Mengenal Facebook Pixel dan Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

instagram-editorial-calendarfacebook-pixel

Mungkin, belum banyak orang tahu apakah itu Facebook Pixel. Kecuali bagi Anda yang berkecimpung di dunia digital marketing. Padahal keberadaannya cukup penting bagi bisnis. Terutama bagi Anda yang kerap menggunakan Facebook Ads. Nah yuk kita bahas lebih lanjut.

Jika Anda merasa beriklan melalui Facebook rumit, hal itu wajar saja. Rumitnya beriklan di Facebook disebabkan karena berbagai fiturnya yang membuat periklanan Facebook menjadi platform periklanan yang sangat kuat. Salah satu fitur dari periklanan Facebook ini adalah Facebook Pixel

Apa itu Facebook Pixel?

Facebook Pixel adalah fitur analitik berupa kode yang ditempatkan pada website Anda untuk mengumpulkan data yang akan membantu mengukur efektivitas iklan dengan memahami tindakan yang diambil orang di situs web Anda.

Termasuk di dalamnya melacak konversi dari iklan Facebook, mengoptimalkan iklan, membangun jaringan audiens yang ditargetkan untuk iklan di masa depan dan remarketing untuk orang- orang yang pernah mampir dan mengambil tindakan di website Anda. 

Dengan kata lain, keberadaan Facebook Pixel bisa digunakan untuk memastikan iklan ditayangkan ke orang yang tepat, mencari pelanggan baru, mendorong lebih banyak penjualan, dan mengukur hasil iklan Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang manfaat Facebook Pixel untuk bisnis Anda dan cara menggunakannya. 

Baca Juga: Panduan Lengkap Membuat Iklan Instagram Dengan Mudah

Mengapa harus Facebook Pixel?

Seperti sudah disebutkan diatas, Facebook Pixel dapat membantu memahami dampak iklan Anda dengan memahami apa yang dilakukan orang-orang setelah mereka melihatnya. Artinya, Anda dapat melacak dan menjangkau orang-orang yang kemungkinan besar akan melakukan tindakan yang berarti, seperti membeli produk atau goals lain yang ingin Anda capai. 

Selain itu, Facebook Pixel juga dapat digunakan untuk meningkatkan penargetan ulang Facebook dan memasarkan ulang kepada orang-orang yang telah mengunjungi halaman tertentu atau melakukan tindakan yang diinginkan di situs web Anda. Dengan manfaat yang sedemikian menggiurkan, apakah Anda masih ragu untuk mempergunakan Facebook Pixel? 

Agar Anda yakin, simak 4 alasan kenapa Anda perlu menggunakan Facebook Pixel dibawah ini ya.

Memanfaatkan tracking conversion secara spesifik

Dengan Facebook Pixel, Anda bisa mempergunakan fitur tracking data untuk mengoptimalkan iklan yang lebih spesifik.  Selain itu, Anda juga bisa mengoptimalkan konversi yang sejalan dengan tujuan bisnis. Sebagai contoh, membuat audience mengunjungi website untuk membeli atau melakukan pendaftaran. Singkatnya, Pixel dapat melacak jumlah konversi, seperti pendaftaran atau pembelian. 

Biaya per konversi (CPA), rasio konversi (CVR). Hasil dari conversion rate yang sudah didapat ini nantinya bisa Anda pelajari sebagai bekal untuk merencanakan marketing campaign berikutnya.

Melakukan Retargeting

Saat Anda mengetahui produk apa saja yang sering mendapat perhatian dari pengunjung/visitor, sebagai marketer tentunya Anda akan lebih sering melakukan promosi ke visitor tersebut untuk mendapatkan lebih banyak awareness. Hal ini bisa dimungkinkan dengan Facebook Pixel, karena Anda bisa mengetahui dan melacak setiap peristiwa yang terjadi pada website.

Mulai dari orang-orang yang melakukan add to cart tapi tidak menyelesaikan prosesnya, masuk ke halaman tertentu, mendaftarkan akun, hingga mendaftarkan newsletter pada website. Sedetail itu! 

Mengoptimalkan Value Facebook Ads

Sebagai pebisnis maupun marketer, Anda pasti ingin melakukan effort minimal dengan hasil yang maksimal. Termasuk juga dengan menggunakan Facebook Pixel. Anda tak hanya mengandalkan kemampuan Facebook Ads dalam mengiklankan produk atau bisnis Anda, tapi juga memanfaatkan website agar hasil pemasaran makin optimal. 

Kalau bisa jalan dua langkah, kenapa harus satu langkah? Apalagi bila mengingat kemampuan Facebook dalam mengumpulkan data pembeli beserta nominal yang telah mereka belanjakan, hal ini tentunya dapat mengoptimalkan audiens iklan Anda berdasarkan nilai yang telah terdata dan terekam oleh Facebook. Akibatnya, semua iklan Anda akan secara otomatis muncul di hadapan mereka yang berkemungkinan tinggi melakukan pembelian produk Anda.

Mengumpulkan Audiens Sejenis

Dengan Facebook Pixel Anda menjadi lebih mudah dalam mengelompokkan pelanggan karena adanya fitur untuk membangun audience yang punya kesamaan seperti kesukaan, minat, dan juga demografi.

Data ini diperoleh dari interaksi pengunjung dengan website atau cookies, seperti pembelian, pendaftaran akun, berlangganan e-mail, dan lain sebagainya. Dampaknya tentu saja lebih memudahkan Anda dałam membuat strategi untuk audience yang berpotensi.

Baca Juga: Tips: Memilih Facebook Ads yang Terbaik untuk Bisnis Anda

Cara Kerja Facebook Pixel

Dengan serangkaian keuntungan tersebut, Anda mulai tertarik untuk membuat Facebook Pixel. Tapi sebelum itu, kenali dulu cara kerja Facebook Pixel dibawah ini.

Facebook Pixel bekerja dengan 6 tahapan berikut :

1. Buat dan Install Pixel

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membuat kode pixel dan menginstalnya pada website Anda. Cara membuat dan menginstalnya akan dibahas pada poin berikutnya.

2. Mengumpulkan Insights

Setelah Facebook Pixel diinstal pada website, Anda akan mulai mendapatkan insights seputar pengunjung situs seperti asal dari traffic pengunjung, perangkat yang mereka gunakan, dan informasi demografis lainnya.

3. Meninjau Perilaku

Lihat bagaimana orang bertindak di website Anda, apakah mereka menjelajahi halaman produk tertentu atau memasukkan sesuatu ke keranjang belanja mereka.

4. Bangun Audiens

Gunakan data yang dikumpulkan dari Pixel events untuk membuat audiens khusus Facebook (Facebook Custom Audiences), audiens serupa, dan iklan yang disesuaikan dengan orang-orang tertentu tersebut.

5. Memaksimalkan Penawaran

Manfaatkan strategi penawaran biaya terendah untuk menjangkau orang-orang yang cenderung melakukan tindakan yang diinginkan — misalnya, membeli produk — untuk membelanjakan anggaran Anda secara efisien.

6. Analisa Event

Menilai conversion events untuk memutuskan strategi iklan Facebook terbaik untuk bisnis Anda.

Membuat Facebook Pixel

Setelah memahami cara kerja Facebook Pixel, sekarang waktunya membuat Facebook Pixel. Setiap Pixel memiliki ID 15 digit unik yang akan diinstal di website Anda. Ada dua cara untuk membuat kode unik Anda, yaitu melalui Facebook Ads Manager dan Facebook Business Manager.

A. Melalui Facebook Ads Manager

Klik pada menu drop-down di sisi pojok kiri atas ketika sudah menavigasi ke Ads-Manager, lalu klik “All Tools” di sisi paling bawah pada options. Kemudian pilih “Pixels”.

membuat-facebook-pixel

Ketika sudah mendarat di halaman pixel, klik “Create a Pixel”. 

membuat-facebook-pixel

Kemudian Anda hanya perlu memberi nama pixelnya dan klik “Create” untuk membuat.

membuat-facebook-pixel

B. Melalui Facebook Business Manager

Business Manager memungkinkan pembuatan 100 Pixel. Pada halaman Business Manager, navigasikan ke area Pixel dan buat Pixel baru.

membuat-facebook-pixel

Kemudian beri nama Pixel seperti yang dilakukan dengan metode Ads Manager.

membuat-facebook-pixel

Selanjutnya, tempatkan Pixel pada akun iklan tertentu yang bisa digunakan pada ad campaigns Anda. 

membuat-facebook-pixel

Ketika pembuatan pixel melalui salah satu dari kedua metode ini telah dilakukan, langkah selanjutnya adalah menentukan proses instalasi pixelnya.

Menginstal Tracking Code

Ketika Pixel sudah dibuat, Facebook akan secara otomatis menampilkan beberapa cara untuk menginstal pixel. Pada halaman Pixel di Ads Manager, akan terlihat pilihan untuk “Finish Setting Up Pixel” jika belum terinstall. Klik tombol “Set Up Pixel”.

facebook-pixel-codeKemudian setelah muncul tampilan ini, akan ada tiga pilihan berbeda. Pilih “Manually Install”.

facebook-pixel-code

Pada tampilan berikut akan terlihat sebuah kotak teks kode besar pada langkah kedua. Itu merupakan Pixel Anda,  salinlah teks kode Pixel tersebut. Anda akan menginstalnya pada header setiap halaman individual pada situs yang ingin dilacak.

facebook-pixel-code

Saat mengklik ke situs, pergilah ke balik layar dan, buka kode setiap halaman. Lalu install Pixel pada header.

facebook-pixel-code

Menambahkan “Events” 

Setelah Facebook Pixel diinstal, Anda perlu menambahkan “Events” untuk menentukan apa yang sebenarnya dilacak. Misalnya, Anda akan menempatkan cuplikan kode tambahan di akhir Pixel ketika seseorang menambahkan item ke keranjangnya.

facebook-pixel-code-event

Pilihan pada option yang Anda miliki adalah sebagai berikut :

  • Add to basket
  • Add payment info
  • Add to wishlist
  • Complete registration
  • Contact
  • Customize product
  • Donate
  • Find location
  • Initiate checkout
  • Lead
  • Purchase
  • Schedule
  • Search
  • Start trial
  • Submit application
  • Subscribe
  • View Content

Memantau dan Mengevaluasi

Setelah menginstall Facebook Pixel, Anda perlu memantau dan mengevaluasi apakah pixel telah diset up dengan benar. Pada Facebook terdapat serangkaian tools yang dapat digunakan untuk memantau pixel anda, di antaranya Facebook Pixel Helper dan bagian Pixel pada Facebook Business Manager

Facebook-pixel-analytics

Pada pengaturan pixel, terdapat pilihan advanced matching. Advanced matching memungkinkan Facebook untuk memperoleh data yang diberikan user dari situs Anda (seperti alamat e-mail dan nomor telepon) untuk memberikan kecocokan yang lebih akurat dan custom audience yang lebih besar untuk retargeting. Pilihan advanced matching ini biasanya dimatikan sesuai standar baku (turned off by default), jadi kebanyakan pengiklan jarang menggunakannya. Akan tetapi, Anda dapat mengaktifkannya kurang dari 60 detik.

Facebook-pixel-analytics

Nah itulah penjelasan mengenai Facebook Pixel dan manfaatnya untuk bisnis Anda. Sekilas, terlihat rumit dan memang Facebook tidak merancang penggunaan Pixel ini mudah. Dengan pembahasan pada artikel ini, pastinya sekarang set up Facebook Pixel tidak terasa rumit lagi dong? 

Jika ingin mendapatkan hasil maksimal dari bujet periklanan social media Anda, gunakan Facebook Pixel. Dengan satu cuplikan kode, Anda dapat mengukur, mengoptimalkan, dan membangun audiens yang sangat bertarget untuk kampanye iklan, menghasilkan lebih banyak konversi, lebih banyak pendapatan, dan ROI (Return On Investment) yang lebih baik untuk bisnis Anda. 

Baca Juga: Begini Caranya Menghitung Social Media ROI

Mau tau trik – trik jitu tentang Social Media Marketing lainnya? Konsultasikan kesulitan, keraguan dan permasalahan Anda dengan kami, ChubbyRawit – creative dan digital marketing agency di Jakarta yang akan siap membantu Anda mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, eksekusi hingga evaluasi. Isi formulir di halaman contact us dan ceritakan kebutuhan Anda, konsultan kami siap membantu Anda.