Berkenalan dengan Geotag dan Tips Praktis

Setelah pada artikel yang lalu membahas tentang pentingnya keberadaan hashtag untuk meningkatkan engagement, followers serta interaksi. Pada artikel ini mengupas alat serupa dengan hashtag namun dengan fungsi yang sama yaitu geotag. Geotag adalah tag lokasi yang ditambahkan ke foto Instagram.

Tapi, tahukah Anda bahwa ternyata ada beberapa manfaat untuk geotagging.

#1. Peta foto

Menambahkan geotag ke foto Anda memberikan satu fungsi penting yaitu setiap tag foto yang ditambahkan ke peta foto, yang menampilkan lokasi masing-masing foto yang diberi tag.

Adanya peta ini pada dasarnya adalah tampilan visual dari jangkauan brand Anda, sehingga sangat bermanfaat jika Anda bekerja di industri perjalanan wisata atau jika Anda sering bepergian untuk mempromosikan brand Anda.

Anda dapat memilih apakah Anda ingin menambahkan lokasi Anda ke sebuah foto sebelum memposting gambar. Cukup aktifkan atau nonaktifkan fitur “lokasi” sesukamu. Fleksibilitas fungsi ini berguna jika Anda hanya menginginkan posting tertentu untuk ditambahkan ke peta foto Anda.

#2. Meningkatkan Engagement

Dengan menambahkan geotag dalam posting foto Anda, pada dasarnya Anda telah mengunci lokasi Anda ke foto itu. Fungsi dari tag ini adalah memungkinkan foto Anda ditemukan setiap kali pengguna Instagram mengeklik geotag yang sama di foto lain.

Dengan demikian, geotagging adalah cara yang bagus untuk menumbuhkan followers Anda dan meningkatkan interaksi Anda. Terutama jika brand Anda memiliki kantor yang terbuka untuk pelanggan, menambahkan lokasi Anda melalui geotag membantu pengguna tahu di mana lokasi untuk menemukan Anda.

Pun demikian dengan followers Instagram yang tinggal atau bekerja di dekat kantor Anda lebih cenderung merasakan koneksi dengan brand Anda dan berinteraksi dengan halaman Instagram Anda jika mereka tahu bahwa Anda berada di dekatnya. Bila Anda tertarik untuk mempromosikan restoran atau bisnis tetangga yang berdekatan, hal ini dimungkinkan untuk mencari bisnis atau objek wisata lain di area yang sama.

Selain itu, menambahkan geotag pada postingan juga meningkatkan visibilitas Anda, karena foto yang bertanda “hidup” di lokasi yang ditandai. Oleh karena itu, setiap kali seseorang menelusuri foto yang diambil di lokasi tertentu, maka foto Anda dengan geotag akan muncul.

Cara Menggunakan Geotag

Menggunakan geotag di Instagram merupakan hal yang sangat mudah! Anda cukup mengklik ‘Add Location’ dari layar postingan baru. Instagram akan secara otomatis memberikan daftar kemungkinan lokasi Anda secara tepat atau lokasi yang berada di dekat Anda.

Anda dapat memilih salah satu lokasi yang disarankan, atau Anda dapat mengetik di lokasi lain sesuai dengan pilihan Anda. Begitu Anda mulai mengetik, Instagram akan menunjukkan daftar baru lokasi lain dengan nama yang sama atau mirip, serta lokasi populer lainnya di dekat Anda. Anda juga bisa menambahkan lokasi baru sesuai dengan keinginan serta lokasi tepat Anda bila ternyata belum ada di Instagram.

Geotag bisa menjadi salah satu alternatif alat yang sangat berguna untuk meningkatkan engagement dengan kemampuan untuk menumbuhkan followers dan meningkatkan jumlah interaksi Anda. Agar strategi digital marketing bisnis Anda berhasil dan sukses, hashtag dan geotag yang relevan serta populer adalah suatu keharusan. Jadi, dapatkan hashtag dan geotag Anda sekarang!