ChubbyRawit Tips: Cara Menggunakan Hashtags Instagram untuk Bisnis

Sebagai digital marketer, social media manager atau pun pemilik bisnis, sudah wajar bila bisnis atau brand Anda eksis di social media termasuk Instagram. Apalagi bila Anda ingin belajar cara menggunakan Instagram untuk bisnis Anda dan memperluas jangkauan posting Anda, hashtag dan geotag merupakan dua hal yang penting. 

Hashtags atau tanda pagar (tagar) merupakan kata-kata didahului oleh “#” di Instagram. Hashtag dapat ditelusuri dan diklik, jadi menggunakan tagar yang relevan akan membantu pengguna Instagram lainnya menemukan dan terlibat dengan konten Anda, sama seperti keyword dalam mesin pencari. 

Telusuri bagaimana bisnis Anda dapat diketahui publik melalui hashtag, berikut tipsnya:

#1 Relevansi terhadap popularitas

Kunci untuk memperluas jaringan dan pengikut Anda dengan hashtag adalah relevansi. Tidak semua tagar yang sedang tren akan menarik perhatian pada brand Anda. Anda ingin memastikan bahwa tagar yang Anda gunakan cocok untuk gaya akun Anda dan tujuan posting Anda.

Bagian dari seni memilih hashtags adalah mengetahui kapan harus menghindari tag yang trending, namun generik. Misalnya, tagar seperti #nofilter, #tbt, #photooftheday, atau #selfie, meskipun sangat populer, namun tagar tersebut mungkin tidak akan membantu Anda mengenali brand Anda. Hashtag populer ini dapat mengumpulkan ratusan like dari pengguna lain, tetapi tidak mungkin membangun followers Anda atau menarik audiens target brand Anda.

#2 Less is more

Instagram memungkinkan penggunaan tagar maksimum 30 tagar per teks, tetapi Anda tidak perlu menggunakan 30 tagar. Penelitian terbaru ke dalam strategi pemasaran Instagram menunjukkan bahwa Anda harus menggunakan tidak lebih dari 11 tagar per posting, dan pada kenyataannya, Anda tidak perlu menyertakan semuanya dalam keterangan foto Anda.

Sebaliknya, pastikan caption Anda tetap bersih dengan hanya memasukkan tiga hingga lima tag dalam caption itu sendiri. Kemudian, posting tagar yang tersisa dalam komentar setelah Anda memposting foto. Ini memastikan bahwa semua hashtag yang Anda pilih akan tertaut ke foto Anda ketika diklik atau dicari, tetapi tanpa mengacaukan caption dan mengalihkan perhatian dari pesannya.

#3 Memilih Hashtags yang Relevan

Selanjutnya, bagaimana cara memilih hashtag yang relevan? Ada beberapa cara untuk mendekati proses pencarian dan memilih hashtag yang akan meningkatkan followers serta interaksi Anda. Di ChubbyRawit, kami melakukan hal ini:

  •  Brainstorming

Kami melalukan brainstorming kata kunci, slogan, dan frasa yang terkait dengan merek Anda. Ajak seluruh tim marketing atau manajemen Anda dan mempertimbangkan apa yang mungkin Anda inginkan untuk ditemukan. Hal ini serupa dengan membangun strategi SEO.

  • Research

Selanjutnya, kami menelusuri hashtag yang populer dan sedang tren. Ada beberapa aplikasi yang melakukan analisis data untuk meneliti hashtag paling populer di Instagram. Cara lain, kami juga langsung mengetik hashtag-hashtag hasil brainstorming sebelumnya di box search Instagram dan melihat berapa banyak orang yang sudah menggunakan hashtag tersebut dan bagaimana relevansinya.

Jika klien kami berada di industri makanan kesehatan, kami akan menggunakan satu kata kunci yang paling populer, contoh #healthfood atau #healthyeating untuk melihat mana yang lebih populer. Kemudian kami akan menjelajahi orang-orang yang menggunakan hashtag tersebut untuk melihat apakah konten klien kami cocok dengan komunitas yang menggunakan tag tersebut.

  • Spesifik

Seperti sudah dibahas di atas, tidak bijaksana untuk menggunakan tagar populer yang ditandai oleh jutaan pengguna. Seringkali, menggunakan tag umum seperti #interiordesign sebenarnya membuatnya lebih sulit bagi postingan Anda untuk mendapatkan perhatian karena akan tersesat di antara ribuan gambar lainnya yang menggunakan tag yang sama.

Penggunaan hashtag yang lebih tepat dan spesifik seperti #jungalowstyle atau #whitedecor lebih mungkin untuk membuat brand Anda diperhatikan karena menargetkan komunitas yang lebih spesifik yang memiliki kesamaan selera dengan Anda.

  • Start from Scratch

Di ChubbyRawit, kami juga membuat Hashtag khusus untuk klien, kami menyebut hal ini dengan branded hashtag. Tujuannya untuk memudahkan baik audience, klien, maupun kami sendiri untuk menemukan konten brand dalam koleksi konten yang telah kami buat. Branded hashtag ini juga dapat menjadi tolak ukur seberapa populer Brand kami di dalam Instagram. Jika ada user atau pun followers Anda yang menggunakan branded hashtag ini dan relevan, tentunya ini adalah hal baik, dan Anda pun dapat menggunakannya untuk UGC (user generated content Anda)

Sebagai contoh kami menggunakan #nutrisiawalihari sebagai branded hashtag untuk New Mandala 525. Sekitar 10 tahun lalu New Mandala 525 dikenal sebagai minuman obat, sehingga marketnya menjadi sempit, hanya untuk yang sakit. Kenyataannya, New Mandala 525 merupakan susu berbahan dasar kedelai asli yang baik untuk dikonsumsi bagi siapa saja. Target market pun bergeser menjadi keluarga, terutama wanita usia 25-35 tahun.

Lalu mengapa kami menggunakan #nutrisiawalihari? Karena pagi hari merupakan waktu yang sangat sibuk terutama bagi keluarga muda. Banyak yang tidak sempat membuat atau menikmati sarapan, padahal sarapan sangat baik untuk menjaga stamina sehari penuh, selain itu salah satu keunggulan brand ini adalah tingginya serat dan protein sehingga membuat efek kenyang seharian, hari pun dimulai dari pagi hari, maka #nutrisiawalihari terpilih sebagai branded hashtag New Mandala 525. 

Gunakan Hashtag khusus Industri

Cara terbaik untuk menentukan hashtag mana yang akan menarik perhatian dan interaksi berkualitas adalah dengan melihat hashtag yang digunakan oleh brand serupa dalam industri Anda. Coba pikirkan hashtag umum yang terkait dengan industri Anda dan cari dengan mengetiknya pada caption.

Misalnya, Anda dapat mencoba mengetik #interiordesigner. Dan lihat apa yang terjadi – Instagram memberi Anda daftar hashtag yang terkait, diurutkan berdasarkan popularitas. Hal ini tentu saja akan menghemat pekerjaan dengan menebak mana dari hashtag ini yang lebih banyak digunakan; Anda juga bisa melihat jumlah hashtag yang telah digunakan di sebelah kanan.

Lacak Hashtag Anda

Tentu saja, Anda ingin terus menggunakan tagar yang mendapatkan engagement paling tinggi. Bila Anda menemukan bahwa tagar yang Anda gunakan tidak mendapatkan interaksi, pertimbangkan untuk mengubahnya menjadi bereksperimen dengan opsi atau tagar lain. Ada banyak platform social media management berbayar untuk melacak hashtag Anda. Anda bisa memilih salah satunya. 

Secara singkat, hashtag adalah alat yang sangat berguna untuk meningkatkan engagement Anda di Instagram. Bila dipilih secara bijak dan digunakan secara tepat, hashtag memiliki kemampuan untuk menumbuhkan followers Anda dan meningkatkan jumlah interaksi Anda. Repot dan tidak punya waktu? Anda dapat berkonsultasi dengan konsultan ChubbyRawit dan membangun konten Social Media untuk bisnis Anda.