7 Tren Social Media Tahun 2018 ChubbyRawit

 

Social Media sudah menjadi “kebutuhan” yang tidak bisa lepas dari kegiatan sehari-hari. Namun social media adalah produk teknologi yang paling cepat mengalami perubahan seiring dengan dinamisnya perkembangan teknologi informasi. Tahun 2017 telah kita lewati dengan berbagai tren social media yang berpengaruh pada perilaku kita dalam memanfaatkan social media. Begitu pun dengan tahun 2018, pasti akan ada tren-tren baru yang membuat dunia social media semakin berwarna. Kira-kira apa saja ya prediksi tren media sosial di tahun 2018? ChubbyRawit telah merangkumnya untuk Anda.

1. Instagram Stories Makin Digemari

 

Instagram Stories ChubbyRawit
Image: Instagram

 

Apakah Anda salah satu penggemar Instagram stories? Fitur berbagi momen baik foto maupun video ini di-launching pada Agustus 2016. Fitur yang juga dimiliki oleh aplikasi snapchat ini diprediksi akan semakin banyak dimanfaatkan Instagram user di tahun 2018. Fitur berbagi momen yang dikemas secara fun dan sangat user friendly ini berhasil membuat para Instagram user ketagihan untuk menggunakannya.

Selain menggunakan atau membuat Instagram Stories, akui saja, bahwa melihat Instagram Stories teman, selebgram, bahkan artis, telah menjadi salah satu kegiatan rutin kita ketika mengakses Instagram. Instagram stories membuat kita merasa semakin dekat dengan mereka, karena postingan yang mereka unggah bersifat lebih personal dan spontan.

User dapat memanfaatkan fitur direct message pada Stories untuk berkomunikasi secara personal, fitur poll untuk meminta pendapat dan insert link untuk menginfokan url yang Anda inginkan (fitur ini hanya berlaku bagi akun instagram bisnis dengan followers minimum 10.000). Kesemua fitur ini tentunya sangat bermanfaat bagi pebisnis untuk merespon pertanyaan secara personal, langsung mendapat insight dari konsumen dan pastinya dapat mempromosikan url link produk atau jasa terkini ke followers.

Fitur highlight Instagram Stories ChubbyRawit
Fitur highlight Instagram Stories

Selain itu pada Desember 2017 yang lalu, Instagram juga meluncurkan fitur Highlight dimana user dapat menyimpan Stories dan menyatukannya dalam sebuah rangkaian. Fitur Highlight juga dapat digunakan bagi kegiatan marketing kita, misalnya ketika ada promo mingguan, atau ketika ada event tertentu. Fitur Highlights yang akan muncul tepat di muka profile akun Instagram kita, akan memudahkan user lain untuk mengakses informasi tersebut.

2. Kongkow Digital Jadi Gaya Bersosialisasi yang Baru

fb-group-video
Image: Facebook

Group video call nampaknya akan jadi tren baru di tahun 2018. Kini sudah semakin banyak messaging platform yang menawarkan fitur asik ini. Messaging platform yang dapat digunakan untuk group video call di antaranya Whatsapp, Line, dan Messenger. Untuk Whatsapp, kita perlu mengunduh aplikasi Booyah untuk bisa melakukan group video call. Jika aplikasi Booyah telah terinstal pada smartphone kita, maka kita dapat langsung menggunakan aplikasi video call ini untuk terhubung dengan teman atau keluarga yang terdaftar dalam kontak WhatsApp kita. Syarat yang harus dimiliki sebagai penerima video call ini adalah si penerima juga harus mempunyai aplikasi Booyah yang telah terinstal pada perangkat mereka. Group video call di Whatsapp via aplikasi Booyah ini dapat diakses oleh 12 orang dalam sekali waktu.

Sedangkan di messaging platform populer lainnya, yaitu Messenger dan Line, kita tidak perlu mengunduh aplikasi lain agar bisa mengakses fitur ini. Cukup update aplikasi Messenger dan Line yang terinstal di smartphone kita, lalu buat grup berisi orang-orang yang akan kita ajak untuk kongkow bareng. Fitur group video call di Messenger bisa menampung partisipan hingga puluhan orang. Bahkan di Line, fitur ini dikabarkan dapat memfasilitasi group video call hingga untuk 200 partisipan. Wah… pasti bakal rame banget ya kalau partisipannya sampai ratusan orang. Tentunya fitur ini nantinya bisa digunakan untuk berbagai aktivitas lain, seperti rapat, arisan, hingga belajar bersama.  Dengan adanya fitur group video call ini, jarak yang jauh, macet, atau lagi mager sudah bukan alasan lagi deh untuk tidak bisa hangout dengan teman-teman.

3. Ekspansi Live Streaming

Live Streaming ChubbyRawit

Live streaming kini dapat dilakukan siapapun, tentu melalui berbagai macam social media platform yang menyediakan fitur ini. Live streaming menjadi suatu tren yang terus berkembang dan banyak digemari. Live streaming memiliki kelebihan dimana siapapun bisa memiliki konten otentiknya sendiri. Kita dapat menarik perhatian follower dengan melakukan live streaming secara rutin, strategi ini juga mulai dilirik oleh pebisnis. Live streaming dapat menjadi konten promosi yang hemat namun efektif, tentu jika kita merancanakannya dengan baik.

4. Augmented Reality (AR) Semakin Digemari

augmented-reality ChubbyRawit
Image: Snapchat

 

AR adalah salah satu tren yang diprediksi akan menghentak dunia social media. AR adalah teknologi yang memungkinkan kita untuk menggabungkan benda maya dua atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu menangkapnya dalam foto dan/atau video. AR memiliki potensi yang besar untuk digemari para pengguna social media. Berkat teknologi AR, Anda dapat memanipulasi kenyataan dengan menambahkan obyek maya and have fun with it! Bahkan bukan tidak mungkin jika teknologi ini dapat memungkinkan Anda ber-selfie dengan tokoh dunia. Facebook Messenger adalah salah satu platform yang telah menghadirkan teknologi AR. Besar kemungkinan, teknologi AR akan hadir pada platform medsos lainnya di tahun 2018. Wohoo, It’s gonna be very exciting!

5. Social Media Berbasis Virtual Reality (VR)

Facebook spaces ChubbyRawit
Image: Facebook

Virtual reality adalah teknologi yang memungkinkan kita dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. VR awalnya lekat dengan aplikasi game, namun teknologi ini kini mulai hadir pada platform sosial media. Lagi-lagi, raksasa social media, Facebook sedang mengembangkan medsos berbasis VR, Spaces namanya. Spaces memungkinkan para penggunanya berinteraksi melalui teknologi VR. Untuk menggunakan Facebook Spaces diperlukan perangkat Oculus Rift, yang harganya lumayan merogoh kocek. Namun siapa tahu, ke depannya akan ada medsos berbasis VR yang dapat diakses dengan perangkat yang lebih terjangkau.

6. Bisnis Merambah Messaging Platforms

Chatbot ChubbyRawit

Messaging platforms seperti Line, Whatsapp, dan Messenger mulai dilirik para pebisnis untuk meningkatkan pelayanan pada konsumennya. Teknologi seperti Chatbots, Artificial Intelligence, dan Voice Assistant yang hadir dalam messaging platform dapat memberikan pengalaman bertransaksi yang lebih personal namun tetap efisien bagi para konsumen. Dengan adanya tren ini, nampaknya dunia customer service akan menghadapi babak baru.

7. Konten Video Merajai Medsos

Live Video ChubbyRawit

 

Video masih menjadi salah satu konten yang semakin digemari oleh pengguna social media. Video memperoleh tingkat engagement yang lebih tinggi dibandingkan konten berupa gambar dan/atau tulisan. Tak heran jika kini banyak platform social media yang memungkinkan penggunanya untuk mengunggah dan/atau melihat konten video. Hal ini dapat menjadi salah satu pertimbangan bagi Brand dalam menentukan strategi bisnis.

Menurut data dalam Nielsen Cross Platform Report 2017, Lebih dari 60% konsumen di kelompok usia 21-49 tahun seringkali melakukan pencarian lebih lanjut setelah melihat Iklan video online dan lebih dari 30% konsumen seringkali melakukan pembelian secara online.

Sebagian konsumen juga mengakui bahwa setelah melihat Iklan video online biasanya mereka akan melakukan kunjungan ke toko secara langsung dan peluang terjadinya pembelian pun cukup besar pada saat konsumen melakukan kunjungan ke toko (mencapai hingga 28% di kelompok usia 30-39 tahun).

Itulah beberapa prediksi tren social media di tahun 2018. Menariknya, tren-tren ini juga dapat kita manfaatkan untuk mendukung aktivitas digital marketing.

Penting bagi para pebisnis agar peka dalam melihat peluang untuk membesarkan brand-nya, salah satunya dengan memanfaatkan tren-tren di social media. Bagaimana caranya? Tentu dengan menyesuaikan strategi branding dengan tren yang akan dan sedang terjadi di sekitarnya. social media dapat menjadi sarana untuk branding yang efektif, jika kita mengelolanya dengan baik.

Di ChubbyRawit kami membantu bisnis kecil, menengah dan besar untuk mengelola social media (social media management). Mulai dari strategi, perencanaan konten, pembuatan materi kreatif, mengupload serta memberikan laporan berkala perbulan. Semua hal tersebut dapat mendukung aktivitas digital marketing Anda. Konsultasikan kebutuhan pengelolaan social media Anda ke kami. Tinggalkan kontak Anda dalam kolom contact di bawah. Konsultan kami siap memberikan konsultasi, solusi, dan jasa terbaik bagi brand Anda. Feel free to contact us!