Panduan Lengkap Membuat Iklan Instagram Dengan Mudah

instagram-editorial-calendar

blank

Social media menjadi salah satu platform digital dengan jumlah pengguna yang sangat tinggi di seluruh dunia. Salah satu platform dengan jumlah pengguna dan pertumbuhan pengguna terbesar saat ini yaitu Instagram. Platform ini kerap menjadi sarana atau ajang bagi brand untuk meningkatkan interaksi dan ajang promosi kepada para konsumennya. Agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen di Instagram, brand perlu melakukan iklan Instagram untuk meningkatkan awareness serta menjangkau lebih banyak calon pelanggan baru maupun pelanggan setia Anda. 

Menurut data Adespresso, terdapat 1 miliar pengguna aktif di instagram bulanannya dan satu dari setiap tiga pengguna Instagram telah melakukan pembelian setelah menemukan produk baru di Instagram. Bisa Anda bayangkan bagaimana besarnya potensi bisnis Anda bila dapat memaksimalkan iklan pada platform Instagram.

Dalam artikel ini, kami akan membahas bagaimana caranya membuat iklan di Instagram yang dapat efektif membantu mengoptimalkan performa bisnis Anda!

1. Lakukan Riset Terhadap Kompetitor Anda

Melakukan riset terhadap periklanan kompetitor Anda di Instagram berguna untuk mendapat gambaran jenis iklan apa yang mereka gunakan di Instagram sekaligus menjadi bahan inspirasi untuk pembuatan iklan Instagram Anda sendiri. 

Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan mengunjungi akun Instagram kompetitor dan klik pada link situs mobile mereka. Pilih salah satu produk spesifik pada situs mereka, dan setelah itu, keluar dari situs mobile mereka dan buka kembali beranda (home) Instagram Anda. 

Ketika Anda kembali ke Instagram, produk yang diklik pada situs mobile sebelumnya akan muncul sebagai iklan Instagram sekitar tiga atau beberapa hari setelah mengunjungi situs mobile kompetitor tersebut. Hal ini karena mereka menggunakan Facebook pixel for remarketing, yaitu sebuah bentuk periklanan dimana Anda menargetkan pengguna dengan iklan yang sebelumnya mengunjungi situs Anda. Jika kompetitor menggunakan Facebook pixel for remarketing, kamu juga dong !

2. Tentukan Campaign Goals Anda

Campaign goals atau tujuan kampanye iklan adalah apa saja yang diinginkan dari orang lain ketika mereka melihat iklan Instagram Anda. Campaign Goals yang dipilih akan berpengaruh pada bagaimana iklan – iklan dioptimalkan dan bagaimana Anda membayarnya. Pada Instagram, campaign goals yang dapat dipilih melalui ad manager ada tiga, yaitu Kesadaran (Awareness), Pertimbangan (Consideration), dan Konversi (Conversion). Berikut adalah uraiannya :iklan-instagram

  • Kesadaran (Awareness)

Jangkau orang – orang yang paling mungkin tertarik pada brand Anda untuk meningkatkan awareness pada brand Anda. Ada dua opsi dalam kategori Awareness yang dapat dipilih, yaitu Kesadaran Merek (Brand Awareness) dengan satuan impression dan ad recall, kemudian Jangkauan (Reach).

  • Lalu Lintas Kunjungan (Traffic)

Untuk klik menuju website atau menuju app store pada app Anda. Opsi ini ada pada kategori pertimbangan (consideration).

  • Interaksi (Engagement)

Buat lebih banyak orang melihat dan berinteraksi dengan halaman atau postingan. Interaksi ini antara lain comments, likes, event responses, dan offer claims. Opsi ini ada pada kategori pertimbangan (consideration).

  • Pemasangan Aplikasi (App Installs)

Mengarahkan orang – orang kepada store dimana mereka dapat membeli app Anda. Opsi ini ada pada kategori pertimbangan (consideration).

  • Penayangan Video (Video View)

Promosikan video – video yang menunjukkan cuplikan behind-the-scenes, peluncuran produk, atau testimoni pelanggan untuk meningkatkan awareness pada brand Anda. Opsi ini ada pada kategori pertimbangan (consideration).

  • Konversi (Conversions)

Kategori konversi memiliki tiga opsi yaitu konversi untuk mendorong orang – orang untuk melakukan tindakan yang berarti pada situs atau app, seperti melakukan pembelian, penjualan katalog untuk mempromosikan produk pada pengunjung situs atau aplikasi brand, dan kunjungan toko untuk mendorong audiens untuk mengunjungi gerai.

Baca Juga: 20+ Istilah Penting dalam Digital Marketing yang Wajib Anda Ketahui!

3. Tentukan Target Iklan Instagram

Agar iklan Instagram Anda dapat mencapai tujuannya dengan baik, Anda perlu menentukan target audiens iklan Instagram. Pada iklan Instagram, Anda dapat menentukan target berdasarkan lokasi (location), demografi (demographics), minat (interests), dan lain sebagainya. Anda juga dapat menggunakan opsi untuk membuat Custom Audience untuk menjangkau orang – orang yang telah berinteraksi dengan brand atau Lookalike Audience untuk menjangkau calon audiens baru yang setipe dengan para audiens yang telah berinteraksi dengan brand.

4. Merancang Kreasi Iklan Instagram

Selanjutnya, Anda perlu membuat kreasi konten iklan Instagram disesuaikan dengan target iklan Instagram yang ditentukan. Ada empat macam format iklan Instagram yang dapat dipilih, yaitu  photo ads, carousel ads, video ads, dan slideshow ads

  • Instagram Photo Ads

Format iklan ini memungkinkan brand untuk menampilkan produk dan informasi seputar aktivitas brand dengan gambar – gambar yang interaktif. Format ini sangat sesuai bagi yang baru memulai beriklan di Instagram, dan dengan desain visual serta copywriting yang menarik, format photo ads bekerja dengan baik dalam mendorong interaksi orang – orang pada iklan brand Anda.

  • Instagram Carousel Ads

Format iklan ini memungkinkan brand untuk menampilkan banyak produk, memudahkan orang – orang untuk melihat gambar – gambar lainnya, lalu mengarahkan mereka pada situs dengan tombol call-to-action untuk informasi dan interaksi lebih lanjut terhadap produk brand Anda.

  • Instagram Video Ads

Format iklan ini memungkinkan brand untuk menampilkan video – video mengenai produk kepada para pengguna Instagram. Format ini bekerja sangat baik untuk mendorong minat dan interaksi para target audiens iklan karena video menampilkan lebih banyak informasi dan lebih interaktif karena menampilkan konten audio visual yang lebih menyentuh audiens.

  • Instagram Slideshow Ads

Format iklan ini memungkinkan brand untuk membuat videografi ringan berupa animasi slideshow dari konten gambar – gambar produk yang telah ada.

Baca juga: Cara Membuat Instagram Ads Yang Menarik

5. Lacak, Monitor, dan Evaluasi Performa Iklan Anda

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari iklan Instagram yang sudah dirancang dan luncurkan, jangan lupa mengedit dan mengoptimalkan iklan Instagram selama diluncurkan. Ada tiga tools pada periklanan Instagram yang dapat digunakan untuk melacak jalannya periklanan Instagram yaitu Facebook Power Editor, Facebook Business Manager, dan Facebook Ads Manager

  • Facebook Power Editor

Power Editor merupakan tool yang dirancang untuk membuat banyak iklan sekaligus dan memiliki kontrol yang bagus dari kampanye iklan. Power Editor dapat bekerja dengan aplikasi spreadsheet, seperti Excel. Anda dapat menyalin dan menempelkan data dari iklan dan kampanye ke dan dari spreadsheet Excel.

  • Facebook Business Manager

Facebook Business Manager memungkinkan para pengiklan mengelola proses marketing mereka di dalam satu tempat, dan dapat berbagi akses ke suatu aset untuk seluruh tim, agen mitra, dan vendor mereka. Sederhananya, Anda bisa mengelola segala sesuatu di satu tempat dengan tool ini

  • Facebook Ads Manager

Facebook Ads Manager adalah suatu halaman dimana Anda bisa melihat semua kampanye iklan. Anda dapat membuat perubahan pada tawaran (bids) dan anggaran, dan menjeda (pause) atau memulai kembali (restart) iklan Anda kapan saja. Anda dapat melihat grafik performa iklan instagram pada Ads Manager dan menjadwalkan laporan, menyimpan laporan, serta mengatur kolom yang memungkinkan Anda hanya melihat data aktivitas iklan Instagram sesuai kebutuhan. Facebook Ads Manager merupakan tool paling tepat bagi yang baru memulai beriklan di Instagram.

 

Itulah langkah – langkah yang perlu dilakukan untuk beriklan di Instagram. Perlu diingat bahwa di antara kelima langkah tersebut, membuat campaign goals merupakan hal terpenting dalam menentukan performa iklan Instagram karena dengan menetapkan tujuan kampanye iklan yang tepat dan jelas, Anda akan lebih baik dalam mengevaluasi keefektifan dari iklan yang anda jalankan.

Bingung cara memulai beriklan di Instagram? Konsultasikan kesulitan, keraguan dan permasalahan Anda dengan kami, ChubbyRawit – digital marketing agency di Jakarta yang akan siap membantu Anda mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, eksekusi hingga evaluasi. Isi formulir di halaman contact us dan ceritakan kebutuhan Anda baik tentang Instagram advertising, digital marketing, branding ataupun social media management, dan konsultan kami siap membantu Anda.