4 Langkah Membuat Instagram Campaign Yang Sukses

Apakah Anda berencana untuk meluncurkan produk baru melalui social media, khususnya Instagram? Bila iya, artinya Anda akan membutuhkan kampanye Instagram marketing agar peluncuran produk baru berjalan dengan sukses. Kampanye Instagram marketing merupakan kampanye marketing yang dilakukan di Instagram. Pada dasarnya, kampanye ini membagikan konten di feed Instagram dengan tujuan mencapai tujuan pemasaran. Tujuan pemasaran ini sendiri bisa sangat luas, seperti meningkatkan brand awareness, atau bisa lebih spesifik, seperti menghasilkan konversi penjualan untuk produk baru atau melakukan aksi seperti subscribe event, email dan sebagainya.

Untuk bisa membuat audiens tertarik dengan kampanye Anda, cara terbaik adalah dengan berbagi konten yang menarik, kreatif, dan benar-benar luar biasa! Salah satu ciri khas dari kampanye Instagram marketing adalah penggunaan hashtag branded, yang akan membantu menyatukan semua konten dalam aplikasi. Lalu, bagaimana sih cara agar kampanye Instagram marketing bisa sukses dan mencapai ROI? Simak 4 langkah berikut ini untuk membantu Anda dalam menjalankan kampanye Instagram marketing yang berhasil. 

1. Tetapkan Tujuan 

Memiliki tujuan yang jelas sangatlah penting dalam membuat kampanye Instagram marketing. Apakah Anda hanya ingin meningkatkan brand awareness? Atau Anda mencoba untuk meningkatkan penjualan produk? Atau mendorong orang untuk melakukan aksi seperti mendaftar atau membangun database email konsumen? Namun sebagai digital marketer, tujuan itu saja tentu tidak cukup. Ada angka yang biasanya harus Anda pertanggung jawabkan kepada manajemen terhadap kampanye Instagram marketing yang Anda lakukan. 

Baca juga 5 Tren Content Marketing di Tahun 2020 yang Wajib Anda Tahu

Maka, buat tujuan yang SMART (specific, measurable, attainable, realistic, timely). Sebagai contoh, jika Anda ingin mempromosikan sebuah produk baru, maka Anda bisa menetapkan tujuan berapa banyak unit produk yang ingin Anda jual selama kampanye. Akan lebih baik lagi apabila Anda menetapkan tujuan pada kampanye Instagram marketing yang berkesinambungan dengan tujuan pemasaran keseluruhan dari brand atau bisnis Anda. Hal ini tentu akan sangat membantu Anda melihat hasil yang tidak hanya relevan dengan bisnis Anda, tetapi juga membantu bottom line bisnis atau brand Anda! 

2. Riset Audiens 

Setelah membuat tujuan kampanye Instagram marketing secara SMART, Anda bisa beralih ke langkah kedua yaitu melakukan riset tentang audiens Anda. Mengapa demikian? Mengetahui siapa yang Anda coba jangkau dengan kampanye Instagram marketing sama pentingnya dengan cara Anda menjangkau mereka. Tidak hanya untuk pengembangan produk — melakukan riset audiens adalah cara untuk terhubung dengan audiens Anda. 

Hal ini berkaitan erat dengan strategi konten untuk kampanye Instagram marketing Anda. Oleh sebab itu, Anda harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang audiens Anda, seperti memahami persis apa yang mereka cari, bagaimana mereka berinteraksi, dan siapa yang mereka percayai. Anda bisa mempergunakan social media listening tools seperti Sproutsocial, Hootsuite, Hubspot, dan sebagainya. Atau Anda juga bisa melakukan survei atau interview kepada konsumen untuk mendapatkan insight tentang audiens Anda.

3. Buat Rencana Kampanye Secara Rinci

Tahap selanjutnya setelah memiliki tujuan yang jelas dan terukur serta pemahaman yang jelas tentang siapa yang ingin Anda jangkau, waktunya Anda membuat rencana kampanye secara detail. Tapi bagaimana cara membuatnya? 

Pertama, mulailah dengan membuat roadmap: berapa lama kampanye Instagram Anda akan berjalan? Berapa banyak posting yang akan Anda buat? Apakah Anda akan memposting konten milik brand atau konten UGC? Bila mempergunakan konten sendiri, apakah Anda akan melakukannya sendiri atau membutuhkan digital agency? Ajukan pertanyaan tersebut kepada Anda dan tim, hingga mendapatkan jawabannya. Selanjutnya, menginvestasikan waktu untuk membuat hashtag yang tepat dan shareable. Ada baiknya melakukan riset untuk menemukan tren yang sedang populer dan hashtag khusus yang sesuai dengan komunitas Anda. Hashtag yang bagus bisa sangat bermanfaat untuk kampanye Instagram. 

Baca juga Tips Menggunakan Hashtags Instagram untuk Bisnis

Setelah sukses membuat roadmap termasuk hashtag, sekarang saatnya untuk mulai berpikir tentang strategi kampanye, apakah menggunakan kontes atau giveaway? Atau memilih menggunakan influencer marketing? Namun, apapun strategi yang Anda pilih, ingatlah untuk selalu membuat konten interaktif berkualitas tinggi yang menginspirasi pengguna untuk menyukai, berbagi, atau berkomentar. 

4. Gunakan Berbagai Channel

Agar kampanye Instagram marketing benar-benar sukses, Anda juga perlu mempromosikan di channel lainnya. Jangan hanya mengandalkan Instagram saja, karena hal ini sama saja mencegah audiens dari platform lain untuk masuk dan tahu kampanye Anda. Oleh sebab itu, promosikan kampanye di semua platform atau channel yang Anda miliki. Anda juga bisa membuat landing page khusus untuk kampanye tersebut. Namun, pastikan konten dalam landing page tersebut relevan serta konsisten dengan branding dan style dalam kampanye Instagram Anda. Semakin konsisten maka kampanye akan semakin efektif. Selain itu, menautkan Instagram dengan website Anda juga dapat mendorong penjualan dari kampanye Instagram Anda bila tujuannya adalah conversion. Anda juga bisa memanfaatkan Instagram Shopping tag yang bisa mengajak audiens untuk belanja di Instagram Anda. 

Baca juga Jenis-Jenis Campaign Pada Instagram Yang Wajib Anda Tahu

Untuk dapat menjalankan kampanye Instagram yang sukses, Anda harus memahami bagaimana audiens Anda berinteraksi di Instagram. Kombinasi antara visual yang menarik, konten yang tepat sasaran dan strategi yang menyeluruh, akan mendatangkan kesuksesan kampanye Instagram Anda. Terdengar mudah, tapi memang tak sesederhana kelihatannya. Jika Anda ingin membuat kampanye Instagram marketing yang menarik dan terukur, namun mengalami kendala atau kerepotan atau justru menghadapi creative block, percayakan saja pada ChubbyRawit, creative digital marketing agency Jakarta. Kami siap membantu meningkatkan performa bisnis, kecil maupun besar, melalui kampanye Instagram marketing yang dapat meningkatkan traffic dan membangun keterlibatan konsumen secara online, yang tentunya dapat meningkatkan bisnis Anda. Ceritakan kebutuhan Anda dengan mengisi contact form, dan konsultan kami akan segera menghubungi Anda.