social media
Posted in

Mengenal Instagram Shopping dan Manfaatnya Bagi Bisnis Anda

instagram-editorial-calendar

Berawal dari hanya sebuah sosial media sederhana yang menjadi tempat berbagi momen dengan foto, Instagram telah menjelma menjadi platform digital serba ada dalam beberapa waktu terakhir. Sebagai platform digital dengan jumlah pengguna yang tinggi, tentu saja Instagram terus mengembangkan berbagai fiturnya. Dari fitur standar sosial media, kini Instagram telah mengembangkan berbagai fitur yang memudahkan para penggunanya untuk berbelanja langsung produk – produk dari brand favoritnya.

Fitur terbaru ini adalah Instagram Shopping. Dilansir dari Internal Data Facebook, 130 juta orang mengetuk postingan belanja Instagram tiap bulannya untuk mempelajari sebuah produk lebih lanjut. Dengan begitu, jelas sekali bahwa fitur Instagram Shopping ini disambut baik oleh para pengguna Instagram.

Bonusnya adalah sebuah peluang besar bagi brand untuk lebih mudah memasarkan produknya. Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai fitur terbaru Instagram yang satu ini dan bagaimana itu akan menjadi peluang bagus untuk bisnis Anda.

Apa Itu Instagram Shopping?

Instagram Shopping merupakan fitur terbaru Instagram yang memudahkan pengguna menemukan produk yang dapat dibeli di Instagram dengan mengakses langsung dari menu navigasi utama Instagram.

Penempatan fitur ini pada menu navigasi utama membuat fitur ini sangat efisien untuk menarik pengguna menjelajah berbagai toko online yang ada di Instagram dan menelusuri produk – produknya karena kemudahan akses fitur. Fitur ini menjadikan Instagram semakin mirip dengan platform e-commerce.

instagram-shopping

Fitur yang menjadi destinasi belanja baru ini memungkinkan pengguna untuk:

  1. Menelusuri Toko (Browse Shops)
  2. Lihat Pilihan Editor (See Editor’s Picks)
  3. Jelajahi Panduan (Explore Guides)
  4. Koleksi Toko (Shop Collections)

Dengan keempat pilihan tersebut, pengguna Instagram dapat menemukan inspirasi dan berbelanja langsung di aplikasi Instagram jauh lebih efisien. Dengan ini, Instagram telah menemukan cara untuk menunjukkan kepada pengguna lebih banyak tentang apa yang kemungkinan besar akan mereka beli, semuanya berdasarkan keterlibatan sebelumnya serta postingan dan brand yang diikuti orang.

instagram-shopping-dashboard

Bahkan ada koleksi “Wishlist” yang mengatur produk belanjaan yang telah disimpan pengguna sebelumnya seperti yang terdapat di platform e-commerce pada umumnya sehingga para pengguna tidak akan kesulitan mencari lagi produk yang diminati. Semua item di setiap koleksi yang dikurasi berasal dari brand yang menggunakan fitur Belanja Instagram.

Dengan mengklik produk yang disarankan, pengguna dapat melihat lebih banyak gambar yang menampilkan produk, informasi harga, produk lain dari penjual yang sama, dan cara membeli. Jelas sekali bahwa fitur terbaru ini seakan membuat Instagram serasa seperti e-commerce, dan dengan begitu Anda akan memiliki peluang yang sangat besar untuk memaksimalkan penjualan produk di Instagram karena fitur Instagram Shopping membuat produk brand Anda lebih mudah ditemukan.

Baca Juga: Mengenal Instagram Metrics untuk Meraih Followers dan Engagement

Mengapa Harus Menggunakan Instagram Shopping ?

Meskipun sudah banyak e-commerce yang berfungsi di Indonesia sebagai platform belanja online, fitur Instagram Shopping ini juga patut digunakan bagi para pelaku bisnis. Menurut BigCommerce, Instagram Shopping sangat berpengaruh pada kenaikan traffic dan meningkatkan pendapatan melalui penjualan. Selain itu, setidaknya ada 5 alasan kenapa brand atau bisnis harus menggunakan Instagram Shopping. Simak dibawah ini ya.

Produk Mudah Ditemukan

Dengan Instagram Shopping, produk atau brand menjadi lebih mudah ditemukan karena pengguna dapat mengklik tag yang dapat dibeli untuk mendapatkan detail dan harga produk secara real-time untuk membuat keputusan pembelian.

Advertising yang Otentik

Saat ini terjadi kecenderungan konsumen mempercayai otentisitas dan mengandalkan user generated content (UGC) untuk membuat keputusan pembelian online atas konten bermerek apapun. Anda bisa mengintegrasikan semua pos UGC yang relevan dengan tag yang dapat dibeli di Instagram Shopping. Hal ini juga akan membantu dalam memberikan gambaran realistis tentang produk, bagaimana orang menggunakannya, detail, dan ulasannya.

Visual Marketing Terkonversi

Visual marketing adalah penggunaan gambar dan video yang memikat untuk menarik dan melibatkan pelanggan serta mengarahkan konversi. Cara ini menjadi jalan untuk marketing era baru. Hal ini disebabkan visual dikenal lebih menarik bagi pengguna. Dengan Instagram Shopping, Anda dapat memaksimalkan visual untuk membuat postingan yang bisa dibeli yang tentu saja dapat meningkatkan penjualan.

Buyer Journey Menjadi Lebih Sederhana, Cepat dan Singkat

Ada beberapa hal yang membuat konsumen kesal saat melakukan belanja online. Diantaranya adalah proses pembelian dan pembayaran yang panjang, tidak familier dan rumit. Dengan Instagram Shopping sekarang mengatasi tantangan ini dengan memungkinkan pengguna membeli produk dengan cepat, mudah dan sederhana. Perjalanan pembelian yang lebih singkat dengan pembayaran yang mudah akan menarik lebih banyak prospek dan peluang konversi untuk mengatasi masalah cart abandonment.

Peningkatan Engagement dan Konversi Penjualan

Tujuan paling penting dan utama dari penggunaan Instagram Shopping adalah meningkatkan engagement pengguna dan penjualan. Hal ini tentu saja menjadi goals utama dari pebisnis atau brand. Mengubah posting Instagram menjadi posting yang dapat dibeli dapat membantu pengguna mempercepat niat mereka untuk membeli secara instan. Seperti saat pengguna yang tertarik mengklik postingan yang dapat dibeli, mereka mendapatkan semua detail tentang produk, deskripsi, dan produk relevan lainnya yang meningkatkan interaksi.

Baca Juga: Panduan Lengkap Membuat Iklan Instagram Dengan Mudah

Itulah penjelasan singkat tentang Instagram Shopping dan bagaimana benefitnya bagi bisnis atau brand Anda. Mulai tertarik untuk mencoba menggunakan Instagram Shopping? Atau Anda justru meragu lantas penasaran, bagaimana cara melakukan set up Instagram Shopping ini? Tenang, tak perlu khawatir. Semua pertanyaan dan rasa penasaran Anda akan terjawab pada artikel selanjutnya. Untuk itu, jangan sampai terlewatkan artikel terbaru kami dengan cara subscribe blog ChubbyRawit ya.