau bisnis Anda akan lebih diperhatikan melalui Instagram Stories ini. 90% dari 100 perusahaan atau brand saat ini memiliki akun Instagram Business. Sedangkan 80 dari 100 perusahaan tersebut aktif di Instagram setiap minggunya. Serta dari tahun ke tahun, jumlah perusahaan atau brand yang menggunakan Instagram untuk pemasaran semakin banyak pula. Karena mereka mengetahui bahwa target mereka di Instagram sangat mudah dijangkau, semua umur ada di Instagram karena mereka lebih menyukai konten secara visual.

Kalau Anda masih ragu untuk mempergunakan Instagram Stories dalam strategi social media marketing Anda, Anda harus menyimak lima alasan berikut.

#1 Platform Tepat untuk Storytelling

Dengan Instagram Stories memberikan kesempatan kepada brand atau bisnis cara untuk menyampaikan pesan dan melakukan percakapan dengan cara yang lebih santai. Bahkan brand atau bisnis bisa  memposisikan fitur story sebagai platform bercerita yang luar biasa. Keberadaan social media adalah tentang storytelling. Brand atau perusahaan dapat memposting tentang kisah luar biasa tentang bagaimana kehidupan masyarakat berhasil diubah berkat adanya produk atau layanan mereka.

#2 Go Live!

Saat ini adalah era video marketing secara live! Hal ini terutama karena konsumen semakin tertarik dengan siaran streaming live. Bahkan, 81 persen pengguna internet melihat lebih banyak konten video live pada tahun 2016 daripada yang mereka lakukan pada tahun 2015.

81 persen pengguna internet melihat lebih banyak konten video live pada tahun 2016 daripada yang mereka lakukan pada tahun 2015.

Dan salah satu alasan keberhasilan Instagram Stories adalah karena kemampuan video streaming yang diberikannya untuk semua pengguna Instagram. Dengan demikian, hal ini akan memungkinkan brand atau perusahaan untuk melakukan live streaming, menyelenggarakan sesi Q & A, atau hanya untuk siaran langsung secara spontan dari kantor untuk sesi yang lebih personal atau intim dengan siapa pun yang mendengarkan brand atau bisnis Anda.

#3 Mendorong Traffic dan Engagement

Instagram Story merupakan cara yang hebat untuk dapat terhubung dengan pengikut Anda secara lebih intim. Brand atau bisnis bisa mengarahkan traffic dari Instagram Story ke halaman website perusahaan atau website tertentu – seperti posting blog, artikel berita, atau keranjang belanja – melalui fitur Swipe Up.

Selain itu, Instagram Stories juga memberikan peluang untuk mengarahkan traffic berdasarkan minat cerita. Brand juga dapat mengadakan polling atau survey ke dalam Instagram Stories mereka, yang tentu saja dapat membantu mendorong engagement dan bahkan dapat dimanfaatkan sebagai cara untuk mengumpulkan data dari suara pelanggan. Brand yang memanfaatkan Instagram Stories dengan baik, memiliki engagement dengan audiens mereka 60% lebih dari yang tidak.

Brand yang memanfaatkan Instagram Stories dengan baik, memiliki engagement dengan audiens mereka 60% lebih dari yang tidak.

#4 Meningkatkan Jangkauan Organik di Instagram

Meskipun belum ada penelitian yang solid yang mengaitkan Instagram Stories reguler dengan peningkatan jangkauan organik, pengguna Instagram akan menemukan bahwa, ketika menelusuri melalui Instagram, akun dengan Story yang aktif akan cenderung muncul lebih tinggi di hasil penelusuran. Selain itu, Anda dapat menambahkan tagar dan tag lokasi di setiap pos Story yang akan embantu akun Anda muncul di hasil penelusuran yang terkait dengan hashtag atau lokasi tersebut. Dengan keberadaan Story akan membantu sebuah brand atau perusahaan untuk menonjol dari ‘kebisingan’ yang biasa ditemukan dalam feeds Instagram.

Baca juga 7 Ide Instagram Stories untuk Bisnis

#5 Prepare Less, Publish More

Tahukah Anda bahwa memposting konten Instagram di feeds dalam jumlah banyak sepanjang hari dapat membuat akun Anda akan ditandai sebagai spam atau justru mengganggu audiens Anda. Parahnya, hal ini bisa menjadi alasan yang cukup untuk membuat pengikut Anda berhenti mengikuti akun Anda.

Namun, dengan Instagram Story Anda dapat memposting sesering mungkin tanpa mengganggu followers Anda. Hal ini karena Story dirancang untuk terus dilihat dan dinikmati, sehingga semakin banyak konten yang Anda posting pada Instagram Stories semakin baik. Selain itu, karena konten hanya berjangka waktu selama 24 jam, maka konten ini tidak harus dipoles selayaknya posting feeds Instagram. Sebaliknya, saat ini orang-orang justru ingin melihat sisi humanity dan otentisitas brand.

Selain kelima hal diatas, keberadaan Instagram Stories juga menambahkan lebih banyak kebebasan dan fleksibilitas untuk Instagram marketing. Meskipun akan selalu ada perubahan dalam platform dan perilaku pengguna. Tetapi dengan lima alasan kuat untuk menggunakannya, mengapa Anda tidak mencoba menggunakan Instagram Story untuk brand atau perusahaan sekarang? Tinggalkan pesan Anda pada kolom contact di bawah ini untuk berbicara dengan konsultan ChubbyRawit untuk diskusi lebih lanjut mengenai Social Media Marketing Anda.