Business

Begini Caranya Menghitung Social Media ROI

chubbyrawit-instagram

Social Media Return Of Investment (ROI)

Dalam bisnis, return of investment (ROI) adalah sesuatu yang penting. Mengukur ROI merupakan langkah yang sangatlah penting terutama sebagai panduan para investor, manajemen atau pun pemilik bisnis yang ingin menanamkan modal. 

Hal ini juga berlaku pada strategi digital marketing dan social media. Walaupun sampai saat ini masih banyak orang yang masih meremehkan kemampuan digital marketing dalam memberikan sebuah keuntungan bagi investor, manajemen atau pun pemilik brand. Tapi jawabannya adalah SANGAT BISA!

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara mengukur ROI pada social media. Berikut adalah rumus dalam menghitung ROI social media.

Rumus menghitung ROI

Rumus sederhana ini hanya memiliki dua bagian: Return, yang diperoleh dari profit, bagaimana cara mendapatkan profit? Tentu dari Nilai terjual – Nilai Cost. 

Cara Menghitung Return Anda

Return adalah salah satu elemen rumit dari ROI social media karena tiap marketer memiliki tujuan yang berbeda. Misalnya, Anda akan berhenti menghitung ROI social media secara langsung saat tujuan konversi Anda berubah.

Jadi hal pertama untuk menghitung return Anda adalah mengetahui apa yang ingin Anda capai?Apa tujuan menyeluruh Anda dengan social media? Dan bagaimana Anda bisa menentukan tindakan yang tepat untuk memenuhi tujuan ini? Lalu, seberapa besar tindakan ini berharga bagi Anda?

#1. Tetapkan Tujuan atau Goals Anda

Ada banyak kemungkinan untuk memilih tujuan atau goals dan tindakan mana yang harus dilacak. Diantaranya adalah:

  • Jumlah followers baru
  • Klik pada link in update
  • Pembelian online
  • Mengisi formulir kontak
  • Mendaftar untuk buletin
  • Unduh file .PDF
  • Waktu yang dihabiskan untuk halaman web yang penting

#2. Lacak Tujuan atau Goals Anda

Pastikan Anda memilih satu atau lebih dari tujuan konversi di atas dan mulai lacak tindakan Anda. Ada banyak tools atau sistem yang bisa Anda gunakan untuk dapat melacak tindakan. Untuk website seperti penjualan, unduhan, registrasi Anda dapat melacak dengan Google Analytics dengan menyiapkan tujuan dan event tracking dan menanamkan Pixel Facebook pada website Anda. Sedangkan untuk melacak interaksi pada social media seperti share, like, follows Anda bisa menggunakan tools seperti Buffer, Hootsuite, SproutSocial dan lainnya.

#3. Tetapkan Monetary Value

Setelah Anda menetapkan tujuan dan melacak tindakannya, sekarang saatnya untuk menetapkan monetary value. Ada beberapa metode berbeda untuk dipilih di sini:

  • Lifetime Value: berapa banyak pendapatan yang Anda hasilkan rata-rata dari pelanggan
  • Lifetime Value dikali Conversion Rate: Berapa banyak setiap kunjungan potensial yang bernilai bagi Anda?
  • Penjualan rata-rata (average sales): berapa pembelian rata-rata melalui situs Anda?
  • Biaya PPC: berapa banyak yang akan Anda bayarkan jika Anda menggunakan iklan untuk mencapai tindakan social media yang sama?
  • Penghematan Sumber Daya (Resource Savings): apakah Anda dapat meminta pelanggan melakukan tindakan sosial yang akan menghemat uang perusahaan di tempat lain

Cara Menghitung Investasi Anda

Walaupun memanfaatkan penggunaan Twitter, Facebook, Instagram dan sejenisnya gratis, namun waktu Anda tidak. Social media management tools Anda juga mungkin tidak gratis. Apalagi pembelanjaan iklan Anda pun pasti berbayar dan bernilai rupiah yang nyata. Lalu, bagaimana cara menghitung investasi Anda tersebut?

#1. Waktu

Gandakan biaya per jam kerja dengan jumlah jam yang Anda lakukan selama periode tertentu dimana hal ini tergantung pada apakah Anda mengukur ROI social media dalam periode mingguan, bulanan, per kampanye, dan lain sebagainya.

#2. Social Media Management Tools

Menambah biaya semua alat dan layanan yang Anda gunakan untuk media sosial. Anda bisa memilih untuk biaya berlangganan mingguan atau bulanan. Jika Anda menggunakan agency, masukkan biaya agency ke dalam kategori ini.

#3. Belanja iklan

Jumlah yang Anda belanjakan untuk social media ads Anda seperti meningkatkan postingan Instagram, Facebook, tweet promotion, dan lain sebagainya.

Dari ketiga biaya ini ditambahkan bersama dan merupakan jumlah investasi Anda.

Untuk memberikan gambaran dari pemaparan kami di atas, berikut contoh kasus perhitungan ROI.

  • Tujuan : Pembelian Online
  • Lacak: Dengan Google Anaylitic tercatat terdapat 5000 unique visitor di web, dan terjadi 1500 penjualan di website dari iklan IG & FB, dengan nilai Rp225,000,000
  • Monetary Value: Biaya marketing
  • Cost: bahan-bahan Rp90,000,000
  • Waktu: 30 hari/1 bulan
  • Investasi: 
    • Social media Content & Management Rp 15,000,000
    • Iklan: Rp7,500,000
  • Profit: (Rp225,000,000 – Rp90,000,000 -Rp 22,500,000) = Rp112,500,000
  • ROI: ((112,500,000 – Rp 22,500,000)/Rp 22,500,000) X 100 = 400%

Sekarang, apa artinya 400%? Pada dasarnya, ini berarti bahwa ketika Anda mempromosikan di bisnis Anda dengan Social Media, Anda memperoleh pengembalian 400% atas investasi Anda, yang merupakan hasil yang sangat baik karena ketika ROI positif itu berarti bahwa tindakan tersebut menguntungkan dan ketika itu negatif itu menandakan kerugian

Contoh lainnya:

  • Tujuan : Leads/database untuk telemarketing Perumahan (Beli Rumah)
  • Lacak: Dengan Google Anaylitic tercatat 1000 database berhasil diperoleh, dan 2 orang confirmed membeli Rumah. Harga jual rumah Rp 900,000,000
  • Monetary Value: Biaya Marketing
  • Cost: Bangun rumah Rp 450,000,000
  • Waktu: 6 bulan
  • Investasi:
    • Agency Social Media + Iklan: Rp180,000,000
  • Profit: 2 *(900,000,0000-450,000,000-180,000,000) = Rp540,000,000
  • ROI: ((540,000,000-180,000,000)/180,000,000)X100 = 200%

Dari contoh ke dua dapat dilihat, dengan investasi Rp180,000,000 selama 6 bulan, seorang pengusaha properti dapat mengantongi profit Rp540,000,000, dan biaya marketing beliau efektif hingga 200% .

Semoga dengan artikel ini, Anda bisa mengukur Return On Investment dari setiap aktifitas social media marketing yang Anda lakukan dan semoga menjadi panduan untuk setiap keputusan untuk menghasilkan Return of Investment yang tinggi.

Kalau Anda bingung atau pusing untuk menghitung ROI social media Anda, tak perlu khawatir lagi sekarang. Ada ChubbyRawit yang akan selalu sigap membantu Anda dalam membuat strategi, eksekusi, monitoring dan evaluasi, reporting social media ads hingga menghitung ROI social media Anda. Tinggalkan kontak Anda pada formulir di bawah ini, dan konsultan kami akan segera menghubungi untuk berdiskusi tentang solusi kebutuhan social media marketing Anda.