Cara Membuat Instagram Ads Yang Menarik

Ketika Anda sedang mengisi waktu luang dengan membuka Instagram, apakah Anda seringkali menemukan sponsored ads yang menarik perhatian dan membuat Anda tergoda untuk setidaknya mengklik sebelum akhirnya memutuskan untuk mencoba produk atau layanan dari brand yang memasang iklan menarik tersebut? Tenang, Anda tidak sendiri, bahkan kami pun jadi banyak tahu mengenai brand dan produk baru dari sponsored ads tersebut.

Sejak Instagram dihubungkan dengan Facebook, kegiatan marketing dan advertising menjadi sesuatu yang wajib dicoba oleh setiap brand atau bisnis baru maupun yang sudah well established. Mengapa? Karena beriklan di Instagram sekarang memiliki akses ke data pengguna Facebook yang sangat luas. Oleh karena itu mereka dapat menargetkan audiens secara lebih spesifik daripada social media lainnya. 

Selain itu, kita tahu bahwa Instagram memiliki engagement terbaik dari semua platform social media, yang menjadikannya salah satu pilihan terbaik untuk para marketers dan pengiklan. Terakhir, Instagram ads tidak terlihat mengganggu. Mereka terlihat seperti postingan biasa. Tak heran bila lebih cenderung untuk mendapatkan engagement terbaik daripada iklan lain yang diterbitkan pada platform serupa atau bahkan website.

Baca juga Tips: Memulai Instagram Stories Ads untuk Bisnis Anda (Bagian #1)

Mungkin sebagai pebisnis Anda mungkin bertanya-tanya “Apakah saya bisa membuat Instagram Ads yang menarik?” dan jawabannya tentu saja bisa! Semua pebisnis bisa membuat Instagram Ads yang menarik namun belum semuanya tahu bagaimana cara membuatnya.

Tips Membuat Instagram Ads

Satu hal yang perlu Anda ketahui dalam membuat Instagram Ads adalah target audiens Anda. Merekalah jantung untuk bisnis Anda karena mereka yang akan menjadi calon pelanggan atau pelanggan setia yang menggunakan produk atau layanan dari bisnis Anda. 

Cara supaya Instagram Ads menarik dan berhasil terletak pada tiga hal, yaitu kesesuaian dengan brand image, konsep yang jelas, dan dieksekusi dengan baik. Karena orang hanya akan melihat gambar atau video, pastikan Anda berkreasi sekreatif mungkin untuk menunjukkan sudut pandang brand Anda. Jaga untuk tetap konsisten agar orang mengetahui dengan jelas brand dan pesan yang ingin Anda sampaikan. 

Untuk membuat Instagram Ads yang menarik, Anda dapat memperhatikan beberapa hal berikut:

Relevansi Produk

Perhatikan relevansi dari produk Anda dengan target audiens dan dengan ke mana iklan Anda ditujukan (Landing to what or where?) Karena iklan Instagram yang berkinerja terbaik memiliki peringkat lebih tinggi dalam hal relevansi dibandingkan iklan berkinerja rendah yang tidak relevan.

Brand Image

Anda dapat membuat konsep melalui rangkaian gambar yang menceritakan kisah tentang brand dan bagikan selama waktu tertentu. Anda juga dapat menggunakan filter untuk menciptakan suasana visual yang berbeda. Selain itu, Anda bisa membuat rangkaian gambar unik yang mempunyai tema yang sama.

Gambar

Perhatikan beberapa hal berikut saat membuat gambar Instagram Ads untuk diunggah ke Instagram: 

  • Hindari gambar yang rumit dan sulit, terkadang gambar yang simple adalah cara terbaik.
  • Buat gambar dengan posisi yang terlihat jelas dan mempertimbangkan keseimbangan. 
  • Gunakan gambar yang jernih dengan resolusi tinggi. Gambar yang pecah dan dengan pencahayaan buruk tidak berkinerja baik di Instagram.

Demo Produk

 

 

Iklan berupa video penggunaan produk dapat menarik perhatian audiens lebih banyak. Untuk demo produk, selain beriklan di Instagram Feeds, Anda juga dapat melakukannya di Instagram Stories.

Kreatif

Inti dari Instagram Ads selain brand Anda dikenal oleh para audiens, Anda harus membuat visual dari brand Anda terlihat kreatif. Perbanyak referensi dari berbagai macam sumber seperti buku, social media, pinterest, majalah, hingga kompetitor. Selalu tantang diri sendiri untuk hal-hal, ide dan juga metode baru, lalu catat ide-ide yang ada di benak Anda supaya ide tersebut tidak hilang begitu saja.

Jika Anda mengalami creative block dalam membuat Instagram Ads yang menarik, Anda bisa tenang dan tak perlu khawatir. Cukup rehat sejenak dan membaca kembali referensi yang Anda telusuri sebelumnya secara perlahan, dengan begitu Anda dapat me-refresh otak Anda kembali. 

Namun, memang bila Anda kerepotan atau mengalami kendala dalam mengelola Instagram Ads, serahkan saja pada ChubbyRawit, creative digital marketing agency Jakarta. Kami siap membantu meningkatkan performa bisnis, kecil maupun besar, dengan meningkatkan traffic dan membangun keterlibatan konsumen secara online, yang tentunya dapat meningkatkan bisnis Anda. Ceritakan kebutuhan Anda dengan mengisi contact form, dan konsultan kami akan segera menghubungi Anda.