Jenis-Jenis Campaign Pada Instagram Yang Wajib Anda Tahu

Rasanya, semua marketer dan pemilik brand sudah paham benar bahwa Instagram sudah menjadi salah satu channel content marketing visual. Dengan lebih dari 1 miliar pengguna yang terlibat berbagi hampir ratusan juta foto dan video dengan teman, penggemar, dan followers mereka setiap harinya. Platform ini pun terus-menerus memperkenalkan cara baru bagi pengguna baik individu maupun business untuk menjelajahi pembuatan konten seperti Instagram Stories, Instagram Live, Carousell dan sebagainya.

Sebagai sebuah bisnis atau brand, tak ada salahnya mengikuti tren yang sedang berlangsung sesuai dengan target market mereka. Namun, tentu saja harus disesuaikan dengan strategi digital marketing brand. Nah, untuk itu ada baiknya Anda mengenali jenis-jenis marketing campaign pada Instagram agar tidak salah strategi. Pada dasarnya ada beberapa jenis Instagram marketing campaign. Tiap Instagram marketing campaign ini dioptimalkan untuk berbagai tujuan dan taktik. Dan berikut ini merupakan  beberapa jenis campaign pada Instagram yang paling umum.

Kampanye Awareness 

Tujuan dari adanya kampanye ini adalah untuk meningkatkan visibilitas perusahaan, produk, atau layanan Anda. Untuk brand baru, atau brand yang sedang menjajaki untuk terhubung dengan audiens baru, kampanye awareness ini bisa menjadi sarana untuk menampilkan apa yang berbeda, menarik dan luar biasa tentang brand Anda.

Karena Instagram adalah platform tempat user dimana ingin menemukan dan mengikuti brand. Setidaknya 80 persen user mengikuti minimal satu perusahaan atau brand. Oleh sebab itu, Instagram adalah platform yang sangat tepat untuk kampanye brand awareness Anda. Membuat konten Anda di depan pengguna Instagram sangat berharga: 75 persen pengguna mengambil tindakan setelah melihat kiriman merek, seperti mengunjungi situs web mereka.

Baca juga : Pentingnya Menyelaraskan Konten Marketing dengan Buyer’s Journey

Penjualan atau promosi

Penjualan dengan promosi khusus adalah taktik brand yang sering dilakukan di Instagram. Kampanye ini tujuannya untuk memberikan apresiasi kepada followers dengan mendorong mereka untuk mengunjungi akun Anda dan mengkonversi menjadi penjualan dengan memberikan kode diskon. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur berbelanja langsung dari Instagram, yang memudahkan followers untuk melakukan pembelian langsung.

Kontes atau giveaway Instagram

Kontes alias giveaway di Instagram sangat efektif dalam mendorong terjadinya peningkatan engagement. Dalam kontes ini ini Anda bisa membuat syarat dan ketentuan untuk mendukung tujuan kampanye Anda. Contohnya, meminta followers untuk menandai, mention atau tag teman mereka sebagai kesempatan untuk menjangkau followers baru. Anda juga bisa melakukan kontes untuk mendapatkan leads berkualitas atau leads generation. Caranya, Anda cukup meminta followers untuk mengisi formulir yang memungkinkan Anda untuk mengembangkan database email konsumen potensial Anda.

Salah satu jenis campaign giveaway yang menarik adalah AXIS-Y, sebuah brand skincare asal Korea Selatan. Baru-baru ini, mereka membuat campaign My Wish for You Giveaway!’ yang bertepatan dengan hari Valentine. Campaign ini sekaligus untuk menandai peluncuran paket produk terbaru mereka, Mini Glow Set. Hasilnya? AXIS-Y berhasil menerima 400 komentar yang mengikuti giveaway ini. 

Kampanye Peluncuran produk

Saat akan meluncurkan produk atau layanan baru yang menarik, Anda pasti juga merencanakan kampanye baik online dan offline. Anda bisa melakukannya di Instagram untuk membangun hype dan awareness saat mendekati peluncuran produk atau layanan Anda. Selain itu, kampanye ini juga memberi Anda kesempatan untuk memamerkan berbagai keunggulan dan kualitas produk baru Anda. Anda bisa menggandeng influencer atau key opinion leader di Instagram untuk membangun crowd serta memberikan kesempatan mereka untuk melakukan unboxing atau sneak peek produk/layanan Anda.  

Kampanye User Generated Content (UGC) 

Dalam kampanye jenis ini, Anda mendorong followers dan pelanggan untuk berbagi pos yang menampilkan produk Anda dan menggunakan tagar khusus untuk menandai kampanye tersebut. Biasanya kampanye UGC ini bertujuan untuk menarik pelanggan untuk mengambil tindakan tertentu dalam periode waktu tertentu. 

Dengan kampanye UGC ini tidak hanya mempromosikan brand awareness melalui tagar, tetapi juga Anda berkesempatan memiliki lebih banyak konten yang dapat dipergunakan di channel Anda sendiri. Sementara bagi pengguna atau followers, insentif yang didapatkan adalah harapan bahwa brand akan memposting ulang foto mereka. Yang paling penting bagi brand dalam menjalankan kampanye ini adalah jangan terlalu lama menahan konten UGC untuk di posting ke social media brand. Dampaknya, audiens Anda akan merasa diacuhkan dan berhenti merespons terhadap kampanye Anda. 

Biasanya, brand fashion, gadget, atau makanan menggunakan strategi kampanye UGC ini. Beberapa diantaranya adalah GoPro Indonesia, Gaudi Clothing, Fit Gourmet ID, dan sebagainya.

Kampanye UGC Go Pro Indonesia

Itulah 5 jenis kampanye Instagram marketing. Semoga dapat memberi Anda beberapa inspirasi atau ide baru tentang Instagram marketing campaign yang dapat dijalankan untuk bisnis atau brand Anda. Semangat mencoba!

Baca juga : 5 Tren Content Marketing di Tahun 2020 yang Wajib Anda Tahu